Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Tips Diet Penderita Kolesterol Saat Puasa Berikut Ini

Puasa menjadi ibadah wajib bagi umat muslim yang dilakukan setiap bulan Ramadan. Puasa sendiri memiliki manfaat bagi tubuh di antaranya membuat jantung lebih sehat, menurunkan berat badan, dan mengurangi risiko terkena berbagai penyakit.

Load more

Saat berbuka puasa, salah satu makanan yang sering disantap orang Indonesia adalah makanan manis dan goreng-gorengan. Bila dikonsumsi secara berlebihan tentu bisa memicu peningkatan kolesterol jahat dan berat badan pun jadi berlebih. Lalu bagaimana dengan diet penderita kolesterol yang menjalankan puasa? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini!

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Serat Larut

Pertama, diet penderita kolesterol perlu mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut. Kandungan ini dianggap bisa membantu menurunkan kolesterol. Serat larut air sendiri bisa menghalangi penyerapan lemak jenuh yang tidak baik bagi tubuh. Serat mampu menempel pada partikel kolesterol, sehingga menghalangi kolesterol masuk ke aliran darah. Lalu serat dan kolesterol bisa keluar bersama melalui feses. Serat larut biasanya banyak terdapat dalam makanan seperti pir, kacang-kacangan, dan wortel.

Jauhi Makanan yang Mengandung Lemak Trans

Kebanyakan makanan yang mengandung lemak trans digunakan sebagai bahan makanan di restoran maupun makanan olahan yang dijual di pasaran. Produk seperti daging merah menjadi salah satu makanan yang mengandung lemak trans. Makanan yang mengandung lemak trans bisa meningkatkan kolesterol jahat, menurunkan kolesterol baik, dan memicu terjadinya penyakit jantung.

Selalu Sediakan Makanan Lemak Tak Jenuh

Salah satu manfaat lemak tak jenuh adalah mampu membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Beberapa contoh makanan lemak tak jenuh di antaranya alpukat, ikan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Makanan-makanan tersebut juga dipercaya baik untuk kesehatan jantung.

Memperbanyak Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Diet penderita kolesterol yang juga perlu dilakukan yakni dengan memperbanyak mengonsumsi buah dan sayuran. Pada umumnya, di dalam buah dan sayuran memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu menghindarkan kolesterol LDL membentuk plak di pembulu darah arteri.

Kurangi Makanan yang Mengandung Gula

Makanan manis menjadi favorit banyak orang. Namun, jika dikonsumsi berlebihan tentu bisa menimbulkan gangguan kesehatan, salah satunya yaitu penyakit diabetes, yang berisiko merusak keseimbangan antara kadar kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Pengidap diabetes biasanya memiliki kolesterol jahat lebih tinggi dibandingkan kolesterol baik dalam darahnya.

Itu tadi diet penderita kolesterol yang bisa kamu lakukan di bulan puasa. Agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar, diet penderita kolesterol perlu juga dilakukan dengan mengonsumsi Nestlé ACTICOR dua kali sehari sehabis makan.

Nestlé ACTICOR sendiri merupakan minuman penurun kolesterol jahat yang terbuat dari bahan alami rendah lemak yang mengandung Beta Glucan yang berasal dari oat dan inulin yang berasal dari chicory. Beta Glucan dan Inulin sudah teruji klinis mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Tak hanya itu, Nestlé ACTICOR juga merupakan minuman rendah lemak yang baik bagi tubuh.

Kamu bisa mencoba empat rasa Nestle ACTICOR yang enak, antara lain Avocado, Banana, Chocolate, dan Green-Tea Latte. Nestle ACTICOR bisa diminum dengan menambahkan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Minuman ini juga dapat dikonsumsi oleh orang dewasa yang usianya lebih dari 18 tahun dan yang peduli akan kesehatan tubuh. Jalani bulan puasa yang aktif dan sehat bersama Nestlé ACTICOR mulai hari ini! Buka dengan makanan apapun, minum Nestle ACTICOR.