Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Orang Muda Juga Bisa Kena! Yuk, Cari Tahu Cara Mencegah Jantung Koroner

Orang Muda Juga Bisa Kena! Yuk, Cari Tahu Cara Mencegah Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner terjadi karena adanya kolesterol dan zat lain yang menumpuk di dinding arteri sehingga memunculkan plak. Dengan begini, pembuluh darah menjadi sempit dan keras. Hal ini pun menyebabkan aliran darah menjadi tersumbat, jantung bekerja lebih keras dari biasanya dan dapat menyebabkan keluhan nyeri dada.

Load more

Berbagai penyebab bisa menjadi latar belakang seseorang mengalami penyakit jantung koroner. Pengidapnya pun bukan hanya orang lanjut usia, tetapi juga orang dewasa muda. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia: Sample Registration System 2014, Jakarta 2015 menunjukkan jika penyakit jantung koroner terjadi di kelompok usia semakin muda 25-29 tahun dan meningkat dengan puncaknya pada orang-orang yang usianya 60-64 tahun.

 

Untuk membantu kamu memahami apa saja penyebab dan cara mencegah jantung koroner, mari simak informasinya di bawah ini!

Penyebab Jantung Koroner

Beberapa penyebab terjadinya jantung koroner, di antaranya yakni obesitas, kurang olahraga, punya kadar kolesterol jahat yang tinggi, memiliki penyakit diabetes, terdapat riwayat keluarga yang mengidap penyakit jantung koroner, mengalami tekanan darah tinggi, terlalu sering dan berlebihan mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, lemak trans, gula, dan garam, serta terbiasa merokok.

Jika kamu memiliki atau terbiasa melakukan salah satu penyebab jantung koroner tersebut, maka ada baiknya untuk selalu waspada.

Cara Mencegah Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner sebenarnya berkembang secara lambat. Jadi, kamu memiliki kesempatan untuk mencegah penyakit ini terjadi padamu. Menerapkan gaya hidup sehat di bawah ini menjadi cara mencegah jantung koroner yang perlu dilakukan segera mungkin.  Apa saja?

Aktif Melakukan Olahraga

Jantung yang kuat sangat diperlukan agar bisa memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik. Dengan berolahraga, jantung bakal merasakan manfaat dari aktivitas fisik ini.  Olahraga yang dilakukan secara teratur bisa membuat peredaran darah lebih lancar, kadar kolesterol jahat menurun, dan kerja jantung lebih baik.

Cobalah melakukan olahraga 30 menit per hari selama 5 hari dengan latihan aerobik intensitas sedang. Kamu juga bisa melakukannya 15 menit per hari selama 5 hari dengan intensitas tinggi. Namun, jika kamu belum terbiasa berolahraga, tanyakan kepada dokter olahraga yang cocok untuk kamu lakukan.

Tidak Merokok

Kandungan tembakau yang ada pada asap rokok dapat membuat pembuluh darah arteri menjadi sempit dan merusak jantung. Dengan berhenti merokok, risiko terkena penyakit jantung koroner bisa jadi lebih rendah.

Hindari Stres Belebih

Siapa sangka bahwa menghindari stres berlebih juga menjadi cara mencegah jantung koroner? Memang permasalahan dalam hidup sulit dihindari, tetapi stres yang berlebih bisa membuat kamu melakukan kebiasaan tidak baik seperti makan berlebihan, kurang aktif bergerak, hingga mengonsumsi alkohol.

Salah satu cara untuk membantu kamu meminimalisir rasa stres, yakni dengan melakukan olahraga, meditasi, menjalankan hobi atau aktivitas yang disukai, serta bersantai dengan keluarga atau teman-teman.

Jaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Menjaga berat badan tetap ideal bisa menjadi salah satu cara mencegah jantung koroner. Alasannya, tubuh yang beratnya berlebih memerlukan darah lebih banyak, sehingga membuat jantung memompa lebih banyak darah. Akibatnya kondisi jantung malah bertambah besar demi mengalirkan lebih banyak darah. Kondisi meningkatnya aliran darah bisa memicu tekanan darah tinggi, yang dapat berakhir pada penyakit jantung.

Jauhi Makanan Pemicu Masalah Jantung dan Perbanyak Konsumsi Lemak Tak Jenuh

Cara mencegah jantung koroner yang tidak kalah penting adalah dengan menjauhi makanan tidak sehat. Makanan yang harus dihindari penyakit jantung koroner yakni makanan dengan kandungan lemak jenuh dan lemak trans. Contohnya produk daging olahan, mentega dan margarin, makanan yang mengandung minyak kelapa, biskuit, dan kue.

Kemudian perbanyak mengonsumsi makanan lemak tak jenuh tinggi seperti alpukat, biji-bijian, ikan, kacang-kacangan, minyak bunga matahari, dan minyak zaitun. Makanan tinggi serat, rendah gula, dan garam juga sangat direkomendasikan.

Seperti yang disebutkan di atas, jika salah satu pemicu jantung koroner, yakni kolesterol jahat yang tinggi. Selain menerapkan cara mencegah jantung koroner di atas, ada baiknya pula jika kamu minum Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman yang membantu mengurangi kolesterol secara alami dan akan membantu menjaga kesehatan jantungmu. Beberapa kandungan utama yang ada di dalam Nestlé ACTICOR adalah Beta Glucan yang berasal dari oat dan Inulin dari chicory. ACTICOR juga rendah lemak.

Menariknya, Nestlé ACTICOR memiliki empat rasa yang lezat, yakni antara lain Avocado, Banana, Chocolate, dan Green-Tea Latte yang bisa kamu pilih sesuai selera. ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!