Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Bantu Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Ketahui Manfaat Serat Bagi Kesehatan

Serat menjadi kandungan yang ada pada makanan sumber nabati dan tidak dapat dicerna oleh tubuh. Senyawa ini hanya melewati usus dan keluar bersama feses. Serat sendiri terdiri dalam dua jenis, yaitu serat yang larut air dan serat yang tidak larut air.

Load more

Menurunkan kolesterol secara alamiSerat Larut Air

Serat jenis ini merupakan serat yang bisa larut dalam air dan berbentuk seperti gel. Salah satu fungsi utamanya, yakni mampu membantu menurunkan kolesterol secara alami dalam darah. Serat larut air sering kali terdapat di dalam kandungan apel, jeruk, kacang-kacangan, serealia seperti oat dan barley, pir, dan wortel.

Serat Tidak Larut Air

Seperti namanya, jenis serat ini tidak larut air. Peran utamanya bisa mendorong sistem pencernaan dan meningkatkan massa feses. Kandungan ini baik untuk kamu yang sedang mengalami sembelit atau buang air besar tidak teratur. Kelompok kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang tanah, kentang, dedak gandum dan kembang kol menjadi beberapa contoh makanan serat tidak larut air.

Baca juga: Kenalan dengan Beta Glucan dan Inulin Sebagai Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Ada beberapa manfaat serat untuk kesehatan, salah satunya menurunkan kolesterol secara alami. Untuk tahu lebih lengkapnya, simak informasinya berikut ini!

Membantu Menjaga Kesehatan Usus

Apa yang membuat serat dikenal baik untuk pencernaan? Ternyata kandungan ini mampu meningkatkan berat dan ukuran dari feses karena ia mampu menyerap air, mempercepat pergerakan kotoran di usus, menjadikan feses lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan. Makanan rendah serat menghasilkan feses yang keras dan kering sehingga susah untuk dikeluarkan, dan membutuhkan peningkatan tekanan saluran cerna yang besar untuk mengeluarkannya. Itulah alasannya jika kamu mengalami sulit Buang Air Besar (BAB) dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi serat.

Melakukan diet tinggi serat pun bisa mengurangi risiko mengidap penyakit divertikular (infeksi pada saluran percernaan, khususnya pada usus besar), kanker kolorektal (jenis kanker yang ada di usus besar), dan wasir.

Kontrol Kadar Gula Darah dan Tekanan Darah

Bagi pengidap diabetes disarankan untuk mengonsumsi serat khususnya dalam bentuk serat larut air, bukan tanpa alasan, loh. Serat larut air bisa membuat penyerapan gula oleh tubuh lebih lambat, sehingga menghindarkan dari naiknya kadar gula darah.

Sementara bila melakukan diet sehat dengan mengonsumsi makanan serat tidak larut bisa meminimalisir risiko penyakit diabetes tipe 2. Makanan berserat tinggi pun memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan makanan yang kurang kandungan seratnya. Serat juga bagus mencegah tekanan darah melonjak berkat makanan yang mengandung magnesium, kalsium, dan kalium.

Berat Badan Jadi Lebih Terkontrol

Serat mampu memperlambat penyerapan nutrisi dan membuat rasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit sepanjang hari. Hal inilah yang membuat berat badan jadi lebih terkontrol. Makanan berserat juga rendah kalori, sehingga kalori yang masuk ke tubuh tidak terlalu banyak.

Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Risiko Penyakit Jantung

Berbicara soal manfaat serat jangan lupakan kemampuannya untuk menurunkan kolesterol secara alami. Serat dalam bentuk larut air membuat kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) yang ada dalam darah menurun.

Selain itu,  mengonsumsi serat sebanyak 7 gram setiap hari dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 9%. Hal ini disebabkan oleh kemampuan serat dalam menurunkan kolesterol secara alami dengan mengeluarkannya bersama dalam bentuk feses sebelum kolesterol menyumbat pembuluh darah.

Kamu juga bisa minum Nestlé ACTICOR, yang di dalamnya mengandung serat pangan larut berupa beta glucan yang berasal dari oats dan inulin yang diperoleh dari chicory. Keduanya sudah teruji klinis menurunkan kolesterol jahat secara alami.

Tersedia dalam 4 varian yang lezat, yakni Chocolate, Banana, Green Tea Latte, serta Avocado. Kenikmatan dan kebaikan Nestlé ACTICOR juga baik untuk kamu konsumsi 2 kali sehari setelah selesai makan.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Baca juga: Manfaat Green Tea, Teh yang Bantu Menurunkan Kolesterol dalam Darah