Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Jangan Sampai Lengah, Inilah Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Kamu Ketahui

Penyakit jantung adalah salah satu kondisi yang paling ditakuti oleh semua orang. Selain karena cenderung datang tanpa tanda yang jelas, penyakit jantung mampu merenggut nyawa para penderitanya. Bahkan, menurut World Health Organization, penyakit jantung adalah alasan kematian nomor 1 di dunia, loh!

Load more

Meskipun ancamannya sudah cukup jelas, ternyata masih ada dari masyarakat yang belum mengetahui penyebab penyakit jantung. Padahal, dengan mengetahui faktor pemicunya, kita akan semakin mampu untuk menghindari ancaman kematian karena penyakit jantung.

Ingin tahu apa saja penyebab penyakit jantung tersebut? Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Kolesterol yang Tinggi

Arteri memegang peranan penting dalam menjaga fungsi tubuh, terutama jantung. Ketika saluran arteri tersumbat, aliran darah pun akan terhambat dan asupan oksigen pada jantung akan berkurang. Saat ini terjadi, kamu bisa mengalami serangan jantung yang terasa sesak dan sakit di area dada.

Terhambatnya saluran arteri ini disebabkan oleh tingginya beberapa zat tertentu, seperti kolesterol. Jika kadar kolesterol tubuhmu terlalu tinggi, penyakit jantung mungkin tidak akan menyerang langsung. Seiring berjalannya waktu, kolesterol akan menjadi plak dan menimbulkan atherosclerosis atau penyempitan arteri yang merupakan penyebab penyakit jantung.

Ingin menghindari kondisi ini? Pastikan kamu telah menjalani pola hidup yang baik. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Kurangi lemak jenuh dan ganti dengan lemak tak jenuh
  • Biasakan berolahraga setiap hari, walau hanya sebentar
  • Jaga berat badan agar tetap ideal
  • Berhenti atau jauhi kebiasaan merokok

Selain keempat poin di atas, jangan lupa untuk mengonsumsi serat larut secara rutin lewat konsumsi buah dan juga sayur. Kemudian, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan. Nestlé ACTICOR mengandung dua jenis serat larut, yakni beta-glucan yang berasal dari oats dan juga inulin yang diambil dari akar chicory.

Kedua serat ini terbukti secara klinis bisa bantu menurunkan kolesterol jahat yang merupakan salah satu pemicu atherosclerosis yang merupakan penyebab penyakit jantung. Nikmati kebaikannya dalam empat varian lezat Nestlé ACTICOR: Avocado, Green-Tea Latte, Banana, dan Chocolate.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Tekanan Darah Tinggi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi jantung dalam memompa darah sangatlah penting. Selain karena untuk memompa oksigen, jantung juga berperan untuk menyebarkan nutrisi ke berbagai jaringan tubuh.

Nah, apabila tekanan darah tubuhmu terlalu tinggi, jantung mungkin akan terancam fungsinya karena otot jantung harus bekerja lebih keras memompa darah. Seiring berjalannya waktu, hal ini akan menjadi salah satu faktor atau penyebab penyakit jantung. Jadi, pastikan pola hidupmu seperti dengan mengurangi konsumsi garam serta perbanyak konsumsi buah dan sayur.

Baca juga: Punya Darah Tinggi dan Kolesterol? Ini Cara Alami Menurunkan Keduanya

Berat Badan Berlebih

Obesitas dan berat badan berlebih merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. Sebab, berat badan yang terlalu tinggi memiliki hubungan sebab akibat dengan tekanan darah tinggi dan juga diabetes yang keduanya mampu meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika berat badanmu tidak pada angka yang aman, sebaiknya segera diskusikan dengan dokter tentang cara menurunkan berat badan yang alami, sehat, dan juga aman.

Diabetes

Pada poin sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa diabetes juga bisa memicu penyakit jantung. Tapi, kenapa, ya? Jawabannya ada pada bagaimana diabetes mampu memperburuk kondisi berbagai organ-organ tubuh jika pengidapnya tidak mengontrolnya. Kemudian, diabetes juga mampu memicu stroke dan penyakit arteri perifer (PAD). Keduanya merupakan bagian dari cardiovascular diseases (CVDs) atau penyakit jantung.

Kelainan Jantung

Salah satu jenis penyakit jantung lainnya adalah congenital heart disease atau kelainan jantung yang sudah ada sejak lahir. Banyak dari pengidap penyakit jantung ini yang tumbuh secara sehat seperti orang-orang lainnya. Namun, tidak sedikit juga yang mengalami gejala-gejala tertentu ketika masih kecil atau saat beranjak remaja. Umumnya, ahli kesehatan akan menentukan apakah gejala yang dimiliki seorang pengidap perlu penanganan khusus atau tidak.

Banyak Pikiran

Secara umum, stres atau tekanan pikiran telah dianggap sebagai salah satu penyebab penyakit jantung. Namun begitu, tidak ada yang benar-benar mengetahui apa alasannya.

Meskipun begitu, hal ini tidak mengartikan kamu tidak perlu waspada. Sebab, stres memang dapat mengganggu pola tidur serta memperburuk kondisi tubuh. Tak hanya itu saja, stres juga disinyalir berpengaruh terhadap naiknya kadar kolesterol jahat yang merupakan faktor pemicu penyakit jantung.

Apabila kamu sering terpapar oleh stres, sebaiknya lakukan olahraga, yoga, dan juga meditasi. Kemudian, tidak ada salahnya untuk konsultasi dengan para ahli agar mendapat bantuan terkait masalah pikiran yang kamu sedang alami!

Merokok

Seperti yang telah kamu ketahui, berhenti merokok dapat mengurangi kadar kolesterol. Tapi, pahami juga bahwa, sebaliknya, kebiasaan merokok merupakan penyebab penyakit jantung dan bisa mematikan. Hal ini karena merokok bukan hanya meningkatkan kolesterol, tapi juga tekanan darah. Jika kedua hal ini digabung, tentu kamu akan punya faktor risiko yang lebih tinggi.

Riwayat Penyakit Jantung Koroner

Khusus untuk penyakit jantung koroner, kamu akan memiliki risiko yang lebih tinggi jika terdapat anggota keluarga yang pernah mengalaminya. Dilansir dari laman milik National Health Service of the United Kingdom (NHS), risiko jenis penyakit jantung ini akan meningkat jika ada anggota keluarga laki-laki di bawah 55 tahun atau anggota keluarga perempuan di bawah 65 tahun yang mengidap penyakit jantung koroner.

Demikian tadi penyebab penyakit jantung yang perlu kamu waspadai. Kesimpulannya, ada beberapa jenis penyakit jantung yang bisa menyerang seseorang. Namun, dengan perhatian yang tinggi serta pola hidup yang sehat, kamu akan bisa menghindari ancaman penyakit jantung secara efektif. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!

Baca juga: Berapakah Kadar Normal Kolesterol Dalam Tubuh? Simak Penjelasannya!