Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Yuk, Ubah Kebiasaan untuk Menghindari Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi Ini!

Salah satu penyakit akibat kolesterol tinggi yang sering diidap oleh banyak orang adalah jantung koroner. Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan keadaan saat pembuluh darah jantung (arteri koroner) yang mengalirkan darah yang kaya oksigen ke jantung mengalami penyumbatan karena adanya kolesterol jahat yang membentuk plak. Plak yang terbentuk pada arteri bisa dialami bukan hanya pada orang usia lanjut tapi juga orang dewasa muda. Maka dari itu, penyakit akibat kolesterol tinggi ini sekarang bisa dialami oleh orang yang masih berusia muda.

Load more

Penyakit jantung koroner sendiri menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia dengan persentase 35% berdasarkan data WHO Statistics, 2016 Indonesia. Selain itu, data dari Kementerian Kesehatan Sample Registration System 2014, Jakarta tahun 2015 penyakit jantung koroner mulai menyerang kelompok usia muda, yakni 25-29 tahun. Salah satu pemicunya karena tingginya kolesterol jahat (LDL).

Lalu apa saja gejala penyakit jantung koroner dan bagaimana cara mencegahnya? Simak informasinya berikut ini.

Gejala Penyakit Jantung Koroner

Ada beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh penderita jantung koroner seperti:

  1. Nyeri dada bisa ringan atau berat yang terjadi beberapa menit dan lama kelamaan menjalar menuju rahang, leher, bahu, perut sisi kiri, punggung, dan tangan sisi kiri
  2. Penderita akan merasakan sering kelelahan dan/atau disertai pusing, mual, muntah, dan keringat dingin
  3. Penderita jantung koroner juga bisa mengalami sesak napas karena jantung tidak berfungsi dengan baik
  4. Memiliki irama denyut jantung yang tidak stabil atau yang lebih parah bisa menyebabkan henti jantung mendadak dan bisa memicu hilangnya nyawa seseorang

Pencegahan Penyakit Jantung Koroner

Kebiasaan pola hidup tidak sehat bisa mengakibatkan munculnya penyakit jantung koroner. Maka dari itu, yuk ubah kebiasaan untuk menghindari penyakit akibat kolesterol tinggi, seperti jantung koroner dengan beberapa cara di bawah ini.

  1. Stop merokok
  2. Tidur cukup
  3. Mengontrol stres
  4. Aktif bergerak dan sempatkan untuk melakukan olahraga secara teratur
  5. Pastikan kadar gula darah, tekanan darah, dan kolesterol masih normal
  6. Jaga berat badan
  7. Mengonsumsi makanan dan minuman sehat dan batasi makanan yang memiliki kandungan tinggi garam, gula, dan kolesterol berlebih

Baca juga: Jadikan Menu Harian, Ini 5 Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Itu tadi informasi terkait penyakit akibat kolesterol, yakni jantung koroner apa saja gejala dan cara mencegahnya. Seperti yang telah disebutkan di atas jika salah satu penyebabnya adalah kadar kolesterol jahat yang tinggi.

Salah satu cara mencegah kolesterol tinggi adalah dengan mengonsumsi minuman penurun kolesterol seperti Nestlé ACTICOR. ACTICOR mengandung Beta Glucan yang berasal dari oat dan Inulin dari chicory yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, Nestlé ACTICOR juga minuman mengandung susu yang rendah lemak.

Cobalah 4 varian rasa Nestlé ACTICOR, antara lain Avocado, Banana, Chocolate, dan Green-Tea Latte. Lebih nikmat jika diminum dalam kondisi dingin. Nestlé ACTICOR bisa dikonsumsi oleh orang dewasa di yang usianya sudah di atas 18 tahun dan peduli akan kesehatan tubuh.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Baca juga: 5 Penyakit Berbahaya Akibat Kolesterol Tinggi