Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol yang Bisa Diterapkan di Rumah

Tekanan darah tinggi dan kolesterol merupakan kondisi yang berbeda, namun keduanya sama-sama bisa mengganggu kesehatan seseorang. Tekanan darah tinggi merupakan kekuatan aliran darah yang berasal dari jantung dengan memberikan dorongan pada pembuluh darah.

Load more

Kemudian kekuatan tekanan darah tersebut akan menunjukkan jumlah yang berbeda dan cukup dipengaruhi oleh aktivitas yang dilakukan. Seseorang dikatakan punya tekanan darah tinggi jika angkanya lebih dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Sementara seseorang dikatakan memiliki darah normal jika tekanannya berada di angka 120/80 mmHg.

Orang yang mempunyai kolesterol normal ditandai dengan jumlah kolesterol kurang dari 200 mg/dL. Namun jika angka ini mencapai 200-239 mg/dL, maka sudah termasuk ke dalam batas tinggi. Apabila angka menunjukkan 240 mg/dL bahkan lebih sudah dikatakan kolesterol tinggi.

Baik hipertensi maupun kolesterol sama-sama menjadi penyebab beberapa gangguan kesehatan, seperti gagal ginjal, gagal jantung, penyakit jantung koroner, dan strok.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol

Sebenarnya cara menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol hampir sama, seperti perlu melakukan olahraga teratur, hindari stres, kontrol berat badan, mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, hindari rokok dan konsumsi alkohol.

Hanya saja ada sedikit perbedaan dari sisi jenis makanan yang perlu dihindari dan dikonsumsi.  Yuk simak cara menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol yang bisa kamu terapkan di rumah lewat makanan yang dipilih.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mengurangi Makanan yang Mengandung Garam Tinggi

Untuk bantu turunkan kadar darah yang tinggi, kamu bisa membatasi konsumsi makanan yang mengandung garam, baik itu makanan kaleng, camilan, dan masakan. Hal ini disebabkan oleh tingginya asupan  garam yang diperoleh tubuh, sehingga memicu naiknya tekanan darah.

Baca juga: Deteksi Dini Darah Tinggi dan Kolesterol dengan Cara Ini

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Konsumsi Makanan Rendah Lemak

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang rendah lemak jenuh. Makanan rendah lemak seperti ayam, daging sapi tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan dan polong-polongan, putih telur, susu rendah lemak, tempe, dan tahu. Batasi juga konsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng.

Perbanyaklah Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3

Kandungan Omega-3 di dalam makanan sangat membantu kadar kolesterol dan trigliserida yang ada dalam darah jadi lebih menurun. Kamu bisa mengonsumsi biji chia, kacang kenari, ikan salmon, tuna, makerel, dan sarden.

Carilah Makanan atau Minuman yang Memiliki Kandungan Serat Larut

Serat larut biasanya akan membentuk zat yang serupa dengan gel tebal di lambung. Gel berserat itu lalu dipecah dengan bantuan bakteri di usus besar, sehingga akan menghasilkan kalori.  Serat larut juga mampu menempel pada kolesterol, sehingga akan membuat kolesterol tidak diserap dan kemudian dapat dikeluarkan dari tubuh.

Makanan atau minuman yang mengandung serat larut, seperti alpukat, apel, biji rami, brokoli, gandum, kacang merah, lobak, pir, ubi jalar, dan wortel  juga sangat direkomendasikan  dikonsumsi sehari-hari untuk bantu turunkan kolesterol.

Itu tadi cara menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol yang bisa dilakukan di rumah dengan memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Kamu juga bisa mengonsumsi Nestle ACTICOR setiap hari untuk bantu turunkan kolesterol jahat. 

Di dalam Nestle ACTICOR terdapat Beta Glucan dan Inulin yang teruji klinis mampu memperbaiki profil LIPID dengan memengaruhi metabolisme LIPID dan asam empedu. Nestlé ACTICOR terbuat dari bahan alami dan rendah lemak dengan empat rasa yang nikmat, yakni Green-Tea Latte, Avocado, Chocolate, dan Banana. Nestlé ACTICOR diperuntukkan bagi orang dewasa yang berumur di atas 18 tahun dan peduli terhadap kesehatan tubuhnya. Konsumsilah Nestlé ACTICOR 2 kali sehari setelah makan.

ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol.

Baca juga: Punya Darah Tinggi dan Kolesterol? Ini Cara Alami Menurunkan Keduanya