Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Maksimalkan Manfaat Puasa dengan Pola Makan Sehat saat Ramadhan

Penerapan dari gaya hidup bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Pasalnya, gaya hidup memang bertujuan untuk menunjang aktivitas sehari-hari serta kondisi kesehatan pribadi. Sebagai contoh, orang yang beraktivitas padat tentu butuh asupan energi yang lebih banyak dan orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu mungkin perlu menghindari beberapa jenis makanan.

Load more

Nah, walau begitu, semua orang perlu beradaptasi ketika bulan Ramadhan datang. Pasalnya, berpuasa di bulan suci ini mewajibkan kita menjalani waktu berjam-jam tanpa makan maupun minum. Tentu hal ini menuntut kita membangun pola makan sehat saat Ramadhan agar bisa lebih mampu menjalani puasa.

 

Lantas, apa saja yang bisa kamu lakukan guna menjaga kesehatan pola makan dan meraih manfaat Ramadhan secara maksimal? Berikut beberapa langkah-langkah yang perlu diperhatikan!

 

Perbanyak Cairan

Tubuh membutuhkan cairan agar tetap sehat dan menjalankan berbagai fungsi, seperti melindungi jaringan tubuh, melancarkan pencernaan, serta membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi. Selain itu, memenuhi kebutuhan cairan harian juga penting agar kamu terhindar dari berbagai penyakit, seperti batu ginjal dan juga gagal ginjal.

 

Perlu diketahui bahwa berpuasa di bulan Ramadhan sebenarnya tidak menimbulkan dampak buruk pada kesehatan ginjal. Namun, hal ini bukan berarti kamu tidak butuh banyak air minum setelah berpuasa seharian. Kamu tetap tetap membutuhkan cairan tersebut sebab menurut World Health Organization (WHO) setiap orang perlu minum air setidaknya sebanyak 10 gelas dari saat berbuka hingga sahur agar dapat mengganti cairan yang hilang selama berpuasa.

 

Berbuka dan Sahur dengan Sayuran

Salah satu hal yang perlu dicatat mengenai puasa adalah bahwa aktivitas ibadah ini tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sistem imun tubuh. Bahkan, pada riset yang dilakukan oleh University of Hail di Arab Saudi menjelaskan bahwa tingkat sitokin yang menyebabkan peradangan (proinflammatory cytokines) akan berkurang setelah 2 minggu lebih berpuasa. Selain itu, sistem imun bakal lebih membaik.

 

Namun begitu, pola makan sehat saat Ramadhan juga dapat membantumu memperbaiki sistem imun. Seperti yang tertera pada judul poin di atas, kamu bisa makan sayuran saat berbuka dan sahur. Yang jelas, pastikan menu-menu yang kamu buat mengandung sayuran yang banyak antioksidannya, seperti brokoli dan bayam.

 

Kurangi Mengonsumsi Lemak

WHO juga merekomendasikan untuk mengurangi konsumsi makanan berlemak, seperti pada daging yang penuh lemak, selama kamu berpuasa. Bukan hanya itu, proses menggoreng dalam mengolah makanan tidak direkomendasikan. Gantilah proses tersebut dengan menggunakan cara lain, misalnya mengukus atau menumis.

 

Nah, agar lebih sehat, kamu bisa makan daging yang mengandung lemak tak jenuh, seperti pada salmon dan udang. Keduanya kaya akan Omega-3 yang mana bermanfaat bagi kesehatan kamu, terutama jika kamu sedang mencari cara mengobati kolesterol secara alami. Beberapa di antaranya adalah menurunkan trigliserida serta meningkatkan kolesterol baik high-density lipoproteins (HDL).

 

Perbanyak Asupan Serat Larut (Soluble Fiber)

Bukan cuma itu saja, berpuasa ternyata juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat low-density lipoproteins (LDL) hingga 25%. Jadi, bisa dibilang berpuasa pun merupakan salah satu cara mengobati kolesterol berlebih secara alami.

 

Namun, tahukah kamu upaya menurunkan kolesterol juga bisa kamu optimalkan dengan pola makan sehat saat Ramadhan ini? Salah satunya adalah dengan mengonsumsi serat larut. Pasalnya, serat jenis ini dapat mengikat kolesterol yang telah kita konsumsi sehingga tidak diserap tubuh. Kemudian, serat larut juga berfungsi untuk mengurangi LDL yang sudah ada di tubuh.

 

Demikian tadi beberapa alasan pentingnya menerapkan pola makan sehat saat Ramadhan. Apabila dijalankan dengan benar, bulan puasa tidak hanya dapat menjadi lancar, tetapi juga mampu membawa manfaat kesehatan yang bisa kamu rasakan di kemudian hari.

 

Termasuk jika kamu mempunyai kondisi kesehatan tertentu, misalnya kolesterol tinggi. Cara mengobati kolesterol secara alami sebetulnya membutuhkan disiplin dan juga kontrol khusus dari para ahli. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi Nestlé ACTICOR untuk bantu menurunkan kolesterol.

 

Nestlé ACTICOR diperkaya oleh beragam kandungan yang dapat membantu turunkan kadar LDL di tiap kemasannya, antara lain serat larut inulin yang berasal dari chicory serta beta glucan yang berasal dari kandungan oats.

 

Nikmati segala kebaikannya dalam 4 rasa lezat, antara lain Chocolate, Avocado, Green Tea Latte, dan juga Banana, yang baik untuk dikonsumsi 2 kali sehari setelah makan sahur dan berbuka puasa.

 

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!