Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Sehat & Menyegarkan, Minuman untuk Menurunkan Kolesterol Ini Bisa Kamu Coba di Rumah!

Tidak sedikit orang yang saat ini mengonsumsi minuman untuk menurunkan kolesterol. Namun, tak banyak yang tahu mengenai apa sebenarnya koleterol ini. Perlu diketahui bahwa kolesterol merupakan sejenis lipid atau zat lemak yang tidak larut di dalam air. Tujuannya tidak lain untuk membentuk membran sel tubuh, beberapa hormon tertentu, serta vitamin D.

Load more

Tidak sedikit orang yang saat ini mengonsumsi minuman untuk menurunkan kolesterol. Namun, tak banyak yang tahu mengenai apa sebenarnya koleterol ini. Perlu diketahui bahwa kolesterol merupakan sejenis lipid atau zat lemak yang tidak larut di dalam air. Tujuannya tidak lain untuk membentuk membran sel tubuh, beberapa hormon tertentu, serta vitamin D.

Kolesterol yang tidak larut di dalam air ini tidak dapat berpindah melalui darah. Untuk membantu mengangkutnya, kolesterol memerlukan lipoprotein yang diproduksi oleh hati. Fungsi lipoprotein yang terbuat dari lemak dan protein untuk membawa kolesterol ini punya dua bentuk utama, yakni lipoprotein densitas rendah (LDL) dan lipoprotein densitas tinggi (HDL).

Kolesterol LDL inilah yang sering kali disebut sebagai kolesterol tinggi yang jika tidak ditangani dan dibiarkan begitu saja, maka kolesterol ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk di antaranya serangan jantung mendadak dan strok.
Belum lagi dengan munculnya penyakit arteri perifer yang bisa menyebabkan lengan dan tungkai terlihat pucat, terasa dingin, luka sulit sembuh, serta seringnya lengan dan tungkai kesemutan.

Sayangnya, keberadaan kolesterol LDL sering kali tanpa gejala, namun bisa berakhir pada gangguan kesehatan serius seperti yang dijelaskan sebelumnya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa setiap orang perlu menerapkan gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat ini pun dapat kamu mulai secara sederhana dengan membiasakan diri untuk beraktivitas fisik dan berolahraga. Tujuannya tidak lain untuk menekan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Kedua aktivitas ini pun mampu menjaga tekanan darah tetap stabil dan memperkuat jantungmu.

Usahakan untuk melakukan aktivitas aerobik, misalnya jalan cepat, renang, atau bersepeda; minimal 30 menit setiap minggu. Jaga pula berat badan agar tetap ideal, hindari minum minuman beralkohol, serta berhenti merokok demi menetralkan kadar kolesterol jahat ini.
Selain hal-hal tersebut di atas, kamu juga perlu mengerti makanan yang dikonsumsi setiap hari. Hindari makanan cepat saji dan perbanyak makanan bergizi tanpa pengawet dan pemanis tambahan. Namun, siapa sangka bahwa dalam menurunkan kolesterol bukan hanya menjauhi makanan tinggi lemak jahat dan mengonsumsi makanan tertentu saja?

Upaya menurunkan kolesterol jahat ternyata bisa juga dibantu dengan memerhatikan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Berikut ada beberapa rekomendasi minuman untuk menurunkan kolesterol yang perlu diketahui.
 

1. Minuman Dark Chocolate

Minuman untuk menurunkan kolesterol salah satunya yang terbuat dari dark chocolate. Cokelat satu ini dianggap lebih baik daripada jenis cokelat lainnya seperti white chocolate atau milk chocolate. Karena dark chocolate lebih rendah lemak dan gula. Selain itu, bisa membuat kolesterol baik meningkat dan kolesterol jahat menurun.

2. Jus Alpukat

Salah satu minuman untuk menurunkan kolesterol yang bisa dipilih adalah jus alpukat. Alasannya karena buah yang satu ini kaya dengan kandungan lemak tidak jenuh dan serat yang beperan dalam menurunkan kolesterol jahat serta menaikkan kolesterol baik. Didukung juga dengan mineral, vitamin K, dan vitamin B kompleks, yang bisa menghindari kolesterol jahat menimbun pada darah.

3. Jus Apel

Di dalam buah apel terdapat zat polifenol di bagian kulitnya yang meminimalisir proses peradangan dan menghalangi proses oksidasi dari kolesterol jahat. Kondisi ini bisa mengurangi pembuluh darah menyempit dan pembentukan kolesterol jahat. Ada juga kandungan pektin yang bisa bantu membuat kadar kolesterol jahat turun.

4. Air Mentimun

Timun bukan hanya bisa diandalkan untuk menurunkan tekanan darah bagi pengidap hipertensi. Ada pula kandungan antioksidan, yang bisa menurunkan kadar kolesterol.

Baca juga: Memilih Minuman Penurun Kolesterol yang Bisa Kamu Konsumsi Sehari-hari

5. Jus Berry

Buah yang termasuk dalam kelompok beri misalnya stroberi, blueberry, dan lainnya memang sudah terkenal baik untuk membantu menurunkan kolesterol. Alasannya karena terdapat kandungan serat dan polifenol anthocyanin yang berperan dalam mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Yogurt

Manfaat dari yogurt bukan hanya bagus untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan. Tapi ada manfaat lain, salah satunya sebagai minuman untuk menurunkan kolesterol. Orang yang sudah terbiasa mengonsumsi yogurt biasanya memiliki kadar gula darah dan trigliserida yang rendah. Cara kerjanya yogurt mengikat kolesterol yang ada pada usus sehingga mampu keluar bersama feses.

Hal yang perlu diperhatikan, cek kandungan yogurt pada kemasannya dan pastikan yogurt tersebut mengandung bifidobacterium lactis Bb12 dan lactobacillus acidophilus La5.

7. Teh Hijau

Ternyata teh hijau juga menjadi salah satu minuman untuk menurunkan kolesterol. Alasannya di dalam teh ini terdapat antioksidan yang bisa menghindari pembuluh darah menyempit dan katekin yang bisa menghindari kolesterol terserap lalu membuangnya bersama feses dan meminimalisir plak menumpuk di saluran arteri.

Demikianlah beberapa rekomendasi minuman untuk menurunkan kolesterol yang selain menyehatkan, juga menyegarkan, sehingga tidak ada salahnya jika dikonsumsi setiap hari. Memang meskipun menyehatkan, tapi kamu tetap memerlukan waktu dan bahan-bahan untuk membuatnya.

Bagi kamu yang mau mengonsumsi minuman untuk menurunkan kolesterol dengan praktis, bisa memilih Nestlé ACTICOR. Di dalam Nestle ACTICOR terdapat Beta Glucan dan Inulin yang mampu memperbaiki profil LIPID dengan mempengaruhi LIPID dan asam empedu. 

Nestlé ACTICOR terbuat dari bahan alami dan rendah lemak dengan empat varian rasa yang enak, yakni Chocolate, Avocado, Banana, dan Green-Tea Latte. Nestlé ACTICOR diperuntukkan bagi orang dewasa yang berumur di atas 18 tahun dan peduli terhadap kesehatan tubuhnya. Konsumsilah Nestlé ACTICOR 2 kali sehari setelah makan.

ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!
 

Baca juga: 4 Varian Rasa dan Harga Nestlé ACTICOR