Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Resolusi Kesehatan Praktis Sebagai Cara Pencegahan Penyakit Jantung Koroner

Jantung menjadi salah satu organ vital pada tubuh karena memiliki banyak fungsi, salah satunya memompa darah ke seluruh tubuh. Bila jantung mengalami kerusakan tentu kerjanya tidak akan maksimal dan menimbulkan berbagai penyakit. Salah satu penyakit jantung yang cukup banyak diidap, yakni penyakit jantung koroner. Untuk menghindarinya, kamu bisa mengikuti cara pencegahan penyakit jantung koroner di bawah ini.

Load more

Melakukan Pola Makan Sehat Setiap Hari

Cara pencegahan penyakit jantung koroner yang bisa dilakukan adalah membiasakan melakukan pola makan sehat. Caranya dengan memerhatikan apa saja makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti sayuran atau buah,  gandum, maupun makanan yang tinggi lemak tak jenuh seperti alpukat, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak bunga matahari, minyak ikan, dan minyak olive. Selain itu, daging dan ikan tanpa lemak juga perlu dikonsumsi.

Perlu juga menjauhi makanan yang tinggi garam, gula, lemak jenuh, dan lemak trans yang terlalu tinggi seperti biskuit, krim, kue dan makanan yang mengandung minyak kelapa, mentega, makanan cepat saji, dan karbohidrat olahan.

Tidak Merokok dan Hindari Mengonsumsi Alkohol

Salah satu cara pencegahan penyakit jantung koroner yang sering disebut, yakni dengan tidak merokok. Ini dikarenakan kandungan dalam rokok yang bisa membahayakan kesehatan jantung, salah satunya adalah nikotin dan akrolein yang memberikan dampak buruk berupa tekanan darah menjadi tinggi. Kondisi ini menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit jantung koroner akibat pembuluh darah yang menyempit karena menumpuknya plak.

Tak hanya itu, paparan asap rokok bisa mengurangi oksigen pada darah sehingga detak jantung lebih cepat dan tekanan darah menjadi tinggi sehingga membuat jantung bekerja lebih keras demi memberikan oksigen ke seluruh tubuh.

Tak ketinggalan, cara pencegahan penyakit jantung koroner juga perlu menghindari konsumsi alkohol. Alasannya minuman satu ini bisa meningkatkan tekanan darah sehingga memperbesar risiko penyakit jantung.

Baca juga: Konsisten Adalah Kunci, Yuk Lakukan 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Ini Agar Tetap Aktif Di Usia Muda

Olahraga Secara Teratur dan Memperbanyak Gerak

Melakukan olahraga rutin bisa membantu sistem aliran darah dan jantung bekerja dengan maksimal. Olahraga teratur sangat membantu kadar kolesterol jahat lebih menurun.  Olahraga yang bisa dilakukan di antaranya aerobik, tai chi, dan yoga.

Sementara untuk waktunya disarankan melakukan selama 30 menit setiap hari. Hal yang perlu diingat, pastikan lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan fisik kamu ya. Kamu juga bisa melakukan 10.000 langkah setiap hari, memilih menggunakan tangga, dan melakukan peregangan disela-sela aktivitas yang dilakukan.

Tidur Minimal 7-8 Jam

Kebiasaan tidur yang cukup bisa menjadi salah satu cara pencegahan penyakit jantung koroner. Karena orang yang terbiasa kurang tidur cenderung berisiko tinggi mengalami tekanan darah tinggi, di mana hal ini dapt menjadi pemicu penyakit jantung. Normalnya, orang dewasa memerlukan 7-8 jam waktu tidur setiap malam. Biasakan juga untuk bangun dan tidur di waktu yang sama setiap harinya.

Mengonsumsi Air Mineral yang Cukup Setiap Hari

Sudah bukan rahasia lagi jika mengonsumsi air mineral memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu khasiatnya adalah menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, jika tubuh mengalami dehidrasi jumlah darah bisa berkurang. Kondisi ini akan membuat jantung berdetak lebih cepat dan tubuh jadi menyimpan lebih banyak natrium sehingga membuat darah jadi lebih kental dan tidak mengalir secara maksimal. Ini membuat kerja jantung dalam memompa darah semakin berat.

Jaga Kadar Gula dan Tekanan Darah Stabil

Dengan menjaga kadar gula dan tekanan darah stabil bisa menjadi salah satu cara pencegahan penyakit jantung koroner. Pasalnya penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi bisa memicu terjadinya penyakit jantung koroner. Kamu harus mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh, tinggi gula, dan garam serta secara rutin memeriksakan kadar gula darah dan tekanan darah ke dokter.

Pastikan Kadar Kolesterol Normal

Kadar kolesterol yang tinggi juga menjadi salah satu penyebab penyakit jantung koroner. Cara untuk menurunkan kolesterol sama dengan menjaga kadar gula darah dan tekanan darah. Jangan sampai lupa untuk memeriksakan kolesterol secara rutin.

Baca juga: Buat Kamu yang Sibuk, Yuk Ikuti Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat Ini

Untuk menurunkan kolesterol juga perlu didukung dengan mengonsumsi minuman penurun kolesterol seperti Nestle ACTICOR. Keunggulan dari minuman ini salah satunya mengandung serat pangan larut yang berasal dari beta glucan dan inulin yang berperan untuk bantu turunkan kolesterol jahat (LDL) sebagai salah satu penyebab sakit jantung. Nestle ACTICOR juga minuman rendah lemak.

Terdapat empat ragam rasa Nestle ACTICOR, antara lain Avocado, Green-Tea Latte, Banana, dan Chocolate. Disarankan untuk dikonsumsi 2x sehari setelah makan. Untuk menambah rasa nikmat, kamu bisa konsumsi Nestle ACTICOR dalam kondisi dingin. Setelah dibuka harap segera dikonsumsi.

Di pasaran ada dua jenis Nestle ACTICOR, yakni dijual satuan maupun multipack. Untuk harga Nestle ACTICOR dijual Rp6.800 per botol. Sementara untuk harga Nestle ACTICOR untuk varian multipack isi 4 botol dijual Rp27.200 per pack. (Harga di setiap toko bisa berbeda dan disesuaikan dengan kebijakan masing- masing toko).

Baca juga: Orang Muda Juga Bisa Kena! Yuk, Cari Tahu Cara Mencegah Jantung Koroner