Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami Sejak Usia Muda

Tidak ada jaminan jika orang yang berusia muda pasti tidak mengalami berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah kolesterol tinggi. Apalagi sekarang dengan tuntutan pekerjaan yang bisa membuat stres, banyaknya makanan lezat yang tinggi lemak jenuh dijual di pasaran dan kemudahan untuk memperolehnya dengan membeli secara online, membuat anak muda akan berisiko mengalami kolesterol tinggi.

Load more

Coba sekarang kita cari tahu apa saja penyebab dan cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang bisa dilakukan.

Penyebab Kolesterol Tinggi Di usia Muda

Kolesterol tinggi di usia muda disebabkan beberapa gaya hidup seperti berat badan berlebih, kebiasaan merokok, kondisi penyakit tertentu, malas berolahraga dan aktif bergerak, mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans terlalu banyak, risiko keturunan, dan sering mengalami stres berlebih.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami Sejak Usia Muda

Mengonsumsi Ikan Maksimal Tiga Kali dalam Satu Minggu

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang pertama adalah dengan memilih konsumsi ikan daripada mengonsumsi terlalu banyak daging merah. Beberapa jenis ikan yang dipercaya bisa membantu menurunkan kolesterol adalah ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden. Ketiganya mengandung Omega-3 yang bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida, dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Omega-3 juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan meminimalisir risiko penggumpalan darah.

Cara memasak ikan juga perlu diperhatikan. Hindari menggoreng dengan cara deep frying karena dapat menambah asupan lemak trans, sehingga  memicu kolesterol tinggi juga dapat menghilangkan nutrisi yang ada dalam ikan. Lebih baik dipanggang, direbus atau dibuat sup. . Disarankan untuk makan ikan-ikan di atas cukup tiga kali dalam seminggu.

Baca juga: Jenis Ikan yang Baik untuk Diet Penderita Kolesterol

Gunakan Bahan Rendah Lemak Sebagai Saus dan Topping

Saat ini biasanya saus, topping, dan dressing seperti mayones yang ada di makanan bisa menambah jumlah lemak tidak sehat masuk dalam tubuh. Jika kamu gemar makan sandwich dan salad bisa gunakan minyak zaitun, saus apel dan greek yoghurt yang lebih rendah lemak untuk mempertahankan tekstur creamy.

Baca juga: Cara Menurunkan Kadar Kolesterol dengan Memerhatikan Konsumsi Lemak Sehat

Lakukan Medical Check-Up

Meski masih muda, kamu perlu melakukan medical check-up secara rutinSalah satu yang bakal diperiksa adalah berapa kadar kolesterol kamu dan apakah ada risiko mengidap penyakit kardiovaskular seperti jantung, dan strok. Jika memang kadar kolesterolmu tinggi, dokter pasti akan memberikan anjuran untuk menurunkan kolesterol.

Ikuti saja apa yang disarankan, karena dokter pasti sudah menyesuaikan dengan kondisi kesehatan kamu. Setelah melakukan medical check-up, perlu tanyakan pada dokter kapan baiknya untuk diperiksa kembali.

Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Memiliki Kandungan Beta Glucan dan Inulin

Beta glucan dan inulin merupakan serat larut air yang memiliki kemampuan untuk bantu turunkankolesterol. Contoh makanan yang mengandung beta glucan, yakni biji-bijian seperti gandum. Sementara inulin merupakan jenis serat yang biasanya ada pada sayuran dan bahan nabati.

Selain itu, kandungan beta-glukan dan inulin juga dapat ditemukan dalam minuman Nestlé ACTICOR. Kedua kandungan telah teruji klinis dapat menurunkan kolesterol jahat secara alami. 

Kamu bisa mengonsumsi 4 varian rasa Nestlé ACTICOR, yakni Banana, Chocolate, Avocado, dan Green Tea Latte. Nestlé ACTICOR sebaiknya dikonsumsi 2 kali sehari setelah selesai makan.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Baca juga: Tips Menurunkan Kolesterol dengan Konsumsi Makanan & Minuman Sehat

Selain itu, Beta glucan dan inulin juga dapat ditemukan pada minuman Nestle ACTICOR. Kedua kandungan ini telah teruji klinis dapat bantu menurunkan kolesterol jahat secara alami