Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Waspada Penyebab Kolesterol Di Usia Muda yang Bisa Picu Berbagai Penyakit

Gejala kolesterol di usia muda ternyata perlu menjadi perhatian khusus saat hal ini terjadi agar tidak berdampak kepada masalah kesehatan serius. Pasalnya, usia muda sering kali dianggap sebagai masa di mana tubuh berada pada kondisi terbaiknya.

Load more

Anggapan ini pun membuat banyak orang berusia muda yang bebas melakukan apa saja, seperti menjalani gaya hidup yang tidak sehat. Padahal gaya hidup seseorang di usia muda sangat menentukan kesehatannya di masa-masa mendatang, apakah dia bisa tetap beraktivitas dengan normal atau malah terbaring di rumah sakit.

Seperti yang dijelaskan di awal, gejala kolesterol kini tidak memandang usia. Mereka yang aktif, produktif, dan berusia muda juga punya risiko gangguan kesehatan yang sama dengan mereka yang berusia lanjut.

Sayangnya, gejala kolesterol di usia muda yang dibiarkan begitu saja tanpa melakukan antisipasi bisa membuat seseorang mengalami masalah kesehatan serius dan berdampak pada terganggunya aktivitas harian yang dijalani.

Kolesterol tinggi pada dasarnya dapat menyebabkan penumpukan kolesterol yang berbahaya dan endapan lain di dinding arteri seseorang. Endapan yang berupa plak ini dapat mengurangi aliran darah melalui arteri, sehingga berujung pada munculnya komplikasi, seperti nyeri dada, serangan jantung, serta strok.

Secara umum, kondisi ini biasanya muncul akibat gaya hidup yang tidak sehat. Seseorang bisa saja dengan nikmatnya mengonsumsi makanan cepat saji, goreng-gorengan, dan makanan berlemak sehari-hari tanpa aktif melakukan aktivitas fisik atau berolahraga.

Baca juga: Masih Sulit Menghindari Makanan Pantangan Kolesterol? Ini Cara Jitu untuk Aman Mengonsumsinya

Namun ingat, kebiasaan-kebiasaan ini bisa berujung pada munculnya gejala kolesterol. Kamu pun tentu tidak mau ‘kan?

Lebih lanjut, mari kita bahas terlebih dahulu gaya hidup tidak sehat yang telah dijelaskan sebelumnya agar setiap orang bisa tetap waspada dan memperhatikan kesehatannya demi hari-hari yang lebih sehat.

Mengonsumsi Makanan Tidak Sehat

Seperti yang telah dijelaskan, penyebab kolesterol di usia muda bisa disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, apalagi makanan dengan kandungan lemak jenuh dan lemak trans.

Makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans bisa ditemukan pada biskuit, mentega dan margarin, makanan yang digoreng, daging sapi, daging domba, kelapa dan minyak kelapa, krim, dan keju.

Kurang Berolahraga dan Tidak Aktif Bergerak

Istilah yang saat ini sering didengar di kalangan anak muda, yakni mager alias malas gerak bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya gejala kolesterol di usia muda. Kurang melakukan aktivitas fisik dan jarang melakukan olahraga bisa membuat berat badan berlebih atau obesitas.

Jika sudah begini, kamu bisa mengalami peningkatkan kolesterol di dalam tubuh. Lemak yang ada dalam darah akan menumpuk dan mengendap bila tidak dibakar melalui aktivitas fisik, seperti olahraga dan aktif bergerak.

Kebiasaan Merokok

Di dalam rokok terdapat kandungan racun, salah satunya akrolein. Akrolein mudah diserap ke dalam aliran darah dan bisa menyebabkan munculnya penyakit jantung. Akrolein juga menghambat kerja kolesterol baik, sehingga lemak banyak menumpuk di aliran darah dan di seluruh tubuh.

Selain mengetahui penyebab kolesterol di usia muda di atas, apakah kolesterol tinggi di usia muda menunjukkan gejala?

Sayangnya, gejala kolesterol di usia muda terjadi tanpa menunjukkan apapun. Meskipun gejala kolesterol di usia muda tidak terlihat, bila kamu sering melakukan gaya hidup tidak sehat seperti di atas, segeralah melakukan medical check up ke dokter agar kolesterol tinggi bisa dideteksi sedari dini.

Baca juga: Waspada! Inilah Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan Cara Menanganinya

Rutin mengecek kadar kolesterol sejak dini bakal membantu kamu mengantisipasi risiko yang bisa saja muncul di hari-hari berikutnya. Lebih dari itu, ada baiknya jika mulai dari hari ini, kamu paham dan menghindari terjadinya kolesterol di usia muda.

Cara Menghindari Terjadinya Kolesterol Di Usia Muda

Menerapkan gaya hidup sehat di bawah ini menjadi salah satu cara untuk menghindarkan kamu yang masih berusia produktif dari kolesterol tinggi.

  1. Pastikan untuk selalu mengecek kadar kolesterol yang kamu miliki secara rutin
  2. Konsumsilah makanan rendah lemak jenuh
  3. Masukkan buah dan sayur dalam menu harian
  4. Jaga berat badan agar tetap ideal. Bila kamu memiliki berat badan berlebih, ada baiknya jika segera menjalani program penurunan berat badan
  5. Melakukan aktivitas fisik dan berolahraga secara rutin minimal 30 menit per hari
  6. Hindari merokok dan batasi konsumsi alkohol

Selain menerapkan gaya hidup tersebut di atas, kamu juga perlu melengkapinya dengan minum minuman khusus penurun kolesterol setiap hari untuk membantu menurunkan kolesterol jahat. Salah satunya dengan mengonsumsi Nestlé ACTICOR.

Di dalam Nestlé ACTICOR terdapat Beta Glucan dan Inulin yang mampu memperbaiki profil LIPID dengan mempengaruhi LIPID dan asam empedu. Nestlé ACTICOR terbuat dari bahan alami dan rendah lemak dengan empat varian rasa yang enak, yakni Avocado, Banana, Chocolate, dan Green-Tea Latte. Nestlé ACTICOR diperuntukkan bagi orang dewasa yang berumur di atas 18 tahun dan peduli terhadap kesehatan tubuhnya.

Yang tidak kalah menarik, minuman ini dapat pula dikonsumsi dengan memberikan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk bisa merasakan manfaat yang maksimal, minumlah Nestlé ACTICOR 2 kali sehari setelah makan.

Bila kolesterol jahat turun, maka akan membantu meminimalisir risiko terkena penyakit kolesterol yang jadi pemicu penyakit jantung. Yuk, minum Nestlé ACTICOR setiap hari!

ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!