Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Kenalan dengan Beta Glucan dan Inulin Sebagai Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat larut air. Senyawa ini dapat membantu menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapan lemak di tubuh.

Load more

Di usus halus serat larut air dapat mengikat partikel kolesterol, sehingga menghalangi kolesterol diserap dan masuk ke aliran darah. Kolesterol yang terikat oleh serat larut akan dibuang dari tubuh melalui feses. Contoh jenis serat larut air yang bisa bantu menurunkan kolesterol adalah beta glucan dan inulin.

Beta-Glucan

Beta-Glucan (yang juga sering ditulis β-glucan) merupakan salah satu contoh serat larut yang memiiki peran terhadap kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Alasannya, Beta-Glucan bisa menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Beta-Glucan bekerja mengikat kolesterol sehingga tidak terserap dan membuat kadarnya menurun. Oat merupakan sumber Beta-glucan yang sangat baik dan mudah diperoleh serta bagus untuk dimasukkan ke dalam menu diet.

Beta- glucan juga berguna meningkatkan imunitas tubuh dan kesehatan sistem pencernaan. Selain dari oat, beta-glucan juga terdapat dalam bahan makanan seperti biji-bijian, ganggang, jamur, dan ragi.

Inulin

Cara menurunkan kolesterol tinggi juga bisa mengonsumsi asupan yang mengandung inulin. Kandungan ini merupakan jenis serat larut yang banyak terdapat dalam tumbuhan.

Inulin mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik seperti Bifidobacteria (salah satu genus bakteri asam laktat di dalam usus besar manusia) dan mengurangi jumlah bakteri jahat yang memicu berbagai masalah kesehatan, seperti peradangan.

Senyawa ini pun juga memiiki fungsi merangsang pertumbuhan bakteri baik seperti bifidobacterial bagi usus, membantu meringankan sembelit, dan mengontrol gula darah. Beberapa makanan yang mengandung inulin di antaranya asparagus, bawang merah, bawang putih, daun bawang, gandum, dan pisang.

Demi menurunkan kolesterol tinggi dan menambah asupan serat pangan larut, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi Nestle ACTICOR. Kandungan Beta-Glucan dan inulin di dalamnya membantu menurunkan kolesterol.

Kamu bisa mencoba 4 varian rasa Nestle ACTICOR, antara lain Avocado, Banana, Chocolate, dan Green-Tea Latte. Untuk menikmati Nestle ACTICOR sendiri kamu bisa menyajikannya dengan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Menariknya, minuman penurun kolesterol ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa di atas 18 tahun yang peduli akan kesehatan tubuh.

Cara menurunkan kolesterol tinggi juga perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat, seperti menjaga pola makan, rutin olahraga, dan cukup istirahat. Periksa juga kadar kolesterol dalam tubuh secara rutin agar tetap normal. Nestle ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!