Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Yuk, Cari Tahu Apa Saja Hoax dan Cara Menurunkan Kolesterol LDL

Menjaga kolesterol merupakan tantangan yang dihadapi oleh banyak orang. Setelah mengetahui kabar seputar bahaya dari kolesterol, umumnya masyarakat akan mencari tahu lebih lanjut seputar cara menurunkan kolesterol LDL dan juga apa itu kolesterol sebenarnya.

Load more

Namun, selagi mempelajari penjelasan seputar kolesterol, ternyata ada juga yang tenggelam dalam hoax atau berita bohong dan justru memiliki anggapan-anggapan yang salah seputar kolesterol. Seperti apa saja, ya? Berikut beberapa hoaks yang beredar dan juga cara menurunkan kolesterol LDL yang sebenarnya!

Hoax: Semua Kolesterol Itu Jahat

Faktanya, manusia tidak dapat hidup tanpa adanya kolesterol di tubuh. Senyawa ini memiliki beragam fungsi antara lain untuk mendukung pembentukan hormon, vitamin D, serta sel pada tubuh. Tidak hanya itu, hati kita pun juga membutuhkannya agar dapat memproses lemak yang masuk ke dalam tubuh.

Lantaran kolesterol tidak dapat larut dalam darah, kolesterol yang telah diproduksi pada organ hati akan dibawa oleh lipoprotein ke berbagai jaringan tubuh untuk menjalankan segala fungsi baiknya. Lipoprotein terbagi menjadi dua, antara lain high-density lipoproteins (HDL) dan juga low-density lipoproteins (LDL). HDL berfungsi untuk membawa kolesterol berlebih untuk kembali ke hati agar bisa diproses keluar. Sebaliknya, kadar LDL yang tinggi justru memiliki pengaruh buruk dan juga mengendap di arteri kamu.

Pada dasarnya, kolesterol jahat adalah kolesterol yang dibawa oleh LDL, sehingga dibutuhkan upaya dan cara menurunkan kolesterol LDL agar jumlah senyawa ini tidak berlebih.

Hoax: Kolesterol Hanya Berasal dari Makanan

Kebanyakan orang sering kali menghindari makanan dengan kandungan kolesterol agar tidak memperparah kondisi kesehatannya. Hal ini tentu tidak salah, asal jangan sampai salah kaprah dan menganggap kolesterol hanya dari makanan saja.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hati membutuhkan kolesterol untuk memproses lemak yang telah kita konsumsi. Nah, dalam urusan ini ternyata hati memproduksi kolesterolnya sendiri. Bahkan, hati bertugas untuk memastikan kadar kolesterol pada tubuh kamu cukup dan tidak berlebih.

Apabila kekurangan kolesterol, hati akan memproduksi lemak. Sebaliknya, bila kadar tersebut terlalu banyak (misalnya karena kamu mengonsumsi makanan dengan kolesterol tinggi), maka HDL bertugas untuk menguranginya.

Hoax: Kolesterol Tidak Berbahaya

Segala cara menurunkan kolesterol LDL bukanlah tanpa alasan. Ternyata, kadar kolesterol LDL yang terus menerus meninggi pada tubuh bisa mengakibatkan berbagai komplikasi penyakit serius, bahkan kematian. Tapi, bagaimana bisa, ya?

Pertama-tama, kadar LDL yang berlebihan akan mengendap di arteri dan mengakibatkan atherosclerosis. Kondisi ini adalah di mana arteri menyempit dan juga mengeras karena adanya endapan LDL. Akibatnya, saluran oksigen akan terhambat dan sulit mencapai organ jantung. Hal ini bisa berujung pada strok, penyakit dan serangan jantung, hingga kematian.

Hoax: Kadar Kolesterol Tak Dapat Dikontrol

Setelah menerima berbagai informasi seputar kolesterol, merasa bingung bagaimana mengatur kadar kolesterol bisa jadi merupakan hal yang wajar. Namun, jangan khawatir, dengan menerapkan cara menurunkan kolesterol LDL berikut ini, kamu tetap bisa hidup sehat.

Upaya dan Cara Menurunkan Kolesterol LDL:

  • Menghentikan kebiasaan merokok kalau kamu adalah seorang perokok
  • Memperbanyak berolahraga atau aktivitas fisik untuk meningkatkan HDL dan menurunkan LDL
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal
  • Menghindari asupan kolesterol berlebih dari makanan (dietary cholesterol)
  • Membiasakan makan serat larut (soluble fiber), seperti pada kacang-kacangan, sayuran, serta buah-buahan
  • Menghindari masak dengan mentega dan minyak serta menggantinya dengan minyak zaitun atau juga minyak canola
  • Menghindari daging merah yang memiliki lemak jenuh tinggi
  • Meningkatkan asupan makanan tinggi lemak tak jenuh, seperti ikan
  • Meminum susu yang rendah lemak

Nah, itulah tadi beberapa hoax seputar kolesterol yang perlu kamu ketahui. Kini, kamu sudah semakin mengenal apa itu kolesterol, dari mana itu berasal, serta apa saja dampaknya. Selanjutnya, jangan lupa untuk terus meningkatkan upaya hidup sehat dan mempraktikkan cara menurunkan kolesterol LDL yang telah disebutkan di atas.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi Nestlé ACTICOR 2 kali setiap hari, setelah makan. Pasalnya, minuman ini mengandung serat larut inulin yang didapatkan dari akar chicory serta beta glucan yang diperoleh dari oat. Keduanya telah teruji klinis sebagai cara menurunkan kolesterol LDL.

Belum lagi, Nestlé ACTICOR juga tersedia dalam 4 varian rasa yang nikmat buat dikonsumsi setiap hari. Kamu bisa memilih antara lezatnya rasa Green Tea Latte, Chocolate, Banana, atau Avocado dalam kemasan Nestlé ACTICOR kamu.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!