Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Foto : shutterstock

Makan Seafood Tanpa Khawatir Kolesterol Naik

Oleh : Alfi Kholisdinuka

Jakarta - Makanan laut alias seafood dikenal memiliki rasa yang menggugah selera. Ragam jenisnya memberikan kepuasan tersendiri setelah menyantapnya.

Tak heran, hingga kini banyak orang melipir ke berbagai tempat mencari makanan khas ini untuk disantap bersama kerabat dekat, teman kantor hingga keluarga.

Selain rasanya yang nikmat kandungan nutrisi dalam seafood juga sangat tinggi, terlebih kadar proteinnya yang baik untuk kesehatan.
 

Sebab, protein hewani tersebut mudah diserap oleh tubuh karena terdapat asam amino. Hal ini tentu sangat baik dalam memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

Meski demikian, makanan enak seperti seafood ini kerap dikaitkan dengan naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Kondisi tersebut memang benar adanya, mengingat sebagian besar jenis seafood ini, memiliki banyak kandungan kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Nah, bagi Anda yang baru menyadari dan memiliki riwayat kolesterol tinggi dan selalu berusaha menghindari jenis makanan satu ini, jangan khawatir banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari lonjakan kolesterol dalam tubuh dengan tidak menghindari ragam makanan enak ini, berikut di antaranya.

Load more


Pastikan Memasak dengan Tepat

Cara aman untuk menikmati ragam seafood seperti udang, kerang, ikan dan lainnya pastikan tidak menggoreng makanan tersebut secara berlebih, sebab itu akan menyumbang banyak kadar lemak trans dalam tubuh yang pada akhirnya memicu kolesterol jahat.

Cara memasak paling aman yaitu direbus, kukus, panggang atau tumis dengan sedikit minyak saja atau tanpa minyak sama sekali. Gunakanlah minyak sehat yang rendah lemak seperti canola atau minyak zaitun.

Tambahkan Rempah dan Perasan Jeruk Lemon

Selain menambahkan cita rasa, rempah-rempah seperti bawang putih dan perasan jeruk lemon bisa berfungsi sebagai pengganti garam, sehingga memberikan aroma yang menggugah selera.

Cara ini juga diklaim tetap aman dan membuat makanan tetap rendah kolesterol. Selain itu, kandungan vitamin C dan flavonoid dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida, sambil meningkatkan kadar kolesterol baik HDL.

Sandingkan dengan Serat Beta-glukan dan Inulin

Sekitar 80% tingkat kolesterol seseorang ditentukan oleh makanan dan sisanya antara genetik dan olahraga, jadi menjaga makanan dengan mengimbangi dengan serat sangat penting.

Untuk itu, menurunkan kadar kolesterol bisa dilakukan dengan meningkatkan asupan serat. Serat dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mengikat asam empedu.

Contohnya serat beta-glukan dan inulin. Menurut studi, serat beta-glukan dapat berinteraksi dengan lemak darah sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Begitu juga dengan kandungan prebiotik pada inulin dapat mengurangi kadar serum dari LDL dalam tubuh.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi minuman sehat yang praktis dan efektif untuk menurunkan kolesterol seperti Nestlé ACTICOR.

Minuman ini efektif membantu Anda menjaga jantung dengan mengurangi kolesterol secara alami melalui Beta Glucan dan Inulin & Nestlé ACTICOR. Dilengkapi dengan Vitamin B1 dan B2, ACTICOR juga rendah lemak.

Sumber : Detik.com