Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Tambahkan 7 Jenis Sayuran Ini Ke Dalam Makanan Untuk Penderita Kolesterol!

Sudah bukan rahasia lagi jika penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Munculnya penyakit jantung punya kaitan erat dengan tingginya kadar kolesterol LDL atau jahat di dalam tubuh. Artinya, jika kadar kolesterol jahat sering meningkat, maka risiko penyakit jantung pun tak terhindarkan.

Load more

Nah, tidak banyak yang tahu bahwa beberapa makanan yang dikonsumsi sehari-hari, selain bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat, ternyata juga bisa mengurangi kadar kolesterol jahat. Salah satu di antara makanan tersebut adalah sayur-sayuran.


Makanan ini pun menjadi makanan untuk penderita kolesterol yang perlu dikonsumsi setiap hari. Dengan demikian, kesempatan untuk terbebas dari masalah kolesterol pun semakin besar. Lantas, apa saja sih sayuran yang perlu ditambahkan ke dalam makanan untuk para penderita kolesterol? Yuk, segera cari tahu 7 di antaranya berikut ini!

1. Kacang Polong

Salah satu jenis sayur-sayuran yang juga merupakan makanan untuk penderita kolesterol adalah kacang polong. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat larut di dalamnya yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Belum lagi kemampuannya untuk mencegah kolesterol jahat terserap ke dalam aliran darah dari usus.

Yang perlu dicatat, kacang polong membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya. Jadi, tidak perlu ngemil lagi setelah mengonsumsi kacang polong. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa kacang polong bisa dijadikan solusi untuk menurunkan berat badan berlebih.

2. Kacang Kedelai

Ternyata selain kacang polong, ada juga kacang kedelai yang berkhasiat untuk membantu penderita kolesterol menangani masalahnya. Meski belum ada hasil pasti, penelitian terbaru telah menunjukkan hasil yang positif. Analisis ini terkait dengan kandungan kacang kedelai yang bisa mengurangi kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Kacang jenis ini juga dikaitkan dengan kesehatan jantung.

3. Terong

Dilansir dari Medical News Today, sebuah penelitian terhadap terong pada 2014 dilakukan pada hewan pengerat. Hasilnya, asam klorogenat dan antioksidan di dalam terong mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit liver. Dengan demikian, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi terong yang merupakan makanan untuk penderita kolesterol tinggi.

4. Kangkung

Tahukah kamu bahwa sayur kangkung yang bisa ditemukan sehari-hari di pasar ternyata punya khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat? Hal ini disebabkan oleh adanya lutein dan karotenoid yang bertindak sebagai antioksidan untuk menghilangkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh yang mampu menyebabkan arteri mengeras.

5. Bawang Putih

Sayuran lain yang dapat dicampurkan ke dalam makanan untuk penderita kolesterol, yaitu bawang putih. Selama berabad-abad lamanya, bawang putih memang telah digunakan sebagai bahan masakan dan juga obat-obatan. Hal ini disebabkan oleh allicin dan senyawa aktif di dalamnya yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Baca juga: Tips Menurunkan Kolesterol dengan Konsumsi Makanan & Minuman Sehat

6. Bayam

Pada dasarnya, semua sayuran mengandung serat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Namun, bayam menjadi salah satu sayuran yang cukup banyak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan.

Salah satu tips untuk mempertahankan kemampuan bayam dalam mengatasi masalah kesehatan ini adalah dengan menyimpannya di lemari pendingin jika belum diolah. Pasalnya, varietas beku memiliki serat dan nutrisi yang sama banyaknya dengan yang segar.

7. Sayur Berdaun Hijau Tua

Meski kangkung dan bayam sudah disebutkan di awal, ternyata kelompok sayuran ini, yaitu sayur berdaun hijau tua punya kemampuan untuk mengatasi kolesterol jahat yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh kemampuan sayur berdaun hijau tua untuk mengikat asam empedu dan membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak kolesterol jahat.

Sama seperti kangkung, semua sayuran jenis ini punya lutein yang bisa menurunkan kadar kolesterol LDL yang teroksidasi dan dapat membantu mencegah kolesterol meningkat dinding arteri.

Nah, demikian tadi daftar jenis sayuran yang perlu dimasukkan ke dalam makanan untuk penderita kolesterol. Jika selama ini kamu juga sering kali mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh, maka segeralah untuk mengurangi konsumsi makanan seperti ini.

Menambahkan sayuran tersebut ke dalam makanan dan mengurangi lemak jenuh merupakan langkah tepat untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Selain mengonsumsi sayuran tersebut di atas, kamu juga perlu menerapkan beberapa tips menurunkan kolesterol, misalnya dengan melakukan olahraga teratur, istirahat yang cukup, menghindari stres, dan tidak merokok.

Kamu juga perlu mengonsumsi Nestlé ACTICOR. Diperkaya dengan kandungan serat larut Beta glucan yang diperoleh dari oats serta Inulin dari akar chicory yang sudah teruji klinis dapat membantu turunkan kolesterol. Kamu bisa mencoba empat varian yang dimiliki Nestlé ACTICOR, yakni Green Tea Latte, Chocolate, Avocado, dan Banana untuk diminum 2 kali sehari setelah makan.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Baca juga: Banyak Beli Makanan Tidak Sehat Selama di Rumah Saja? Hati-hati Picu Gejala Kolesterol Naik