Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Bagaimana Cara Menyeimbangkan Makanan Pantangan Kolesterol? Simak Tips Berikut Ini!

Ketika berbicara tentang upaya menurunkan kolesterol, umumnya seseorang langsung berpikir untuk tidak mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh atau makanan pantangan kolesterol lainnya. Tapi, pada kenyataannya, hal ini cukup sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang karena menu-menu tersebut adalah yang biasa mereka konsumsi setiap hari.

Load more

Makanan pantangan kolesterolApabila hal ini juga tengah kamu alami, jangan khawatir! Ternyata ada berbagai macam cara serta jenis makanan sehat yang mampu bantu menyeimbangkan makanan pantangan kolesterol yang kamu makan setiap hari. Ingin tahu apa saja? Berikut tips-tips yang bisa kamu ikuti!

Memasak Versi Sajian Sehat dari Junk Food Favorit

Hampir semua orang sangat suka makanan yang termasuk junk food, seperti burger dan hot dog. Makanan-makanan lezat ini umumnya tinggi kalori, namun rendah nutrisi-nutrisi penting, seperti protein, vitamin, mineral, dan juga serat. Umumnya, sumber energi yang terkandung berasal dari gula maupun lemak.

Kalau kamu sulit untuk menghindari makanan pantangan kolesterol ini, kamu bisa mengubahnya menjadi sangat sehat. Beberapa caranya antara lain dengan menggunakan bun burger yang terbuat dari gandum utuh, membuat patty dengan daging ikan yang tinggi Omega-3, serta perbanyak sayuran yang tinggi antioksidan di dalam burger buatanmu.

Mengganti Minyak Masak dengan Alternatif yang Lebih Sehat

Minyak yang biasa kamu gunakan setiap hari bisa jadi mengandung lemak jenuh. Hal ini kemudian akan dapat menjadikan sajian yang telah dimasak menjadi makanan pantangan kolesterol. Maka dari itu, untuk menghindarinya, kamu bisa menggunakan minyak dengan lemak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun atau minyak canola.

Tapi, perlu diingat juga bahwa kamu masih tetap harus membatasi penggunaan minyak, termasuk kedua jenis minyak di atas. Mengonsumsinya secara berlebihan juga mampu meningkatkan asupan lemak jenuh.

Mengonsumsi Buah-buahan Sebagai Pencuci Mulut

Apel, pisang, anggur, serta alpukat tinggi akan nutrisi dan mineral yang baik untuk kesehatan secara menyeluruh. Tapi, keempat jenis buah-buahan ini juga ternyata juga mampu menurunkan kolesterol. Penyebabnya adalah karena adanya kandungan serat larut pektin yang mampu bantu turunkan kolesterol jahat atau low-density lipoproteins (LDL).

Maka dari itu, kalau kamu sedang mengonsumsi makanan pantangan kolesterol, ada baiknya untuk juga makan buah-buahan ini agar menyeimbangkannya. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai jus, smoothie, atau salad buah untuk pencuci mulut.

Memperbanyak Konsumsi Kedelai

Kedelai hadir dalam berbagai bentuk hidangan, misalnya susu soya serta salah satu makanan khas Indonesia, yakni tahu. Tapi, yang perlu diketahui adalah kedelai merupakan salah satu makanan yang mampu untuk turunkan kolesterol dan sangat perlu untuk kamu tingkatkan konsumsinya.

Dilansir dari laman Harvard Health Publishing milik Harvard Medical School, konsumsi kedelai sebanyak 25 gram per hari mampu turunkan kolesterol LDL hingga 6%. Angka ini cukup signifikan, terutama jika kamu mengukus tahu dan menghindari menggoreng dengan minyak yang mengandung lemak jenuh.

Nah, itulah tadi beberapa cara menyeimbangi konsumsi makanan pantangan kolesterol. Pada dasarnya, seluruh tips di atas sangat baik untuk diikuti. Namun, ada baiknya kamu juga menjalani hal-hal yang mendukung pola hidup sehat lainnya, seperti berolahraga rutin, berhenti merokok, serta menjaga berat badan, agar dapat meraih hasil yang maksimal.

Kemudian, jangan lupa untuk juga menyeimbangkan makanan pantangan kolesterol dengan serat-serat pangan, seperti inulin dari akar chicory dan beta-glucan dari oats. Dua jenis serat tersebut terkandung di dalam setiap kemasan Nestlé ACTICOR yang hadir dalam 4 rasa lezat, yakni Chocolate, Green-Tea Latte, Avocado, serta Banana, yang baik untuk dikonsumsi 2x sehari setelah makan.

ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!