Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Olahraga Seru Bersama Keluarga, Cara Mencegah Jantung Koroner

Salah satu cara sederhana mencegah jantung koroner yang umum disarankan adalah rutin melakukan olahraga. Sebab olahraga sendiri memiliki manfaat bagi jantung. Beberapa di antaranya seperti menghindari risiko penyakit jantung, memperoleh atau mempertahankan berat badan yang ideal, menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, jantung lebih kuat, dan meningkatkan kualitas tidur. Beberapa jenis olahraga yang baik untuk jantung, yakni jogging, renang, lari, bersepeda, dan yoga.

Load more

Meski memiliki banyak manfaat, sayangnya orang masih suka malas untuk melakukan olahraga rutin. Sebenarnya salah satu cara yang bisa membuat olahraga jadi makin seru adalah bila dilakukan bersama dengan orang terdekat, seperti keluarga. 

Nah, agar cara mencegah jantung koroner melalui olahraga jadi semakin seru bersama keluarga, kamu bisa ikuti caranya berikut ini.

Menentukan Jadwal Rutin dan Konsisten Lakukan

Biar semangat untuk berolahraga, kamu bisa tentukan jadwal rutin untuk melakukannya. Coba diskusikan bersama seluruh anggota keluarga, mulai jam berapa kamu dan mereka harus beraktivitas setiap paginya.

Misalnya, jika anak-anak harus mulai bersekolah jam 7 pagi, coba atur untuk melakukan olahraga satu jam sebelumnya.  Yang perlu diingat, mulailah secara perlahan. Misalnya, setiap 30 menit per harinya yang dilakukan sebanyak 3x dalam seminggu. Buatlah kesepakatan bersama anggota keluarga untuk selalu berkomitmen dalam menepati jadwal yang sudah dibuat.

Lakukan Olahraga yang Disenangi

Mungkin setiap anggota keluarga memiliki olahraga favorit yang berbeda-beda. Coba tanyakan satu per satu kepada mereka. Jangan paksakan untuk mengikuti olahraga yang kamu sukai. Karena mereka akan tidak merasa enjoy ketika menjalaninya. Yang jelas, lakukanlah jenis olahraga untuk cara mencegah jantung koroner yang disukai. Gunanya agar kamu dan anggota keluarga benar-benar bisa berkomitmen dengan jadwal olahraga yang sudah dibuat.

Baca juga: Orang Muda Juga Bisa Kena! Yuk, Cari Tahu Cara Mencegah Jantung Koroner

Mendengarkan Musik dengan Tempo yang Tepat

Tak ada salahnya saat melakukan olahraga favorit sambil mendengarkan musik. Ini bisa memberikan semangat tambahan dan bikin tubuh jadi lebih berenergi, lho. Mendengarkan musik dengan tempo yang tepat, bisa memberikan pengaruh positif seperti memperkuat ketahanan dalam berolahraga.

Berikan Reward

Dari hasil diskusi kamu dengan anggota keluarga, misalnya kalian akan mencoba melakukan olahraga sebanyak 3x seminggu dengan durasi 30 menit per hari selama satu bulan. Bila kamu dan anggota keluarga sudah berhasil konsisten menerapkan jadwal olahraga yang dibuat tersebut, tidak ada salahnya memberikan reward pada diri sendiri maupun mereka.

Tidak perlu hadiah mewah atau mahal berikan saja pujian dan hadiah kecil, atau memasak makanan kesukaannya. Dengan begini bisa membantu meningkatkan motivasi diri dan menjaga konsistensi dalam melakukan olahraga.

Kamu juga harus ingat, jika cara mencegah jantung koroner, perlu didukung dengan kebiasaan lainnya, selain olahraga dan mengonsumsi makanan sehat, pastikan untuk selalu jaga kadar kolesterol tetap stabil.

Salah satu cara menurunkan kolesterol bisa dengan mengonsumsi Nestle ACTICOR. Di dalamnya ada serat pangan larut beta glucan dari oat dan inulin dari chicory yang bantu turunkan kolesterol jahat (LDL) sebagai salah satu penyebab sakit jantung. Nestle ACTICOR termasuk minuman penurun kolesterol yang rendah lemak.

Kamu bisa menikmati empat ragam rasa Nestle ACTICOR, antara lain Green-Tea Latte, Avocado, Banana, dan Chocolate. Agar memperoleh manfaat yang optimal, Nestle ACTICOR diminum 2x sehari setelah makan.

Baca juga: Konsisten Adalah Kunci, Yuk Lakukan 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Ini Agar Tetap Aktif Di Usia Muda