Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Waspada! Inilah Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan Cara Menanganinya

Tahukah kamu bahwa penyakit jantung merupakan penyakit mematikan nomor satu di dunia? Secara umum, penyakit jantung memakan korban sekitar 17,9 juta jiwa setiap tahunnya. Kemudian, menurut World Health Organization (WHO), 4 dari 5 kasus penyakit jantung ini terbukti terdiri dari serangan jantung dan juga stroke, yang keduanya juga bisa disebabkan oleh penyempitan arteri oleh kolesterol.

Load more

Untungnya, mengenali ciri-ciri kolesterol tinggi dan cara menanganinya bukanlah tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan begitu, kamu akan tahu harus apa dan tidak perlu khawatir lagi seputar ancaman komplikasi berupa serangan jantung dan stroke yang fatal.

Berikut adalah ciri-ciri kolesterol tinggi dan cara menanganinya secara benar!

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Harus Kamu Waspadai

Tanda-tanda kamu punya kolesterol tinggi sebenarnya tidak dapat secara mudah dilihat lewat gejala fisik. Namun, pada kasus-kasus yang sudah berat, kamu mungkin akan merasakan hal-hal berikut ini.

1. Sakit Dada

Ciri yang pertama merupakan salah satu yang paling perlu diwaspadai. Sebab, hal ini bisa menandakan serangan jantung akan terjadi. Tapi, apa penyebabnya, ya?

Penjelasan sederhananya ada pada bagaimana arteri tersumbat oleh kolesterol (aterosklerosis). Nantinya, penyumbatan ini menghalangi oksigen untuk meraih jantungmu. Alhasil, kamu akan merasakan sakit di bagian dada, sesak, dan juga pusing.

2. Hipertensi

Kondisi kedua dalam daftar ciri-ciri kolesterol tinggi dan cara menanganinya ini adalah hipertensi. Sama seperti sakit dada, tekanan darah tinggi atau hipertensi juga bisa disebabkan oleh penyumbatan arteri karena kolesterol. Penyumbatan ini akan mengecilkan saluran arteri dan peredaran darah pun akan semakin sulit dilakukan, sehingga kamu akan merasakan gejala-gejala hipertensi, seperti pusing, sakit kepala, dan juga sakit dada.

3. Xanthoma

Benjolan berwarna kuning atau xanthoma bisa muncul pada orang-orang dengan kondisi genetik yang mengakibatkan kolesterol mereka jauh lebih tinggi dari kebanyakan orang, yakni di atas 300 mg/dL. Kondisi yang dijuluki sebagai familial hypercholesterolemia ini mengakibatkan kolesterol membentuk benjolan kuning berukuran kecil di area sendi, kaki, dan juga tangan.

4. Empedu

Pada daftar ciri-ciri kolesterol tinggi dan cara menanganinya ini, batu empedu bisa dibilang merupakan satu-satunya yang tidak secara langsung disebabkan oleh kolesterol. Hal ini karena kondisi ini disebabkan oleh cairan empedu yang dihasilkan oleh organ kantung empedu.

Namun, jangan salah! Salah satu alasan kantung empedu menghasilkan cairan ini adalah untuk mencerna kolesterol. Apabila tingkat kolesterol tinggi, makan cairannya semakin banyak dan risikonya mengeras serta menjadi batu empedu pun meningkat. Kondisi ini nantinya akan menyebabkan sakit perut.

Nah, itulah tadi beberapa ciri-ciri kolesterol tinggi yang perlu kamu waspadai. Lantas, jika ini merupakan ancaman yang menakutkan, apa yang bisa kamu lakukan untuk menangani atau menghindarinya? Intip penjelasannya berikut ini, yuk!

Cara Menangani dan Menghindari Kolesterol Tinggi

1. Periksa Kadar Kolesterol

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ciri-ciri kolesterol tinggi secara umum cenderung tidak kelihatan pada fisikmu. Maka dari itu, untuk mengetahui secara pasti, kamu perlu memeriksa kadar kolesterol secara berkala.

Adapun yang perlu dipastikan antara lain kadar low-density lipoproteins (LDL) di bawah 130 mg/dL, high-density lipoproteins (HDL) di atas 60 mg/dL, total kolesterol di bawah 200 mg/dL, serta trigliserida di bawah 150 mg/dL. Jika tidak berada kisaran angka tersebut, terapkanlah pola hidup sehat untuk mengurangi kolesterol.

2. Terapkan Pola Makan Sehat

Turunkan kolesterol dengan memilih makanan-makanan yang sehat dan juga tepat. Dalam hal ini, kamu bukan hanya perlu menghindari yang punya kandungan kolesterol, tetapi juga yang dapat meningkatkan produksi kolesterol LDL, antara lain lemak jenuh serta lemak trans.

Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang memiliki kandungan lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun dan alpukat. Kemudian, jangan lupa untuk juga menambah asupan serat larut harian lewat buah dan sayur karena juga dapat mengurangi kolesterol di dalam tubuh.

3. Biasakan Berolahraga

Pada daftar ciri-ciri kolesterol dan cara menanganinya ini, olahraga mungkin menjadi salah satu kebiasaan yang masih enggan dilakukan. Padahal, berolahraga seperti berjalan cepat selama 30–40 menit dan bersepeda selama 8 km atau 30 menit juga dapat meningkatkan HDL hingga 10%. HDL inilah yang berfungsi membawa kolesterol keluar dari tubuhmu.

4. Hubungi Rumah Sakit

Pada ciri-ciri kolesterol tinggi tertentu, seperti sakit dada, cara menanganinya yang terbaik adalah dengan langsung menghubungi rumah sakit. Kondisi seperti ini dapat berujung pada serangan jantung dan bisa mematikan. Oleh karena itu, semakin cepat pertolongan didapatkan, maka akan semakin besar juga peluang untuk terselamatkan.

Demikian tadi daftar ciri-ciri kolesterol tinggi dan cara menanganinya yang bisa kamu lakukan. Seperti yang sudah dijelaskan, gejala fisik mungkin akan jarang terjadi pada kebanyakan pengidap kolesterol tinggi. Jadi, pastikan kamu lebih fokus ke upaya-upaya preventif dari sekarang lewat pola makan sehat, kebiasaan berolahraga, serta memeriksakan kondisi kesehatan secara berkala.

Kemudian, tidak ada salahnya untuk juga minum Nestlé ACTICOR sebanyak 2x sehari setelah makan. Hal ini karena kandungan serat larut yang ada pada Nestlé ACTICOR, yakni beta-glucan dari oat serta inulin dari akar chicory, dapat membantu turunkan kolesterol LDL. Dengan begitu, kamu bisa akan semakin terhindar dari ancaman penyumbatan arteri serta risiko penyakit jantung dan strok.

Nestlé ACTICOR hadir dalam empat varian rasa yang dapat kamu pilih, yakni Banana, Avocado, Green-Tea Latte, serta Chocolate. Semua varian ini sama-sama memiliki kebaikan kedua serat larut dan manfaat alami yang dimilikinya.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!