Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Tidak Hanya Pola Makan, Ketahui 4 Penyebab Kolesterol Naik Berikut Ini!

Pola makan yang kurang tepat adalah salah satu penyebab kolesterol naik. Maka dari itu, kebanyakan orang akan mengurangi konsumsi makanan pemicu tingginya kolesterol atau bahkan makanan yang mengandung kolesterol sekali pun. Sering kali, hanya hal inilah yang akan dilakukan mereka.

Load more

Padahal, terdapat juga faktor-faktor lain selain pola makan yang mampu tingkatkan kolesterol kamu. Faktor-faktor ini antara lain pola hidup yang buruk atau kurangnya kebiasaan yang baik. Apa saja, ya?

Langsung saja simak beberapa penyebab kolesterol naik selain pola makan berikut ini!

Kebiasaan Merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko kanker serta menurunkan kesehatan paru-paru. Tapi, selain itu, kebiasaan merokok rupanya juga dapat meningkatkan kolesterol jahat LDL (low-density lipoproteins) serta trigliserida. Keduanya mampu membentuk plak di arteri dan menyebabkan aterosklerosis di mana saluran arteri tersumbat serta risiko terserang jantung dan stroke pun meningkat.

Jika kamu adalah salah satu yang punya kebiasaan ini, berhenti merupakan keputusan terbaik. Pasalnya, selain dapat meningkatkan kolesterol baik HDL (high-density lipoproteins) yang berguna turunkan total kolesterol, berhenti merokok juga dapat meningkatkan kesehatanmu dalam jangka pendek dan panjang.

Manfaat langsungnya antara lain detak jantung dan tekanan darah yang stabil. Kemudian, manfaat jangka panjangnya adalah penurunan risiko penyakit jantung serta kanker paru-paru.

Kurang Berolahraga

Olahraga mampu menurunkan total kolesterol dengan cara meningkatkan kolesterol baik HDL. Maka dari itu, jika kamu jarang berolahraga, bisa jadi hal ini adalah penyebab kolesterol naik. Jadi, usahakan untuk berolahraga 5 hari seminggu selama 30 menit setiap harinya. Kamu bisa juga mencoba kegiatan-kegiatan sederhana dengan peralatan yang sudah kamu punya, seperti bersepeda, jalan-jalan pagi, atau senam.

Cara Memasak yang Salah

Diet atau pola makan yang seimbang mengacu pada jumlah nutrisi dan makanan apa yang kamu masukkan ke dalam tubuh. Tapi, apabila kamu sudah menjaga pola makan dan ingin mencari cara lain untuk turunkan kolesterol, kamu juga bisa melakukan beberapa perubahan pada cara mengolah bahan makanan yang biasa kamu lakukan, misalnya seperti berikut ini.

  • Potong lemak pada daging untuk hindari lemak jenuh
  • Pilih menggodok atau memanggang demi hindari penggunaan minyak dengan lemak jahat
  • Saat memanggang, gunakan rak di bawah daging untuk menyaring lemak
  • Potong kulit ayam sebelum mengolahnya

Kurang Tidur

Apakah kamu termasuk orang yang sering lembur dan begadang? Kebiasaan ini bisa jadi merupakan penyebab kolesterol naik. Dilansir dari situs Harvard Health Publishing milik Harvard Medical School, kebiasaan kurang tidur mampu meningkatkan faktor penyebab sakit jantung, termasuk meningkatkan total kolesterol serta trigliserida yang keduanya dapat sebabkan arteri tersumbat (aterosklerosis).

Jadi, meskipun kamu sibuk, usahakan untuk tidur yang cukup. Orang dewasa usia 18–64 tahun pada umumnya membutuhkan sekitar 7–9 jam untuk tidur setiap malam.

Nah, itulah tadi kebiasaan penyebab kolesterol naik beserta tips yang dapat kamu lakukan untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut. Kesimpulannya, meski pola makan memegang peran besar dalam upaya penurunan kolesterol, kebiasaan sehat lainnya pun juga perlu dilakukan untuk bantu menurunkan kadar total kolesterol di tubuhmu.

Kemudian, tidak ada salahnya untuk minum Nestlé ACTICOR 2x sehari setiap setelah makan untuk dukung segala upaya penurunan kolesterol yang kamu lakukan. Nestlé ACTICOR hadir dalam 4 varian, yakni Banana, Avocado, Green Tea Latte, serta Chocolate yang semuanya mengandung dua jenis serat larut yang baik untuk turunkan kolesterol LDL: inulin dari akar chicory dan beta-glucan dari oats.

ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!