Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Mulai Dialami Milenial, Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu soal Kolesterol dan Risiko Penyakitnya

Kolesterol merupakan jenis lemak yang disintesis sendiri di dalam tubuh oleh organ hati. Namun, senyawa ini juga terdapat di dalam makanan yang berasal dari hewan, misalnya daging, ikan, unggas, telur,dan organ dalam seperti ginjal serta hati.

Load more

Kolesterol pada dasarnya memiliki beberapa manfaat, yakni membentuk vitamin D dan hormon, membangun sel serta membentuk asam empedu. Sayangnya, dengan berkembangnya gaya hidup yang tidak sehat, memungkinkan kolesterol tinggi dialami oleh generasi milenial.

Salah satu alasannya karena kurangnya pemahaman mengenai apa sebenarnya kolesterol itu. Nah, untuk membantu kamu memahami hal-hal yang berkaitan dengan kolesterol dan apa saja penyakit akibat kolesterol tinggi, yuk simak informasinya berikut ini!

Kolesterol Baik dan Jahat

Pada dasarnya kolesterol ada dua jenis, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik memiliki nama lain kolesterol HDL (High-Density Lipoprotein) yang mampu membawa kolesterol kembali ke dalam organ hati. Kemudian di dalam hati, kolesterol dipecah untuk di edarkan kembali atau dikeluarkan oleh tubuh melalui feses.

Sementara kolesterol jahat yang juga disebut kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) berperan membawa kolesterol dari organ hati menuju sel-sel yang memerlukan. Namun jika jumlah kolesterol berlebihan, maka akan membuatnya mengendap di dinding-dinding arteri pembuluh darah dan membentuk plak, sehingga berakhir pada munculnya berbagai macam gangguan kesehatan.

Total Kolesterol Darah

Kadar kolesterol total yang normal kurang dari 200 mg/dL. Sedangkan jumlah kadar kolesterol mencapai 200-239 mg/dL sudah termasuk batas tinggi. Namun, bila jumlahnya mencapai 240 mg/dL atau bahkan lebih menandakan kolesterolmu tinggi.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Siapa sangka bahwa makanan tinggi lemak jenuh dan trans saja bukan menjadi penyebab utama  meningkatnya kolesterol? Faktor berat badan berlebih, kebiasaan merokok, stres yang tidak terkendali, risiko keturunan, kondisi penyakit tertentu, malas berolahraga, serta faktor usia juga memicu seseorang mengalami gangguan kesehatan yang satu ini.

Gejala Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi juga memberikan tanda-tanda pada tubuh, di antaranya terdapat benjolan kolesterol di tubuh (Xanthoma), sering kesemutan, tengkuk terasa kaku atau pegal, sakit dada, sakit kaki, dan tekanan darah tinggi. Bila kamu merasakan salah satu gejala di atas, bisa jadi kolesterol dalam darahmu tinggi.

Tes Kolesterol

Cara mengetahui apakah kamu mengidap kolesterol tinggi atau tidak adalah dengan melakukan tes darah yang disebut pemeriksaan profil lipid. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui jumlah total zat lemak (kolesterol dan trigliserida) yang ada dalam darah.

Orang yang sudah berusia 20 tahun perlu melakukan pengecekan secara rutin setiap lima tahun sekali. Namun bagi orang yang memiliki riwayat kolesterol tinggi dalam keluarga, memiliki darah tinggi atau diabetes, obesitas, dan kebiasaan merokok disarankan untuk mengecek kadar kolesterol lebih sering.  

Baca juga: Deteksi Dini Darah Tinggi dan Kolesterol dengan Cara Ini

Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

Beberapa penyakit akibat kolesterol tinggi yang berisiko dialami, di antaranya penyakit jantung, penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit diabetes, penyakit arteri perifer, dan penyakit stroke.

Cara Menurunkan Kolesterol

Penyakit akibat kolesterol tinggi bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Beberapa di antaranya, yakni mengonsumsi makanan sehat dan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung serat, berolahraga minimal 30 menit setiap hari, mengelola stres, dan tidak merokok.

Sebagai tambahan, minum Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan untuk bantu turunkan kolesterol secara alami. Terdapat beta glucan yang berasal dari oats dan inulin dari chicory untuk bantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Minuman rendah lemak ini punya empat varian rasa untuk kamu nikmati, yakni Avocado, Banana, Chocolate, dan Green-Tea Latte.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Baca juga: Apa Saja Penyebab Kolesterol Naik? Yuk Cari Tahu