Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Inspirasi Makanan Penurun Kolesterol Lezat yang Bisa Menemani Aktivitas Selama di Rumah

Meski kondisi saat ini sudah memasuki new normal, kita masih tetap diimbau untuk tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Artinya, waktu kita masih lebih banyak dihabiskan di rumah saja dan hal ini mungkin dapat menyebabkan rasa bosan.

Load more

Makanan penurun kolesterolNah, untuk mengusir kebosanan, tidak ada salahnya membuat makanan penurun kolesterol yang bisa disantap untuk temani aktivitas kamu selama di rumah. Seperti apa makanan tersebut, ya? Simak penjelasannya berikut ini!

Kriteria Pola Makan untuk Menurunkan Kolesterol

Sebelum mencari tahu seputar ide makanan penurun kolesterol, ada baiknya kamu mengetahui apa saja manfaat yang perlu dicari. Hal ini sangat penting karena dapat meningkatkan kesadaran kamu akan kandungan apa yang penting dan apa yang harus dikurangi. Berikut adalah kriteria makanan penurun kolesterol yang harus kamu dapatkan!

  • Rendah Kolesterol

Kandungan kolesterol pada makanan mungkin bukan faktor terbesar yang mempengaruhi kadar kolesterol pada tubuh. Tetapi, ada baiknya bagi kamu untuk menghindari makanan dengan kolesterol tinggi, seperti daging yang berlemak.

  • Mampu Turunkan Kolesterol Jahat

Low-density lipoproteins (LDL) atau “kolesterol jahat” merupakan lipoprotein yang membawa kolesterol di dalam tubuh. Nantinya, lipoprotein ini akan tingkatkan risiko kolesterol menempel di arteri dan menyumbat peredaran darah (aterosklerosis). Maka dari itu, carilah makanan yang dapat turunkan LDL ini.

  • Mampu Tingkatkan Kolesterol Baik

Sama seperti LDL, “kolesterol baik” atau high-density lipoproteins juga merupakan lipoprotein yang membawa kolesterol. Namun, kandungan yang satu ini mampu membawa kolesterol keluar dari tubuh, sehingga dapat menurunkan total kolesterol kamu.

  • Mampu Turunkan Trigliserida

Trigliserida merupakan kalori yang tersisa dan menjadi ekses serta sama-sama dapat menghambat arteri. Selagi kamu mencari ide makanan penurun kolesterol, usahakan agar makanan tersebut juga dapat menurunkan kadar trigliserida di tubuh.

Bagaimana, cukup sederhana, bukan? Setelah mengetahui manfaat-manfaat apa saja yang perlu kamu raih, sekarang saatnya untuk mengulas ide makanan penurun kolesterol. Apa saja menu tersebut? Berikut inspirasi makanan penurun kolesterol yang bisa dicoba!

1. Sarapan

Oat dengan Susu Rendah Lemak Ditambah Buah Beri & Pisang

Oat dipercaya bisa menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam darah karena ada serat pangan beta glucan di dalamnya. Pada dasarnya oat memiliki rasa yang hambar. Untuk memberikan rasa, kamu bisa menambahkan topping seperti susu rendah lemak dan buah beri serta pisang. Susu rendah lemak sendiri bisa mengurangi risiko penyakit strok dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Blackberry mengandung polifenol yang berperan mengatasi peradangan dan menekan risiko penyakit jantung. Buah satu ini juga memiliki serat yang menjaga gula darah dalam tubuh tetap stabil. Pisang sendiri mengandung inulin yang berperan untuk mengontrol gula darah dan membuat kolesterol turun.

2. Makan Siang

Pasta Saus Alpukat

Kamu yang suka dengan buah alpukat bisa juga mengolahnya untuk dijadikan makanan penurun kolesterol dalam bentuk saus pelengkap hidangan spageti. Caranya, ambil daging alpukat sesuai selera, tergantung dari banyaknya spageti yang kamu masak, tambahkan daun bawang atau peterseli jika suka, minyak zaitun, perasan lemon, dan lada hitam sesuai selera.

Manfaat alpukat dan minyak zaitun bisa bantu turunkan kolesterol, berkat kandungan lemak tak jenuh tunggal di dalamnya yang dikenal baik bagi jantung dan turunkan kolesterol.

3. Makan Malam

Olive Oil Salmon Pan Fried dengan Bayam Rebus

Bayam mengandung lutein demi membantu menghindari penyumbatan pembuluh darah karena kolesterol tinggi. Sementara di dalam salmon, terdapat Omega-3 yang berperan mengontrol kadar kolesterol dan menurunkan kadar trigliserida.

Untuk menjadikannya sebagai makanan penurun kolesterol, kamu bisa masak salmon yang diberi bumbu seperti perasan lemon dan merica hitam. Lalu dimasak pada wajan yang datar dengan minyak zaitun, kemudian sajikan di atas bayam.

Baca juga: Cara Menurunkan Kadar Kolesterol dengan Memerhatikan Konsumsi Lemak Sehat

4. Snack

Dark Chocolate Brownies

Kalau kamu mengonsumsi cokelat hitam, akan ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Dark chocolate dapat menjadi pilihan makanan penurun kolesterol. Di dalamnya ada antioksidan flavonoids yang membuat LDL jadi berkurang.

Mungkin jika menyantapnya langsung akan terasa kurang nikmat sebab makanan satu ini memiiki rasa pahit. Tapi coba kamu jadikan sebagai bahan untuk membuat kue brownies. Pasti akan lebih enak.  Agar dark chocolate ini tetap aman dikonsumsi, gunakan saja putih telur dan tidak menggunakan margarin. Tapi diganti dengan minyak sayur.

Nah, itulah tadi beberapa contoh ide makanan penurun kolesterol yang bisa kamu buat selama di rumah.  Tapi, sebelum mengandalkan beberapa menu makanan di atas, pastikan kamu juga telah menjalani pola hidup yang sehat. Berikut adalah beberapa di antaranya!

  • Rutin Berolahraga

Usahakan untuk berolahraga setiap hari, meski tidak dalam intensitas yang tinggi. Setidaknya, cobalah untuk menggerakan tubuh selama 30 menit melalui kegiatan-kegiatan seperti bersepeda dan juga jalan santai.

  • Menghindari Kebiasaan Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang membawa berbagai dampak negatif, termasuk meningkatkan kolesterol LDL. Jika kamu terlanjur mempunyai kebiasaan merokok, menghentikannya dapat mengurangi kadar total kolesterol lewat peningkatan kolesterol baik HDL.

  • Menjaga Berat Badan

Menurunkan berat badan untuk meningkatkan kesehatan rupanya juga bisa bantu kamu mengurangi total kolesterol di dalam tubuh. Hal ini salah satunya dilakukan dengan cara mengurangi produksi kolesterol oleh tubuhmu sendiri.

Dengan membiasakan konsumsi makan sehat serta menerapkan ketiga pola hidup sehat di atas, kamu akan dapat semakin efektif menghindari kolesterol. Hebat, ya?

Selagi menerapkan hal-hal di atas, tidak ada salahnya untuk juga mengonsumsi minuman penurun kolesterol Nestlé ACTICOR sebanyak dua kali sehari setelah makan. Nestlé ACTICOR mengandung beta glucan yang didapatkan dari oats dan inulin yang diperoleh dari akar chicory. Keduanya telah teruji secara klinis dapat bantu turunkan kadar kolesterol LDL pada tubuh.

Nestlé ACTICOR bisa kamu langsung konsumsi baik dalam keadaan suhu normal maupun dingin. Tak hanya itu saja, minuman penurun kolesterol ini juga memiliki rasa nikmat yang tersedia dalam 4 varian, antara lain Green-Tea Latte, Chocolate, Banana, dan juga Avocado.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!
 

Baca juga: Kurangi Lemak Jahat, Salah Satu Kunci Diet Rendah Kolesterol