Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Sayuran Penurun Kolesterol yang Baik Dikonsumsi Secara Rutin

Dalam menjaga kesehatan tubuh, setiap individu membutuhkan pola makan yang mengedepankan asupan nutrisi yang seimbang. Adapun di antara nutrisi adalah vitamin dan mineral, protein, kalori, serta berbagai kandungan lainnya, seperti serat dan antioksidan.

Load more

Sayuran penurun kolesterol

Namun begitu, ternyata masih banyak di antara kita yang kurang memaksimalkan asupan nutrisi yang seimbang ini karena enggan mengonsumsi sayuran, entah itu karena tidak suka rasanya atau tidak terbiasa memakannya. Padahal, jika dikonsumsi secara rutin setiap hari, sayuran mampu membawa berbagai manfaat kesehatan, loh!

Salah satu dari manfaat tersebut adalah kemampuannya menurunkan kolesterol. Melalui berbagai jenis nutrisi, seperti serat pangan, antioksidan, atau kandungan tertentu, sayuran penurun kolesterol mampu menjaga kesehatan jantungmu dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Ingin tahu apa saja yang termasuk sayuran penurun kolesterol tersebut? Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Tomat

Buah berwarna merah ini bisa dimasukkan ke dalam berbagai menu secara mudah. Kamu bisa memakan potongan buahnya, menjadikannya jus, atau mengubahnya menjadi saus tomat. Apa pun cara yang kamu pilih, kamu perlu tahu kalau tomat bisa menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh!

Hal ini tentu saja dikarenakan tomat merupakan sayuran penurun kolesterol. Melalui kandungan likopen, tomat mampu membantu kadar kolesterol jahat low-density lipoproteins (LDL) atau lipoprotein yang berisiko membawa kolesterol ke arteri dan menghambatnya. Jadi, kamu pun akan lebih terhindar dari risiko serangan dan penyakit jantung. Hebat, kan?

Tapi, bukan hanya itu saja, loh! Menurut riset yang dilakukan para ilmuwan dari Tiongkok pada jurnal Nutrients, kandungan likopen rupanya juga dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Kemudian, jika ditambah dengan kandungan vitamin B dan E serta berbagai antioksidan lainnya, tentu kesehatan jantung kamu semakin terjaga!
 

2. Buah Zaitun

Olives atau buah zaitun adalah buah yang sering hadir dalam berbagai masakan dari wilayah Mediterania dan juga Yunani. Kalau makanan favorit kamu adalah yang berasal dari daerah tersebut atau mengandung buah zaitun, maka ada kabar baik: buah zaitun juga merupakan sayuran penurun kolesterol yang sangat baik bagi jantung.

Kandungan yang menjadi sorotan dalam menjalankan fungsi ini adalah asam oleat (oleic acid) yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fats). Kandungan ini disinyalir mampu mengatur kadar kolesterol serta menjauhkannya dari proses oksidasi yang bisa meningkatkan risiko penyempitan arteri.

Selain itu, buah zaitun juga mengandung berbagai antioksidan yang sangat baik dalam mengurangi risiko penyakit jantung jika dikonsumsi secara rutin. Maka dari itu, cobalah mengonsumsi buah zaitun atau minyak zaitun setiap hari, ya!

3. Brokoli

Sebagai sayuran, brokoli dikenal akan kemampuan dua kandungannya dalam menjaga kesehatan mata. Adapun beberapa kandungan tersebut adalah antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Kedua kandungan ini memang bisa mengurangi risiko katarak dan juga kerusakan mata jika dikonsumsi secara rutin. Namun, selain itu, kedua kandungan antioksidan tersebut disinyalir mampu mengurangi LDL dan trigliserida yang keduanya bisa menyusup ke arteri dan mengakibatkan penyumbatan.

Tak hanya itu saja, lutein dan zeaxanthin pada brokoli nantinya juga akan meningkatkan HDL (high-density lipoproteins) atau yang dikenal juga sebagai “kolesterol baik.” Perlu diketahui bahwa HDL merupakan lipoprotein yang berfungsi membawa kolesterol keluar dari tubuhmu lewat liver dan perlu ditingkatkan kadarnya!

4. Kale

Sayuran yang satu ini masuk ke jajaran sayuran hijau yang paling sehat. Penyebabnya ada pada persentase kandungan di dalamnya yang menjadikan kale padat nutrisi. Sebagai contoh adalah, dengan hanya memakan satu cup saja, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin A, C, dan K harianmu.

Bukan hanya itu saja, kale juga merupakan sayuran penurun kolesterol yang mampu mengurangi kadar kolesterol di tubuhmu. Hal ini dilakukannya dengan meningkatkan HDL dan juga LDL lewat antioksidan yang terkandungnya. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi kale sebagai jus, dicampur ke masakan tertentu, atau dipanggang untuk dijadikan keripik!

5. Bayam

Selain dua sayur hijau sebelumnya, ada juga bayam dengan kemampuannya menurunkan kolesterol. Hal ini juga karena adanya lutein dan zeaxanthin yang bisa meningkatkan HDL dan mengurangi LDL.

Tapi, selain kedua kandungan tersebut, bayam juga memiliki kandungan lainnya juga penting dalam menjaga kesehatan jantung, yakni nitrat. Ternyata, kandungan ini juga mampu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan juga menjaga kadar tekanan darah. Jadi, jangan lewatkan sayuran super yang satu ini!

6. Ubi Jalar

Sweet potato atau ubi jalar merupakan sumber karbohidrat yang juga merupakan sayuran penurun kolesterol. Manfaat penurunan kolesterol ini merupakan gabungan dari kandungan antioksidan pada ubi serta kandungan penting lainnya, yakni serat larut (soluble fiber).

Pada dasarnya, serat larut berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan, sama seperti serat tak larut (insoluble fiber). Namun, yang menjadikan kandungan ini spesial adalah kemampuannya mengurangi LDL dan membantu mengeluarkan kolesterol dari tubuhmu.

Nah, itulah tadi sayuran penurun kolesterol yang bisa kamu masukkan dalam menu makanan kamu setiap hari. Sekarang, kamu sudah tahu kalau sayuran sangatlah penting, bukan? Selain penuh vitamin dan mineral, sayuran merupakan sumber antioksidan, serat larut, serta kandungan lainnya.

Namun, sebelum lanjut menjadikan sayuran ini sebagai cara alami menurunkan kolesterol, kamu juga perlu menjalankan pola hidup sehat lainnya. Beberapa di antaranya adalah dengan mengurangi makanan pantangan kolesterol (seperti lemak jenuh), membiasakan olahraga secara rutin, serta menghindari kebiasaan merokok.

Kemudian, tidak ada salahnya untuk juga mengonsumsi Nestlé ACTICOR 2x sehari setelah makan. Hal ini karena setiap varian Nestlé ACTICOR (Avocado, Banana, Green Tea Latte, dan juga Chocolate) diperkaya dengan kandungan 2 jenis serat larut yang mampu bantu turunkan kolesterol jahat LDL, antara lain inulin dari akar chicory dan beta-glucan dari oats.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!