Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Kebiasaan Sederhana yang Sering Dilupakan Ini Ternyata Bisa Menjaga Kesehatan Jantung. Apa Saja?

Jika kamu mencari tips menjaga kesehatan jantung di internet atau literatur, hal yang paling banyak dibicarakan adalah hindari merokok. Ya, kebiasaan buruk ini memang sangat membahayakan kesehatan jantung berkat kandungan yang ada di dalam rokok.

Load more

Tapi, untuk menjaga kesehatan jantung masih banyak hal yang bisa dilakukan dan tidak sesulit yang dibayangkan, lho. Mau tahu apa saja kebiasaan sederhana yang baik dan bisa dilakukan sehari-hari untuk menjaga kesehatan jantung?  Simak informasinya di bawah ini, ya!

Tidak Melewatkan Sarapan

Apakah kamu sering melewatkan sarapan? Coba mulai sekarang biasakan selalu menyempatkan waktu untuk melakukannya ya. Pasalnya, sarapan membantu menyuplai energi untuk menunjang berbagai kegiatan yang kamu lakukan.

Kebanyakan juga orang yang tidak terbiasa sarapan cenderung memiliki gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebanyakan asupan kalori dan tidak memerhatikan asupan gizi pada makanan yang dikonsumsi.

Kamu yang tidak terbiasa sarapan juga mudah memiliki lingkar pinggang yang lebar dan tekanan darah, gula darah, indeks massa tubuh (BMI), kadar lemak darah yang cenderung tinggi.  Melewatkan sarapan pun bisa menimbulkan dampak negatif pada hormon pengatur nafsu makan. Orang yang tidak suka sarapan berisiko makan kalap pada siang atau sore hari.

Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bisa memberikan energi sepanjang hari. Konsumsilah makanan yang di dalamnya ada serat dan protein yang tinggi agar bisa meminimalisir rasa lapar dan memberikan energi pada tubuh. Kamu bisa konsumsi nasi merah, telur rebus, bubur gandum yang ditambah buah-buahan, atau yogurt. Jangan konsumsi makanan yang digoreng untuk hindari jumlah kalori yang tidak sehat.

Pastikan Tidur Cukup Setiap Hari

Ternyata bila kamu sering tidur kurang dari 6 jam dalam sehari justru malah memicu berbagai penyakit seperti serangan jantung muncul. Apa sebabnya? ketika tubuh kurang tidur, memengaruhi sistem hormon yang ada dalam tubuh sehingga bisa memicu sistem imunitas melepaskan hormon stres yang berlebihan. Ini mengakibatkan gula darah, tekanan darah, dan denyut jantung cenderung meningkat. Biasakan untuk tidur 8 jam sehari untuk membantu memproduksi sel-sel baru.

Selain itu, biasakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, jangan berolahraga sebelum tidur, jangan konsumsi makan dan minum berlemak tinggi sebelum tidur, dan pastikan tidak terkena paparan sinar elektronik seperti LED dari televisi atau smartphone ketika ingin tidur.

Jalan Kaki

Kamu pasti sudah tahu jika orang yang kurang bergerak bisa memicu berbagai macam penyakit di dalam tubuhnya, salah satunya adalah sakit jantung. Tidak perlu berpikir harus meluangkan waktu banyak dan melakukan olahraga yang menguras tenaga.

Kamu hanya perlu meluangkan waktu 30 menit tiap hari dan melakukan jalan kaki di komplek atau jalan bersama hewan peliharaan. Aktivitas fisik sederhana ini bisa menjaga kesehatan jantung karena bantu sirkulasi darah lebih lancar, membawa banyak oksigen ke beberapa organ tubuh, membuat jantung lebih kuat, menurunkan tekanan darah, dan kadar kolesterol. Selain itu, perbanyak gerak dengan naik tangga dibandingkan lift dan eskalator, membiasakan berdiri serta melakukan stretching dari kursi tiap satu jam sekali.

Baca juga: Orang Muda Juga Bisa Kena! Yuk, Cari Tahu Cara Mencegah Jantung Koroner

Tertawa

Menjaga kesehatan jantung selanjutnya dengan tertawa. Mungkin kamu menganggap jika tertawa tidak memberikan efek apapun pada tubuh. Padahal dengan tertawa bisa berkontribusi dalam kesehatan jantung lho. Tertawa sendiri membantu tubuh melepaskan hormon endorfin yang mendorong munculnya perasaan positif.

Tertawa pun juga bisa menekan hormon yang menjadi penyebab stres, yaitu adrenalin dan kortisol, produksi oksigen di dalam peredaran darah bertambah, melancarkan aliran darah, dan menurunkan tekanan darah. Di mana kondisi-kondisi ini bagus untuk jantung.

Pastikan Sayur dan Buah Ada dalam Menu Harian

Salah satu penyebab sakit jantung adalah tingginya tekanan darah dan kolesterol jahat. Dengan mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung antioksidan, lemak tak jenuh, serat, dan vitamin membantu menekan tingginya kolesterol jahat dan tekanan darah. Hasilnya risiko penyakit jantung bisa lebih rendah.

Mengonsumsi Banyak Ikan dan Makanan Kaya Serat

Bukan cuma sayur dan buah, penting juga menyertakan ikan dan makanan tinggi serat lainnya dalam menu harian kamu. Untuk ikan, pastikan yang mengandung asam lemak omega-3. Pasalnya, kandungan ini bagus untuk bantu menjaga kesehatan jantung. Kamu bisa konsumsi ikan salmon, ikan tuna, dan sarden. Baiknya makan ikan yang kaya asam lemak omega-3 tiga kali dalam satu minggu.

Makanan kaya serat juga bantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol jahat. Selain dari buah dan sayur, kamu bisa mengonsumsi makanan kaya serat lainnya, seperti beras merah, gandum, kacang-kacangan, dan sereal. Kebutuhan serat bagi tubuh sendiri, minimal 30 gram per hari.

Pastikan Cukup Minum Air Putih dalam Sehari

Dengan mengonsumsi air putih yang cukup bisa bantu menjaga kesehatan jantung. Pasalnya cairan yang cukup pada tubuh bisa membantu kerja jantung dalam mengalirkan darah dan oksigen dalam darah tercukupi. Kekurangan cairan pun bisa membuat darah menjadi kental. Dampaknya bisa memicu sumbatan pembuluh darah. 

Sebagai tambahan, untuk menjaga kesehatan jantung, pastikan kamu juga terus memantau kadar kolesterol kamu. Pasalnya, kolesterol yang tinggi bisa memicu sakit jantung. Untuk membantu menurunkan kolesterol, kamu bisa konsumsi Nestlé ACTICOR 2x sehari setelah makan. Di dalamnya ada Beta Glucan dan Inulin yang teruji klinis bantu turunkan kolesterol.

Tersedia empat varian rasa Nestlé ACTICOR, yakni Chocolate, Green-Tea Latte, Avocado, dan Banana. Nestlé ACTICOR bisa dalam kondisi dingin. Bagi kamu yang berusia di atas 18 tahun dan peduli akan kesehatan tubuh, jadikan Nestlé ACTICOR sebagai pilihan minuman kolesterol.

Baca juga: Konsisten Adalah Kunci, Yuk Lakukan 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Ini Agar Tetap Aktif Di Usia Muda