Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Agar Tetap Stabil, Yuk Ikuti Cara Menurunkan Lemak Darah Secara Alami Berikut Ini!

Punya kadar lemak darah yang tingi? Jika iya, maka kamu tidak sendirian. Pasalnya, kondisi ini memang sering kali dialami oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Di Amerika Serikat misalnya, lebih dari sepertiga orang dewasanya memiliki kadar lemak darah yang tinggi.
 

Load more

cara menurunkan lemak darah seacara alamiLemak darah ini juga dikenal sebagai trigliserida di mana senyawa ini berhubungan erat dengan penyakit jantung, serangan jantung, serta strok. Adapun kadar normal trigliserida adalah kurang dari 150mg/dL.

Nah, untungnya, ada beragam cara menurunkan lemak darah secara alami asal kamu bisa konsisten menerapkannya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan kondisi yang ada. Di bawah ini beberapa cara menurunkan trigliserida yang bisa kamu mulai sekarang juga.

Dapatkan Berat Badan Ideal

Cara pertama menurunkan lemak darah secara alami adalah dengan mendapatkan berat badan ideal. Kamu barangkali tidak sadar bahwa setiap kali makan tubuh akan menghasilkan lebih banyak kalori yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.

Kalori tersebut pun akan diubah menjadi lemak darah dan disimpan di dalam sel lemak. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa dengan memiliki berat badan ideal, maka kadar lemak darah ini bakal dapat tetap stabil.

Batasi Asupan Gula

Menambahkan gula ke dalam makanan atau minuman sudah adi bagian dari cara makan seseorang. Namun, American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 6-9 sendok teh gula tambahan per hari.

Kelebihan asupan gula akan mengubah senyawa tersebut menjadi trigliserida yang dapat menyebabkan peningkatan kadar lemak darah bersamaan dengan faktor risiko penyakit jantung lainnya. Maka dari itu, selalu batasi asupan gula harianmu.

Olahraga Secara Rutin

Kolesterol HLD atau kolesterol baik memiliki hubungan terbalik dengan trigliserida darah. Artinya, kadar kolesterol HDL yang tinggi dapat membantu menurunkan lemak darah. Untuk menerapkan kondisi ini dibutuhkan olahraga secara rutin, berupa aerobik yang dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam darah Anda dan berujung pada penurunan lemak darah.

Adapun contoh latihan aerobik yang bisa kamu mulai hari ini antara lain berjalan, jogging, bersepeda, dan berenang. Mengenai jumlahnya, American Heart Association merekomendasikan untuk berolahraga setidaknya 30 menit lima hari per minggu.

Baca juga: Ayo Bersepeda! Ini Dia 6 Manfaat Bersepeda untuk Menghindari Gejala Penyakit Jantung Koroner

Perbanyak Konsumsi Kacang

Adapun cara lain menurunkan lemak darah secara alami ternyata dapat ditempuh dengan memperbanyak konsumsi kacang. Kacang-kacangan tersebut antara lain kacang almond, mete, serta kacang tanah.

Pasalnya, kacang memberikan dosis serat terkonsentrasi, asam lemak omega-3 dan lemak tak jenuh, yang semuanya bekerja sama untuk menurunkan lemak darah.

Terapkan Cara Makan Rendah Karbohidrat

Sama seperti gula, karbohidrat dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan kebutuhkan tubuh bisa berubah menjadi lemak darah. Adapun sumber terbesar karbohidrat biasanya didapatkan dari nasi.

Tidak mengherankan, diet rendah karbohidrat telah dikaitkan dengan penurunan kadar trigliserida. Menerapkan cara makan rendah karbohidrat dapat menyebabkan penurunan kadar trigliserida darah secara signifikan.

Baca juga: Praktis! Aktivitas Rumah ini Bisa Dilakukan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Hindari Lemak Trans

Tak banyak yang tahu bahwa makanan yang diolah dengan cara dipanggang atau digoreng ternyata menghasilkan lebih banyak lemak trans yang dapat meningkatkan kadar trigliserida. Sifatnya yang meradang pun membuat lemak trans bisa menyebabkan peningkatan risiko kadar kolesterol jahat meningkat dan berujung pada munculnya penyakit jantung. Olehnya itu, selalu hindari proses pengolahan makanan agar kamu terbebas dari lemak trans.

Konsumsi Lebih Banyak Serat

Adapun cara menurunkan lemak darah secara alami, yakni dengan mengonsumsi lebih banyak serat yang dapat dengan mudah ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Sumber serat baik lainnya termasuk kacang-kacangan, sereal, dan polong-polongan. Menambahkan lebih banyak serat ke dalam makananmu dapat menurunkan penyerapan lemak dan gula di usus kecil, sehingga membantu menurunkan jumlah trigliserida dalam darah.

Selain menerapkan cara menurunkan lemak darah secara alami, kamu juga perlu mengonsumsi Nestlé  ACTICOR. Minuman ini mengandung susu yang di dalamnya ada serat pangan larut yang berasal dari beta glucan bersumber dari oat dan inulin yang bersumber dari chicory.

Serat pangan larut dan inulin dapat membantu penurunan kolesterol jahat (LDL) yang erat kaitannya dengan lemak darah. Apalagi Nestlé ACTICOR sendiri termasuk minuman yang rendah lemak.

Nikmati Nestle ACTICOR lewat empat varian rasa, antara lain Avocado, Chocolate, Green-Tea Latte, dan Banana. Nestlé ACTICOR sebaiknya dikonsumsi 2x sehari setelah makan. Kamu bisa juga mengonsumsinya dalam kondisi dingin.

Di pasaran kamu bisa menemukan Nestlé ACTICOR dalam dua jenis, yaitu dijual satuan atau multipack isi 4 botol. Harga Nestlé ACTICOR satuan dijual Rp 6.800 per botol. Untuk harga susu ACTICOR multipack dijual Rp 27.200 per pack.  (Harga di setiap toko bisa berbeda dan disesuaikan dengan kebijakan masing- masing toko).

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!