Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Foto : shutterstock

Kapan Waktu Terbaik Cek Kolesterol? Ini Bocorannya

Oleh : Faidah Umu Sofuroh

Jakarta - Penderita kolesterol biasanya tak menyadari bahwa ia memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Sebab, kadar kolesterol tinggi memang jarang menunjukkan gejala, dan baru diketahui saat sudah terjadi komplikasi.

Load more

Kadar kolesterol bisa dicek melalui cek kolesterol di dokter, rumah sakit, ataupun klinik kesehatan. Dikutip dari Livestrong, berikut ini waktu yang tepat bagi kamu untuk mengecek kadar kolesterol dalam tubuh.

Mulai Usia 20 Tahun

Tak perlu menunggu terkena penyakit parah karena kolesterol. Segera cek kadar kolesterol saat mulai menginjak usia 20 tahun. Apabila hasilnya baik, pemeriksaan tetap harus diulang setiap 5 tahun sekali. Namun, jika hasil kadar kolesterolnya tinggi, ulangi pemeriksaan setiap 3 bulan sekali sembari lakukan cara untuk menurunkan kolesterol hingga kadarnya normal kembali.

Bagi laki-laki berusia di atas 45 tahun dan perempuan di atas 50 tahun, sebaiknya cek kadar kolesterol setiap tahun. Hal ini karena risiko terkena penyakit jantung atau penyakit yang berkaitan dengan penyumbatan pembuluh darah akan meningkat di usia tersebut.

Lihat Faktor Risiko

Jika kamu atau keluargamu memiliki riwayat penyakit jantung, obesitas, serta gaya hidup tidak sehat dan merokok, ada baiknya kamu segera melakukan cek kadar kolesterol. Sebab, efek kolesterol tinggi bisa menjadi faktor risiko terkena penyakit jantung. Sehingga untuk mengurangi risiko tersebut, cek kadar kolesterol bisa jadi salah satu caranya.

Punya Riwayat Keturunan Hiperkolesterolemia

Kondisi genetik ini menyebabkan kadar kolesterol tinggi yang turun temurun dalam anggota keluarga. Hal ini menempatkan seseorang pada risiko tinggi terkena serangan jantung lebih awal.

Meskipun kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala, tapi riwayat keturunan ini bisa menunjukkan tanda seperti deposit kolesterol yaitu berupa garis putih pada kulit di sekitar mata. Selain itu kondisi ini bisa dideteksi melalui tes kolesterol atau tes genetik.

Ketiga momen itu jadi waktu yang tepat untuk mengecek kadar kolesterol dalam darahmu. Dengan rutin cek kadar kolesterol, maka kamu akan mengetahui cara yang tepat untuk atasi atau turunkan kadar kolesterol agar tak menyebabkan penyakit lain yang lebih serius.

Jika kamu merasa 'saya sudah tahu bahaya kolesterol tinggi', maka segera turunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuhmu. Beberapa penyebab kolesterol tinggi yaitu bisa berasal dari makanan hingga gaya hidup tidak sehat.

Cara untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh antara lain dengan menghindari makanan berkolesterol tinggi, junk food, dan bantu dengan minum Nestlé ACTICOR.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman untuk menurunkan kolesterol yang mengandung susu dengan serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Beta Glucan dan Inulin juga mampu memperbaiki profil LIPID dengan mempengaruhi LIPID dan asam empedu. Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami, rendah lemak dan rasanya pun sangat enak.

Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Tak hanya itu, Nestlé ACTICOR juga bisa menjadi sumber vitamin B1 dan B2. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Buat kamu yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dikombinasikan dengan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestlé ACTICOR dianjurkan untuk diminum 2x sehari setelah makan.

Dengan Nestlé ACTICOR, kamu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kolesterol jahat turun, maka akan mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol yang jadi pemicu penyakit jantung. Mulai hari ini, yuk minum Nestlé ACTICOR setiap hari.

Sumber : Detik.com