Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Trik Aman Memasak Menu Buka Puasa yang Sehat Bagi Penderita Kolesterol

Buka puasa merupakan momen yang tepat untuk menghidangkan makanan enak dan bergizi. Selain sebagai hadiah karena kamu telah menahan lapar dan dahaga seharian, kamu memang akan mempunyai waktu yang lebih banyak untuk mempersiapkan hidangan dambaanmu. Hal ini tentu berbeda dengan saat makan sahur.

Load more

Namun begitu, bagi yang sedang berusaha menurunkan kadar kolesterol, buka puasa bukanlah waktu yang tepat untuk lengah dengan makan dan minum sembarangan. Walaupun terlihat menggiurkan, pastikan menu tersebut memang merupakan makanan penurun kolesterol yang dimasak secara tepat dan juga sehat.

Untuk tahu lebih lanjut, berikut adalah langkah-langkah memasak menu buka puasa yang sehat demi menjaga kadar kolesterol tubuh yang perlu diperhatikan!

Tidak Mengandalkan Mentega

Mentega merupakan pilihan yang lebih sehat daripada minyak dalam beberapa kasus. Namun, kalau kamu berniat untuk membuat makanan penurun kolesterol, ada baiknya jika kamu menggantinya dengan minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fats), seperti minyak zaitun.

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dipercaya mampu meningkatkan HDL (high-density lipoproteins) dan mengurangi LDL (low-density lipoproteins). Kedua hal tersebut merupakan faktor utama yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

Hindari Menggoreng

Salah satu cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghindari menggoreng. Sebagai langkah alternatif, kamu bisa memasak dengan cara memanggang bahan-bahan makanan, baik sayuran maupun daging. Alhasil, kamu jadi tidak perlu menggunakan minyak lagi saat memasak.

Namun, pastikan pada saat memanggang daging kamu meletakkannya pada jerat. Cara ini merupakan pilihan yang lebih baik karena lemak pada daging akan terkuras dan tidak terkumpul, seperti pada saat kamu memanggang pada panci pemanggang.

Pilihlah Daging Rendah Lemak

Makanan penurun kolesterol sebaiknya tidak mengandung lemak jenuh (saturated fat) karena dapat meningkatkan kadar LDL. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyingkirkan lemak pada daging. Dengan begitu, kandungan lemak jenuhnya pun akan berkurang hingga setengahnya.

Namun, untuk pilihan yang lebih sehat lagi, kamu bisa memilih daging yang punya senyawa asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fats), seperti Omega-3 yang dikenal baik untuk mengurangi kolesterol jahat dan juga risiko penyakit jantung. Salah satu contohnya adalah daging ikan kembung dan juga salmon.

Perbanyak Sayuran dan Buah

Saat memasak makanan penurun kolesterol, jangan lupa untuk memakai sayuran. Kemudian, bila perlu, kamu juga dapat memakan buah-buahan sebagai takjil atau makanan pembuka. Pasalnya, buah mengandung antioksidan serta serat yang tinggi yang mampu menghalangi oksidasi dan penyerapan kolesterol LDL. Hasilnya, kamu juga akan menghindari kolesterol LDL menyumbat saluran arteri dan mengakibatkan penyakit jantung.

Nah, itulah tadi daftar dan penjelasan singkat seputar cara memasak makanan penurun kolesterol yang tepat. Selanjutnya, jangan lupa untuk menunjang gaya hidup sehat dengan menerapkan perilaku bijak pada berbagai aspek kehidupan, bukan hanya pada saat memasak saja. Hal ini termasuk selalu memperhatikan kadar kolesterol dan juga rutin berolahraga.

Demi hasil yang maksimal, kamu juga dapat mengonsumsi minuman sehat Nestlé ACTICOR untuk membantu turunkan kolesterol secara alami. Minuman ini mengandung Inulin dari tanaman chicory serta Beta Glucan yang diambil dari oat. Kedua kandungan ini sudah teruji klinis mampu menurunkan kadar kolesterol LDL kamu.

Bukan cuma itu, Nestlé Acticor juga hadir dengan 4 rasa enak yang bisa kamu pilih sesuai selera, antara lain Chocolate, Avocado, Green Tea Latte, serta Banana. Acticor, cara alami turunkan kolesterol!

Nestle ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol!