Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Inspirasi Makanan Penurun Kolesterol Lezat yang Bisa Menemani Aktivitas Selama di Rumah

Meski kondisi saat ini sudah memasuki new normal, kita masih tetap diimbau untuk tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Artinya, waktu kita masih lebih banyak dihabiskan di rumah saja.

Load more

Makanan penurun kolesterolNah, untuk mengusir kebosanan, tidak ada salahnya membuat makanan penurun kolesterol yang bisa disantap untuk temani aktivitas kamu selama di rumah. Apa saja menu tersebut? Berikut inspirasi makanan penurun kolesterol yang bisa dicoba!

1. Sarapan

Oat dengan Susu Rendah Lemak Ditambah Buah Beri & Pisang

Oat dipercaya bisa menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam darah karena ada serat pangan beta glucan di dalamnya. Pada dasarnya oat memiliki rasa yang hambar. Untuk memberikan rasa, kamu bisa menambahkan topping seperti susu rendah lemak dan buah beri serta pisang. Susu rendah lemak sendiri bisa mengurangi risiko penyakit strok dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Blackberry mengandung polifenol yang berperan mengatasi peradangan dan menekan risiko penyakit jantung. Buah satu ini juga memiliki serat yang menjaga gula darah dalam tubuh tetap stabil. Pisang sendiri mengandung inulin yang berperan untuk mengontrol gula darah dan membuat kolesterol turun.

2. Makan Siang

Pasta Saus Alpukat

Kamu yang suka dengan buah alpukat bisa juga mengolahnya untuk dijadikan makanan penurun kolesterol dalam bentuk saus pelengkap hidangan spageti. Caranya, ambil daging alpukat sesuai selera, tergantung dari banyaknya spageti yang kamu masak, tambahkan daun bawang atau pitterseli jika suka, minyak zaitun, perasan lemon, dan lada hitam sesuai selera.

Manfaat alpukat dan minyak zaitun bisa bantu turunkan kolesterol, berkat kandungan lemak tak jenuh tunggal di dalamnya yang dikenal baik bagi jantung dan turunkan kolesterol.

3. Makan Malam

Olive Oil Salmon Pan Fried dengan Bayam Rebus

Bayam mengandung lutein demi membantu menghindari penyumbatan pembuluh darah karena kolesterol tinggi. Sementara di dalam salmon, terdapat Omega-3 yang berperan mengontrol kadar kolesterol dan menurunkan kadar trigliserida.

Untuk menjadikannya sebagai makanan penurun kolesterol, kamu bisa masak salmon yang diberi bumbu seperti perasan lemon dan merica hitam. Lalu dimasak pada wajan yang datar dengan minyak zaitun, kemudian sajikan di atas bayam.

Baca juga: Cara Menurunkan Kadar Kolesterol dengan Memerhatikan Konsumsi Lemak Sehat

4. Snack

Dark Chocolate Brownies

Kalau kamu mengonsumsi cokelat hitam, akan ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Dark chocolate dapat menjadi pilihan makanan penurun kolesterol. Di dalamnya ada antioksidan flavonoids yang membuat LDL jadi berkurang.

Mungkin jika menyantapnya langsung akan terasa kurang nikmat sebab makanan satu ini memiiki rasa pahit. Tapi coba kamu jadikan sebagai bahan untuk membuat kue brownies. Pasti akan lebih enak.  Agar dark chocolate ini tetap aman dikonsumsi, gunakan saja putih telur dan tidak menggunakan margarin. Tapi diganti dengan minyak sayur.

Nah, itulah tadi beberapa contoh ide makanan penurun kolesterol yang bisa kamu buat selama di rumah.  Kamu juga bisa mengonsumsi minuman penurun kolesterol seperti Nestlé ACTICOR yang dikonsumsi dua kali sehari setelah makan.

Nestlé ACTICOR mengandung Beta Glucan yang didapatkan dari oat dan Inulin yang diperoleh dari akar chicory. Keduanya telah teruji secara klinis  bantu turunkan kadar kolesterol LDL pada tubuh.

Nestlé ACTICOR bisa kamu langsung konsumsi baik dalam keadaan suhu normal maupun dingin. Minuman penurun kolesterol ini juga memiliki rasa nikmat yang tersedia dalam 4 varian, antara lain Green-Tea Latte, Chocolate, Banana, dan juga Avocado. Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Baca juga: Kurangi Lemak Jahat, Salah Satu Kunci Diet Rendah Kolesterol