Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Bantu Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Ketahui Manfaat Serat Bagi Kesehatan

Serat merupakan kandungan karbohidrat yang ada pada makanan sumber nabati dan tidak dapat dicerna oleh tubuh. Alhasil, senyawa ini hanya akan melewati usus dan keluar bersama feses. Kemudian, proses ini nantinya akan membawa manfaat bagi pencernaan, kadar gula darah dan tekanan darah, menurunkan kolesterol secara alami, serta mampu kurangi risiko beberapa penyakit tertentu.

Load more

Menurunkan kolesterol secara alami

Manfaat-manfaat inilah yang menjadikan serat sebagai salah satu kandungan yang populer atau diminati banyak orang. Meskipun begitu, ternyata tidak banyak yang tahu kalau sebenarnya serat sendiri terdiri dalam dua jenis, yaitu serat yang larut air (soluble fiber) dan serat yang tidak larut air (insoluble fiber).

Ingin tahu apa itu serat larut air dan serat tidak larut air? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Serat Larut Air (Soluble FIber)

Serat jenis ini merupakan serat yang bisa larut dalam air dan berbentuk seperti gel. Salah satu fungsi utamanya adalah dapat membawa cairan ke pencernaan dan menjadikan feses lebih lembut serta proses buang air besar (BAB) yang lebih lancar.

Bukan hanya itu saja, serat larut air juga terbukti secara klinis mampu membantu menurunkan kolesterol secara alami dalam darah. Serat larut air sering kali terdapat di dalam kandungan apel, jeruk, kacang-kacangan, serealia seperti oat dan barley, pir, dan wortel.

Serat Tidak Larut Air (Insoluble FIber)

Seperti namanya, jenis serat ini tidak larut air. Peran utamanya adalah kemampuannya dalam mendorong sistem pencernaan dan meningkatkan massa feses, menjadikannya lebih padat. Maka dari itu, kandungan ini sangat baik untuk kamu yang sedang mengalami sembelit atau buang air besar tidak teratur.

Pada dasarnya, hampir semua sayuran mengandung serat larut dan juga serat tidak larut air. Namun, kamu mungkin akan menemukan kandungan serat tidak larut air yang lebih tinggi pada kentang, dedak gandum, kembang kol, serta kacang-kacangan, seperti kacang polong dan kacang tanah.
 

Baca juga: Kenalan dengan Beta Glucan dan Inulin Sebagai Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Ada beberapa manfaat serat untuk kesehatan, seperti kemampuannya dalam menurunkan kolesterol secara alami. Namun, untuk tahu manfaat-manfaat lain secara lebih lengkap, simak informasinya berikut ini!

Membantu Menjaga Kesehatan Usus

Apa yang membuat serat dikenal baik untuk pencernaan? Ternyata kandungan ini mampu meningkatkan berat dan ukuran dari feses karena ia mampu menyerap air, mempercepat pergerakan kotoran di usus, menjadikan feses lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan. 

Makanan rendah serat menghasilkan feses yang keras dan kering sehingga susah untuk dikeluarkan. Nantinya, kamu membutuhkan peningkatan tekanan saluran cerna yang besar untuk dapat mengeluarkannya. Inilah alasannya para penderita gangguan BAB sangat dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi serat.

Tapi, tidak hanya sebatas itu saja! Melakukan diet tinggi serat pun bisa mengurangi risiko mengidap penyakit divertikular (infeksi pada saluran pencernaan, khususnya pada usus besar), kanker kolorektal (jenis kanker yang ada di usus besar), dan juga wasir.

Kontrol Kadar Gula Darah

Para pengidap diabetes juga disarankan untuk mengonsumsi serat khususnya dalam bentuk serat larut air. Hal ini bukanlah tanpa alasan, loh! Faktanya serat larut air bisa membuat penyerapan gula oleh tubuh jadi lebih lambat, sehingga menghindarkan kamu dari kadar gula darah yang naik atau terlalu tinggi.

Sementara itu, bila melakukan diet sehat dengan mengonsumsi makanan serat tidak larut, kamu bisa meminimalisir risiko penyakit diabetes tipe 2. Makanan berserat tinggi pun memiliki nilai indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan makanan yang kurang kandungan seratnya. Perlu kamu ketahui bahwa indeks glikemik adalah cara penentuan seberapa besar efek karbohidrat pada makanan pada kadar gula darah.

Jaga Kadar Tekanan Darah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, serat bisa jadi cara menurunkan kolesterol secara alami. Namun, ternyata manfaat serat bagi kesehatan jantung bukan hanya itu saja karena kamu juga bisa menjaga kadar tekanan darah lewat diet tinggi serat. Kemudian, manfaat ini akan lebih mudah dioptimalkan jika makanan berserat tersebut juga mengandung magnesium, kalsium dan juga kalium.

Berat Badan Jadi Lebih Terkontrol

Serat mampu memperlambat penyerapan nutrisi dan membuat rasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit sepanjang hari. Hal inilah yang membuat berat badan jadi lebih terkontrol. Makanan berserat juga rendah kalori, sehingga kalori yang masuk ke tubuh tidak terlalu banyak. Tentunya kedua kandungan ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan untuk alasan kesehatan tertentu.

Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Risiko Penyakit Jantung

Sebelumnya, kita telah menyebutkan manfaat serat dalam menurunkan kolesterol secara alami. Memang benar, jika berbicara soal manfaat serat, kita tidak bisa melupakan manfaat yang satu ini. Pasalnya, serat dalam bentuk larut air telah teruji secara klinis mampu membuat kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) yang ada dalam darah menurun.

Selain itu,  mengonsumsi serat sebanyak 7 gram setiap hari dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 9%. Hal ini disebabkan oleh kemampuan serat dalam menurunkan kolesterol secara alami dengan mengeluarkannya bersama dalam bentuk feses sebelum kolesterol menyumbat pembuluh darah.

Ingin cara yang mudah untuk konsumsi serat larut? Kamu juga bisa minum Nestlé ACTICOR yang di dalamnya mengandung serat pangan larut berupa beta glucan yang berasal dari oats dan inulin yang diperoleh dari chicory. Keduanya sudah teruji klinis menurunkan kolesterol jahat secara alami, loh!

Nestlé ACTICOR tersedia dalam 4 varian yang lezat, yakni Chocolate, Banana, Green Tea Latte, serta Avocado. Kenikmatan dan kebaikan Nestlé ACTICOR ini baik untuk kamu konsumsi 2 kali sehari setelah selesai makan.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!
 

Baca juga: Manfaat Green Tea, Teh yang Bantu Menurunkan Kolesterol dalam Darah