Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Puasa Lancar Tanpa Kolesterol, Ini Cara Mencegahnya

Infographics - Puasa Lancar Tanpa Kolesterol, Ini Cara Mencegahnya

 

Load more

Agar manfaat puasa bisa diperoleh dengan maksimal, setiap orang perlu menjaga pola makan dan memerhatikan makanan apa saja yang dikonsumsinya. Berikut ini beberapa cara mencegah penyakit kolesterol melalui makanan yang perlu diperhatikan selama bulan ramadhan. Yuk, simak satu per satu!

Kurangi Makan Daging Merah yang Belemak

Cara mencegah penyakit kolesterol yang pertama, yakni mengurangi makan daging merah dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi lemak. Saat ramadhan makanan seperti rendang, semur, dendeng balado, dan makanan daging lainnya lebih sering disajikan sebagai menu utama berbuka puasa maupun sahur. Sayangnya, jika dikonsumsi terlalu sering dalam jumlah yang besar, maka makanan ini bisa berujung pada peningkatan kolesterol jahat.

Kurangi daging merah yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol demi tubuh yang sehat. Pilihlah daging tanpa lemak. Jangan juga mengonsumsi daging olahan seperti sosis sebab di dalamnya terdapat kandungan yang berbahaya.

Sementara jika mengonsumsi unggas, pastikan kulitnya sudah tidak ada lagi karena bagian ini mengandung banyak lemak jahat. Sebagai alternatif, disarankan mengonsumsi ikan seperti salmon, tuna, atau mackerel yang punya kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

Batasi Mengonsumsi Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Meski nikmat, jangan tergoda mengonsumsi seperti mayones, makanan yang mengandung minyak, dan menggunakan margarin atau mentega. Alasannya, beberapa contoh produk-produk tersebut tinggi lemak jenuh dan lemak trans, yang memicu naiknya kadar kolesterol.

Pastikan juga dalam menu buka puasa kamu terdapat makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal. Contoh makanan tersebut antara lain alpukat, biji-bijian, kacang-kacangan. Makanan-makanan tersebut dapat menurunkan kolesterol jahat.

Konsumsi Makanan Kaya Serat Larut

Serat larut dapat membantu menghalangi penyerapan lemak jenuh atau jenis lemak berbahaya lainnya. Kandungan ini juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik serta kadar trigliserida yang lebih rendah. Selain itu asupan serat larut juga dapat mengurangi resistensi insulin yang dapat berujung pada penyakit metabolik lainnya. Serat larut umumnya ditemukan pada kelompok makanan nabati.  Beberapa contohnya, yakni apel, pir, gandum, kacang-kacangan, kol, oatmeal, dan wortel.

Perhatikan Cara Memasak

Hindari memasak dengan menggunakan mentega atau margarin ya, karena keduanya punya lemak jenuh yang tinggi. Jika ingin mengolah makanan dengan cara digoreng atau menumis, baiknya pakai saja minyak zaitun, minyak canola, dan minyak biji rami. Memanggang dianggap metode memasak yang baik dilakukan. Alasannya, dengan memanggang makanan bisa menambah cita rasa tanpa menambah lemak berlebih.

Luangkan Waktu untuk Olahraga

Meski berpuasa, jangan sampai kamu melewatkan berolahraga ya. Pasalnya, aktivitas ini juga termasuk ke dalam cara mencegah kolesterol. Namun, kapan waktu untuk berolahraga selama bulan ramadhan? Disarankan berolahraga sebelum berbuka puasa atau satu jam setelah berbuka puasa.

Untuk olahraga di hari-hari pertama puasa baiknya lakukan olahraga dengan waktu 30 menit per harinya. Bila tubuh sudah terbiasa, kamu bisa tingkatkan waktu olahraga hingga satu jam. Sebaliknya, jika kamu tidak terbiasa berolahraga, lebih baik lakukan aktivitas fisik yang lebih ringan seperti berjalan kaki dan meregangkan tubuh terlebih dahulu.

Sebagai tambahan, cara mencegah penyakit kolesterol saat bulan puasa adalah dengan mengonsumsi minuman penurun kolesterol, seperti Nestlé ACTICOR yang dikonsumsi 2x sehari setelah makan sahur dan berbuka puasa. Kandungan alami inulin yang berasal dari tumbuhan chicory dan kandungan beta glucan dari oat pada setiap kemasannya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuhmu. Selain itu, Nestlé ACTICOR juga tersedia dalam 4 rasa lezat, yaitu Chocolate, Green Tea Latte, Avocado, dan juga Banana.

ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol