Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Cara Mengobati Kolesterol dengan Bahan-Bahan Alami

Ada berbagai macam cara mengobati kolesterol secara alami yang bisa kamu lakukan. American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk rutin berolahraga, menjaga berat badan, serta berhenti merokok. Namun selain itu, AHA juga merekomendasikan semua orang untuk mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk kesehatan, terutama kesehatan jantung.

Load more

cara mengobati kolesterol secara alamiBerikut adalah beberapa bahan-bahan yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengobati kolesterol secara alami!

1. Alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan dua kandungan yang ada di dalamnya, yaitu serat dan juga lemak tak jenuh tunggal. Keduanya dapat membantu menurunkan kolesterol jahat LDL (low-density lipoproteins) serta kolesterol baik HDL (high-density lipoproteins).

LDL mampu mengakibatkan kadar kolesterol pada tubuh meningkat, sedangkan HDL berguna untuk mengontrol kadarnya dengan membawa kolesterol berlebih ke liver untuk diproses. Maka dari itu, penurunan LDL serta peningkatan HDL dapat menurunkan total kolesterol secara signifikan.

Kamu bisa mengonsumsi alpukat dengan berbagai cara. Sebagai contoh adalah dengan mengonsumsinya secara langsung, mengoleskannya ke roti, dijadikan sebagai guacamole (dipping sayuran dengan bahan utama alpukat), atau dicampurkan pada mangkuk salad.

2. Bawang Bombay

Bahan yang satu ini sangat enak dikonsumsi dengan saus bolognese dan juga pasta. Tapi selain itu, bawang bombay rupanya juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu manfaatkan sebagai cara mengobati kolesterol secara alami.

Bawang bombay melakukannya dengan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL serta trigliserida. Perlu diketahui bahwa kolesterol jahat LDL dan trigliserida merupakan penyebab tersumbatnya arteri, yang mampu mengakibatkan stroke serta serangan dan penyakit jantung.

Cara mengonsumsi bawang bombay terbilang mudah karena berbagai macam budaya telah menggunakan sayurang satu ini, misalnya Italia dengan saus bolognese. Tapi ingat, jika kamu ingin meraih manfaat bawang bombay lewat menu seperti, pastikan bahan-bahan lainnya tempat jadikan menu yang kamu buat heart-healthy atau baik untuk kesehatan jantung. Contohnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun saat memasak saus bolognese serta jamur sebagai pengganti dagingnya.

Cuka Apel dan Buah Apel

Mengonsumsi buah apel juga merupakan salah satu cara mengobati kolesterol secara alami. Pertama, hal ini dikarenakan kandungan serat pangan pektin yang ada di dalamnya yang mampu turunkan kolesterol hingga 10%. Kemudian, jika sudah diproses menjadi cuka apel, mengonsumsinya juga dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat LDL serta meningkatkan kolesterol baik HDL.

Untuk mengonsumsi cuka apel, kamu dapat mencampurkan sekitar 1 hingga 2 sendok makan dengan segelas air. Kemudian, untuk apel, kamu juga bisa mengonsumsinya dengan cara yang mudah, seperti memakan langsung atau menjadikannya jus apel.

Daun Seledri

Semua orang tahu bahwa mengonsumsi sayuran hijau akan membawa manfaat bagi kesehatan dalam jangka panjang. Maka dari itu, banyak dari kita yang gemar mencampurkannya pada berbagai menu masakan, seperti bakso atau sop ayam. Namun, tahukah kamu bahwa daun seledri memiliki manfaat khusus, yakni sebagai cara mengobati kolesterol secara alami?

Menurut riset yang dilakukan oleh University of Chicago, kandungan senyawa kimia organik phthalide pada sayuran hijau ini mampu turunkan kolesterol jahat atau LDL hingga 7% jika dikonsumsi setiap hari dan sebanyak 4 tangkai. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara dijadikan smoothie atau memasukkannya pada masakan sehari-hari.

Nah, itulah tadi beberapa bahan-bahan yang bisa dikonsumsi sebagai cara mengobati kolesterol alami. Kesimpulannya, bahan-bahan di atas bermanfaat untuk kolesterol karena kandungan-kandungan sehat yang ada di dalamnya.

Namun, pastikan juga untuk mengonsumsinya secara rutin dan bersamaan dengan pola hidup yang baik, seperti dengan memeriksa kadar kolesterol secara berkala, berolahraga yang teratur, tidak merokok, serta mengonsumsi makanan rendah kandungan lemak jenuh serta kolesterol. Dengan begitu, kamu pun dapat menurunkan kolesterol secara signifikan.

Tapi, berapakah kadar kolesterol yang baik yang harus kamu raih? Saat memeriksa darah di rumah sakit, kamu akan mendapatkan penjelasan apakah kadar kolesterol pada tubuh sudah cukup normal atau harus ditingkatkan. Namun, panduan singkat ini bisa menjadi acuan dasar.

● Total Kolesterol

Saat menerima hasil pemeriksaan kadar kolesterol, perhatikan kadar total kolesterol terlebih dahulu. Kadar ini mencakup segala kolesterol yang ada di darah, baik yang dibawa oleh LDL maupun HDL. Apabila kadarnya berada di atas 200 mg/dL, tandanya kamu memang perlu menerapkan cara mengobati kolesterol secara alami lewat pola hidup sehat.

● LDL (Low-density Lipoproteins)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, LDL dianggap sebagai kolesterol jahat. Hal ini karena kolesterol yang dibawa oleh lipoprotein jenis ini akan berisiko menyumbat arteri dan mengakibatkan serangan jantung atau stroke. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena dengan pola hidup sehat dan cara mengobati kolesterol secara alami, bukan tidak mungkin kadar LDL menjadi menurun hingga kadar normalnya, yakni di bawah 100 mg/dL.

● HDL (High-density Lipoproteins)

Adapun yang dimaksud sebagai HDL atau kolesterol baik adalah lipoprotein yang mengangkut kolesterol ke organ hati. Setelah sampai di organ hati, kolesterol akan diproses untuk keluar dari tubuh. HDL inilah yang mampu untuk mengurangi kadar total kolesterol serta mengurangi risiko berbaga penyakit jantung dan stroke. Jadi, usahakan kadarnya jauh di atas 60 mg/dL, ya!

● Trigliserida

Pada dasarnya, senyawa ini bukanlah kolesterol, namun tetap memiliki hubungan. Hubungan yang dimaksud di sini adalah bagaimana keduanya mampu menghambat arteri jika dibiarkan dalam jumlah tertentu.

Persamaan selanjutnya yang mungkin sudah kamu pahami adalah bagaimana beberapa cara mengobati kolesterol secara alami juga merupakan cara menurunkan trigliserida. Oleh karenanya, perhatikan juga apakah upaya kamu selama ini mampu mengurangi senyawa ini hingga dalam kadar normalnya, yakni di bawah 150 mg/dL.

Selanjutnya, untuk bantu turunkan kolesterol, kamu juga bisa mengonsumsi Nestlé ACTICOR sebanyak 2x sehari setelah makan. Nestlé ACTICOR mengandung serat larut inulin yang diperoleh dari akar chicory serta serat larut beta-glucan yang diambil dari oat. Keduanya mampu bantu kamu turunkan kolesterol jahat LDL.

Nestlé ACTICOR hadir dalam 4 varian rasa yang bisa kamu pilih, antara lain Chocolate, Green-Tea Latte, Banana, serta Avocado. Semua varian ini menjadikan upaya menurunkan kolesterol jadi semakin mudah dan lezat!

ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!