Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Konsisten Adalah Kunci, Yuk Lakukan 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Ini Agar Tetap Aktif Di Usia Muda

Siapa bilang usia muda kita tidak bisa terkena penyakit jantung? Berbagai faktor bisa menyebabkan orang-orang di usia produktif berisiko mengalami sakit jantung, seperti kebiasaan merokok dan tingginya kadar kolesterol jahat.

Load more

Jantung sendiri berperan memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan fungsinya yang begitu penting tersebut, tentu kamu harus menjaganya agar selalu sehat dan bisa bekerja dengan baik. Lantas, bagaiana cara menjaga kesehatan jantung? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan secara konsisten setiap hari.

Olahraga Secara Rutin

Melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Manfaat olahraga untuk jantung sendiri di antaranya menurunkan tekanan darah, membuat jantung lebih kuat, meminimalisir terjadinya gagal jantung, membantu mengelola stres, dan meningkatkan mood. Jenis olahraga yang bisa dilakukan, yakni kardiovaskular atau aerobik seperti jalan kaki, berlari, bersepeda, lompat tali, dan mengikuti kelas aerobik.  Latihan kekuatan pun bisa dilakukan, misalnya memanfaatkan alat angkat beban yang ada di gym atau barbel.

Batasi Mengonsumsi Makanan Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Menjaga kesehatan jantung juga perlu didukung dengan mengurangi konsumsi makanan lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenuh adalah jenis lemak yang bersumber dari hewan, misalnya produk susu dengan lemak tinggi, daging merah, dan daging unggas.

Mengonsumsi lemak jenuh secara berlebihan memicu gangguan kesehatan, seperti meningkatnya kolesterol jahat sehingga membentuk plak pada pembuluh darah, meningkatkan risiko peradangan, serta resistensi insulin. Kondisi-kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes melitus, jantung, dan strok. Bila kamu termasuk orang yang suka dengan makanan daging dan susu, pilihlah yang rendah lemak, dan gunakanlah minyak zaitun dan minyak canola untuk mengolah makanan.

Sedangkan lemak trans juga termasuk jenis lemak jenuh yang biasa ada di produk dairy, seperti keju dan susu tinggi lemak. Ada juga di dalam daging sapi dan kambing. Namun, lemak trans juga memiliki jenis buatan yang banyak diproduksi dengan menambahkan zat hidrogen pada produk minyak goreng di pasaran. Gunanya untuk menambah rasa dan makanan jadi lebih tahan lama.

Mengonsumsi Buah dan Sayur Lebih Banyak

Pastikan di dalam menu harian kamu terdapat buah dan sayur. Buah dan sayur memiliki sedikit kalori, sehingga membuatmu kenyang lebih lama. Buah dan sayur juga dikenal sebagai makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk kesehatan jantung.

Hindari Berat Badan Berlebih dan Jauhi Rokok

Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Itulah mengapa kamu perlu mengontrol berat badan. Orang dengan obesitas biasanya memiliki kolestrol  jahat yang tinggi dan bisa menyumbat arteri, sehingga menyebabkan serangan jantung atau strok.

Di dalam tubuh orang yang mengalami obesitas diperlukan darah lebih banyak. Hal ini akan membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa lebih banyak darah. Bertambahnya aliran darah bisa memicu tekanan darah tinggi dan lama kelamaan dapat menyebabkan penyakit jantung.

Kebiasaan merokok juga menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung. Merokok membuat lapisan pembulu arteri rusak dan lemak serta plak menumpuk, sehingga aliran darah di sepanjang arteri jadi tidak lancar.

Kondisi ini menyebabkan arteri yang mengalirkan darah ke jantung menyempit dan pasokan darah yang mengandung banyak oksigen juga akan lebih sedikit mengalir ke jantung. Dengan begini, penyakit jantung koroner pun jadi tak terhindarkan.

Cara lain menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjauhi asap rokok meski kamu bukanlah perokok aktif. Bahan kimia yang terdapat di dalam asap rokok bisa membuat penumpukan plak di arteri kamu. Jadi, jika sedang berada di lingkungan yang penuh asap rokok segeralah menjauh dari tempat tersebut atau bisa juga bersikap tegas terhadap perokok dengan menegur mereka agar merokok pada tempatnya.

Mengontrol Stres

Stres bisa memicu gangguan pada jantung. Maka dari itu, pastikan kamu bisa mengontrolnya dengan baik. Cobalah atur waktu dengan sebaik mungkin agar kamu juga punya waktu bersantai di sela-sela pekerjaan atau kegiatan yang sedang dijalani. Jangan sampai lupa untuk meluangkan waktu “me time” untuk mengisi ulang tenaga dan pikiranmu. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang disukai, misalnya menonton film atau berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.

Seperti yang telah disebutkan di atas jika salah satu pemicu sakit jantung adalah tingginya kadar kolesterol jahat. 5 cara menjaga kesehatan jantung di atas juga bisa membantu menurunkan kolesterol. Sebagai tambahan, mengonsumsi minuman penurun kolesterol seperti Nestlé ACTICOR juga bisa dicoba. Kandungan Beta Glucan dan Inulin di dalamnya membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, Nestlé ACTICOR juga rendah lemak.

Kamu bisa mencoba 4 varian rasa Nestlé ACTICOR, antara lain Avocado, Banana, Chocolate, dan Green-Tea Latte. Untuk menikmati minuman ini, kamu bisa menyajikannya dengan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Nestlé ACTICOR bisa dikonsumsi oleh orang dewasa di atas 18 tahun yang peduli akan kesehatan tubuh. ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!