Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Jenis Ikan yang Baik untuk Diet Penderita Kolesterol

Daging merah menjadi salah satu makanan yang bisa picu kolesterol bila terlalu banyak dikonsumsi dan salah dalam mengolahnya. Maka dari itu, makanan satu ini sering dijadikan penyebab naiknya kolesterol jahat.

Load more

Bagi kamu yang saat ini sedang berusaha mengurangi konsumsi daging, bisa mencoba konsumsi ikan. Namun bukan sembarang ikan. Ada beberapa jenis ikan yang baik untuk diet penderita kolesterol. Mau tahu apa saja jenis ikan tersebut? Mari simak informasinya di bawah ini, ya.

Ikan Salmon

Kamu pasti sudah tahu jika ikan salmon dikenal sebagai salah satu makanan yang cukup menyehatkan, termasuk bagus sebagai hidangan diet penderita kolesterol. Di dalamnya kaya dengan kandungan omega-3 yang dipercaya bisa bantu membuat kolesterol baik meningkat dan kolesterol jahat jadi menurun. Omega 3 juga bisa mengurangi risiko pembekuan darah, peradangan serta menjaga kesehatan jantung. Tapi bukan hanya omega-3 saja. Di dalam ikan salmon juga ada kandungan kalium, selenium, dan vitamin B12 yang baik bagi kesehatan tubuh.

Ikan Mackerel

Manfaat mengonsumsi ikan mackerel, yakni bantu tekanan darah tinggi jadi menurun. Sehingga bila ikan makarel masuk ke dalam diet penderita kolesterol bisa membuat tekanan darah lebih terkontrol dan menurunkan terjadinya risiko penyakit jantung.

Baca juga: Sering Disangka Sehat, Ternyata 5 Makanan Ini Tinggi Kolesterol

Ikan Sarden

Ternyata ikan sarden juga termasuk makanan baik untuk diet penderita kolesterol. Selain karena ada asam lemak omega-3 yang bagus untuk jantung, di dalamnya ada kandungan vitamin B12, yang bisa menekan kemungkinan terjadinya penyakit jantung.

Ikan Tuna

Ikan tuna juga bisa kamu masukkan dalam menu diet penderita kolesterol. Ikan ini juga mengandung asam lemak omega-3 di mana selain menjaga kesehatan jantung, kandungan ini bisa mengurangi trigliserida yang terdapat pada darah, mengurangi risiko plak menumpuk pada arteri, dan mengurangi risiko detak jantung tidak teratur.

Ikan Herring

Menu diet penderita kolesterol juga bisa terbuat dari ikan herring. Ikan ini bisa bantu meningkatkan kolesterol baik. Di dalamnya ada kandungan kalium yang berfungsi untuk membuat sel-sel saraf bekerja dengan baik.

Cara Mengolah Ikan yang Benar untuk Diet Penderita Kolesterol

Meskipun ikan-ikan di atas bisa menjadi menu diet penderita kolesterol, kamu tetap harus memerhatikan cara mengolahnya.

  1. Sebaiknya jangan menggoreng ikan karena bisa mengurangi nutrisi omega-3nya. Baiknya olah saja ikan dengan cara dijadikan sup, kukus, atau dipanggang agar tidak menambah lemak yang tidak sehat
  2. Bila memang ingin menggoreng ikan, pastikan tidak ada kandungan minyak terhidrogenasi dan lemak trans
  3.  Hindari menggoreng dengan cara deep frying. Sebaiknya diolah dengan cara ditumis atau shallow frying (menggoreng menggunakan sedikit minyak. Biasanya cara memasak ini cocok untuk bahan pangan yang disayat tipis dan menumis saja)
  4. Hindari memanaskan ulang atau memakai kembali minyak goreng yang sudah dipakai sebelumnya
  5. Harap untuk menyimpan minyak goreng sehat di tempat yang tidak terpapar sinar matahari untuk menghindari teroksidasi
  6. Konsumsi juga ikan-ikan di atas maksimal tiga kali dalam seminggu saja

Selain memerhatikan makanan yang dikonsumsi, pastikan kamu minum minuman penurun kolesterol. Salah satu yang bisa dipilih adalah Nestlé ACTICOR. Di dalamnya ada kandungan serat larut beta glucan yang diperoleh dari oats serta Iinulin dari akar chicory, yang sudah teruji klinis dapat bantu turunkan kolesterol. Kamu bisa menikmati empat varian yang dimiliki Nestlé ACTICOR, yakni Green Tea Latte, Banana, Chocolate, dan Avocado dan mengonsumsinya 2 kali sehari setelah makan.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Baca juga: Tak Boleh Berlebihan, 4 Seafood Ini Bisa Jadi Makanan Pemicu Kolesterol