Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Dear Milenial, Inilah Tips Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda

Menjaga kesehatan jantung di usia muda sangatlah penting. Hal ini dikarenakan agar di hari tua nanti organ tubuh kita masih bisa bekerja dengan baik. Jangan sampai di usia muda tubuh kita malah sudah lunglai, sehingga berbagai penyakit seperti strok dan jantung mudah menggerogoti di kemudian hari.

Load more

Bagi para milenial, hal ini benar-benar perlu diperhatikan. Biasanya penyakit jantung di usia tua disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat, seperti tidak menjaga pola makan, kurang olahraga, dan lain-lain. Oleh karena itu, sebaiknya kita mulai mengubah pola hidup sejak muda sebagai investasi di hari tua. Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan jantung di usia muda yang bisa kamu lakukan:

1. Tidur Cukup

Tips menjaga kesehatan jantung yang pertama adalah dengan memperhatikan waktu tidur. Pasalnya, tidur yang cukup bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi menyatakan bahwa orang-orang yang memiliki waktu tidur kurang dari enam jam setiap harinya memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi.

2. Rajin Berolahraga

Tips menjaga kesehatan jantung berikutnya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Pasalnya, jantung yang kuat sangat diperlukan agar bisa memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik. Berolahraga secara teratur bisa membuat peredaran darah lebih lancar, kerja jantung lebih baik, dan kadar kolesterol jahat menurun.

Maka dari itu, kamu bisa mencoba berolahraga dengan durasi 30 menit per hari selama 5 hari berintensitas sedang. Selain itu, kamu juga bisa melakukannya dalam durasi 15 menit per hari selama 5 hari dengan intensitas tinggi.

3. Perhatikan Konsumsi Makanan

Makanan seperti goreng-gorengan, minuman yang mengandung banyak gula dan tinggi kalori ternyata bisa membuat berat badan naik dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Untuk menghindarinya, kamu perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Hal ini juga sebagai salah satu tips menjaga kesehatan jantung.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin, serat, dan mineral agar tubuh tetap bugar setiap hari. Selain itu, batasi juga konsumsi lemak jenuh agar mencegah meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan.

Nestlé ACTICOR adalah minuman susu rendah lemak yang mengandung Beta Glucan dan Inulin. Kedua kandungan ini telah teruji klinis bisa bantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner.

Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami dengan 4 varian rasa, antara lain  Avocado, Banana, Chocolate, dan Green-Tea Latte. 

4. Kelola Stres dengan Baik

Mengelola stres dalam diri juga menjadi salah satu tips menjaga kesehatan jantung. Walaupun sering kali permasalahan dalam hidup sulit dihindari, tetapi stres yang berlebih bisa membuat kita jadi melakukan kebiasaan yang tidak baik seperti mengonsumsi alkohol, makan berlebihan, dan juga kurang aktif bergerak.
Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir rasa stres adalah dengan melakukan meditasi, berolahraga, menjalankan hobi atau aktivitas yang disukai, serta bersantai dengan keluarga atau teman-teman.


Baca juga: Konsisten Adalah Kunci, Yuk Lakukan 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Ini Agar Tetap Aktif Di Usia Muda


5. Hindari Kebiasaan Merokok dan Jauhi Asap Rokok

Jika kamu memiliki kebiasaan merokok, maka inilah saatnya untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Menurut American Heart Association (AHA), paparan asap rokok memiliki kontribusi terhadap sekitar 34.000 kematian akibat penyakit jantung dini dan 7.300 kematian akibat kanker paru-paru setiap tahunnya.

Tidak hanya itu, kalau orang yang bukan perokok tetapi memiliki penyakit tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi, justru memiliki risiko lebih besar terserang penyakit jantung apabila mereka menghirup asap rokok dari orang lain. Hal ini dikarenakan kandungan kimia dalam asap rokok bisa menyebabkan penumpukan plak di arteri.

Itulah tadi empat tips menjaga kesehatan jantung di usia muda. Jangan lupa untuk selalu membangun pola hidup yang sehat dan pastikan untuk melakukan pemeriksaan jika mengalami gejala-gejala penyakit jantung koroner yang umum, seperti sakit, perasaan berat, terbakar, atau sesak di dada. Selamat mencoba!