Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

7 Manfaat Buah Pisang, Salah Satu Makanan Rendah Kolesterol yang Baik untuk Tubuh

Pisang menjadi buah favorit banyak orang lantaran rasanya yang manis serta teksturnya yang lembut. Alhasil, sangat wajar jika pisang kemudian diolah menjadi berbagai sajian yang lezat, mulai dari minuman hingga makanan.

Load more

makanan rendah kolesterolTapi, di balik kelezatan ini, rupanya terdapat banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh jika kamu mengonsumsi pisang secara rutin. Hal ini dikarenakan pisang kaya akan nutrisi-nutrisi penting, seperti antioksidan, serat, kalium, serta vitamin C dan B6. Bukan hanya itu saja, secara umum, pisang merupakan makanan rendah kolesterol sehingga akan sangat baik untuk kesehatan jantungmu. Menarik, bukan?

Untuk mengetahui berbagai manfaat kesehatan buah pisang, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pisang merupakan makanan rendah kolesterol. Tapi, selain itu, tahukah kamu bahwa rupanya pisang juga mampu bantu mengurangi kadar kolesterol LDL (low-density lipoproteins) dan juga total kolesterol?

Hal ini bukan lain karena pisang merupakan buah yang kaya akan serat, termasuk serat larut (soluble fiber). Perlu diketahui bahwa serat larut inilah yang mampu kurangi penyerapan kolesterol di pembuluh darah dengan cara mengikatnya dan membuangnya lewat sistem pencernaan.

Akan tetapi, jika ingin meraih manfaat tersebut, pastikan kamu mengonsumsi setidaknya 5–10 gram serat larut setiap hari. Secara garis besar, satu buah pisang berukuran sedang memiliki 0,7 gram serat atau sekitar 7%–14% dari angka anjuran. Jadi, kamu mungkin perlu menggabungkan kelezatan pisang ini dengan buah-buah lain yang juga baik untuk kesehatan, seperti buah beri atau alpukat.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Pisang sebagai makanan rendah kolesterol serta makanan yang mampu turunkan kolesterol adalah salah satu faktor yang menyebabkan buah yang satu ini baik untuk jantung. Pasalnya, dengan membuang kolesterol dari tubuh, pisang dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyempitan arteri (aterosklerosis). Penyakit ini adalah salah satu faktor terbesar yang menyebabkan stroke serta serangan dan penyakit jantung.

Namun, selain itu, pisang ternyata bisa bantu mengatur tekanan darah di tubuhmu, loh! Hal ini berkat kandungan kalium pada setiap buahnya, yakni sekitar 420 mg. Manfaat ini akan semakin efektif bekerja jika dibarengi dengan pola makan sehat, seperti yang rendah sodium atau yang khusus untuk menurunkan tekanan darah.

3. Mengatur Gula Darah Bagi Mereka yang Sehat

Bagi kamu yang tidak punya diabetes, rasa manis yang terkandung pisang cenderung tidak akan meningkatkan gula darah secara signifikan. Selain karena pisang dianggap memiliki potensi peningkatan gula darah yang rendah hingga sedang pada Indeks Glikemik, pisang juga mempunyai kandungan serat larut pektin. Kandungan ini disinyalir dapat membantu mengatur gula darah, terutama setelah makan.

Tapi, jika kamu merupakan pengidap diabetes, kamu masih tetap perlu memperhatikan kadar gula darah jika ingin menyantap buah yang satu ini. Kemudian, jangan lupa juga untuk berkonsultasi pada ahli kesehatan yang menangani kondisi kamu jika ingin mengonsumsi pisang.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sebelumnya, kamu sudah membaca tentang manfaat pisang sebagai makanan rendah kolesterol serta tinggi serat larut yang mampu turunkan kolesterol. Tapi, serat larut ini, bersamaan dengan serat tidak larut (insoluble fiber), bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan secara signifikan. Kemudian, khusus untuk serat tidak larutnya, kamu akan merasakan manfaatnya pada perkembangbiakan bakteri baik yang ada di pencernaanmu.

5. Menangkal Radikal Bebas

Pisang adalah salah satu jenis buah yang kaya akan antioksidan yang tugas utamanya adalah untuk menangkal radikal bebas. Namun, selain antioksidan tersebut, kandungan vitamin C yang ada pada pisang pun juga mampu menunjang fungsi ini. Nantinya, sel-sel baik di tubuh kamu akan senantiasa terjaga dan kamu pun akan terjauhkan dari berbagai risiko kesehatan, seperti kerusakan jantung.

6. Membantu Menjaga Berat Badan

Jika dokter kamu menyarankan untuk mengurangi berat badan untuk urusan kesehatan, pisang bisa menjadi salah satu camilan yang dipilih. Faktanya, selain merupakan makanan rendah kolesterol, pisang juga cukup rendah akan kalori, yakni hanya sekitar 100 kalori saja. Hal ini jelas cukup rendah mengingat efek kenyang yang dihasilkan setelah mengonsumsi pisang!

Menjadi Sumber Energi
Sebelum menjalani aktivitas di pagi hari, ada baiknya bagi kamu untuk mengonsumsi pisang. Selain karena pisang adalah makanan rendah kolesterol, pisang merupakan buah yang tinggi akan karbohidrat yang terdiri dari fruktosa, glukosa, serta sukrosa. Ketiga jenis karbohidrat ini rupanya dapat diproses secara cepat sehingga bisa menunjang energimu secara cepat. Hebat, kan?

Nah, itulah tadi beberapa manfaat buah pisang. Kesimpulannya, pisang bukan hanya makanan rendah kolesterol tetapi juga mampu bantu rendahkan kadar kolesterol serta membawa berbagai manfaat kesehatan lainnya. Pastikan kamu mengonsumsinya setiap hari dan, bila perlu, sajikan dengan berbagai cara agar menjadi sajian yang nikmat untuk dikonsumsi, seperti:

  • Sebagai pengganti gula saat membuat roti

  • Menjadi Bahan dasar pembuatan smoothies atau jus

  • Dijadikan keripik pisang

  • Sebagai topping roti saat sarapan

  • Dimakan bersama sereal atau oat

Cara-cara di atas bisa kamu lakukan untuk meraih manfaat penurunan kolesterol. Tapi, perlu diketahui bahwa pola hidup sehat lainnya pun juga perlu diterapkan untuk memaksimalkan hasil yang ingin dicapai, contohnya adalah melalui pola makan sehat (seperti makanan rendah kolesterol) dan juga kebiasaan berolahraga yang rutin.

Kemudian, jangan lupa minumlah Nestlé ACTICOR 2x sehari setelah makan. Sama seperti buah pisang, Nestlé ACTICOR juga mengandung serat larut yang baik untuk turunkan kolesterol LDL di dalam tubuh, yakni inulin dari akar chicory dan beta-glucan dari oats.

Raih manfaat ini dengan minum Nestlé ACTICOR yang hadir dalam 4 varian rasa, yaitu Banana, Avocado, Chocolate, serta Green-Tea Latte. Setiap varian ini tersedia dalam kemasan botol praktis yang bisa diminum kapan saja!

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!