Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Ketahui Kandungan Kolesterol Dalam Deretan Makanan Ini untuk Jaga Kolesterol Tetap Stabil!

Apakah Anda adalah seorang yang mudah lelah dan suka mengantuk dengan berat badan berlebih serta punya gaya hidup yang tidak sehat? Hati-hati, sebab seluruh kondisi ini bisa jadi pertanda dan pemicu kolesterol tinggi.

Load more

Kandungan kolesterol dalam makananAdapun salah satu penyebab kolesterol tinggi ini adalah hasil dari kandungan kolesterol dalam makanan yang kamu konsumsi setiap hari. Hal ini memang sering kali tidak disadari sebab ketidaktahuan kita terhadap jumlah kolesterol yang terdapat pada makanan tersebut.

Secara umum, kolesterol dibedakan ke dalam dua bentuk, yakni kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dikenal sebagai kolesterol jahat dan kolesterol high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Keduanya menyerupai lipid atau zat lilin yang diproduksi secara alami di organ hati.

Fungsinya antara lain untuk penyusunan membran sel, pembentukan hormon tubuh tertentu, serta  pembuatan vitamin D. Pada dasarnya, kolesterol tidak dapat larut di dalam air, sehingga tidak dapat mengalir melalui darah. Untuk membantu mengangkut kolesterol, hati memproduksi lipoprotein di mana senyawa ini terbuat dari lemak dan protein.

Khusus untuk kolesterol jahat, masalah kesehatan disebabkan oleh kolesterol sering kali bermula saat senyawa ini memiliki kadar tinggi dan menumpuk di dinding arteri darah. Penumpukan ini juga dikenal sebagai plak kolesterol.

Plak ini dapat mempersempit arteri, membatasi aliran darah, dan meningkatkan risiko pembekuan darah. Jika gumpalan darah menyumbat arteri di jantung atau otak, maka kondisi ini bisa berakhir pada serangan jantung atau strok.

Lantas, makanan apa saja yang punya kandungan kolesterol di dalamnya yang mampu meningkatkan kadar kolesterol LDL? Yuk, cek daftarnya di bawah ini!

1. Kuning Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang lazim dikonsumsi oleh banyak keluarga di Indonesia. Tidak sedikit pula orang yang senang mengkonsumsi bagian kuning telur. Meski terbilang kaya protein, kandungan kolesterol dalam makanan yang satu ini terbilang tinggi. Setidaknya ada 1200 miligram atau 400% lebih kolesterol khusus di kuning telur  apabila dibandingkan dengan kebutuhan kolesterol harian seseorang.

2. Udang

Sudah bukan rahasia lagi jika makanan laut punya kolesterol yang terbilang tinggi, salah satunya udang. Pada setiap 1 ons udang terdapat kurang lebih 55mg, sedangkan satu ekor udang besar punya 11mg kadar kolesterol.

Baca juga: Berapakah Kadar Normal Kolesterol Dalam Tubuh? Simak Penjelasannya!

3. Makanan Cepat Saji

Bagi kamu pencinta makanan cepat saji, ada baiknya jika kamu mengetahui kandungan kolesterol dalam makanan ini. Pasalnya, kandungan lemak jenuh yang terbuat dari adanya penambahan hidrogen pada minyak sayur yang dipakai untuk menggoreng beragam menu makanan cepat saji.

4. Makanan yang Digoreng

Sebenarnya bukan hanya makanan cepat saji, makanan yang digoreng harus menjadi perhatian kamu jika ingin kolesterol tetap stabil. Hal ini disebabkan oleh kandungan kolesterol yang pasti terdapat di dalam makanan yang diolah dengan cara ini. Apabila jika proses penggorengannya menggunakan minyak yang telah dipakai berulang kali.

5. Jeroan

Salah satu bagian hewan yang sering kali disajikan ke dalam berbagai menu adalah jeroan. Namun, tahukah kamu bahwa bagian yang berupa babat, otak, dan susu mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan dengan bagian daging? Batasi konsumsi bagian yang satu ini agar kadar kolesterolmu tetap normal.

Baca juga: Masih Sulit Menghindari Makanan Pantangan Kolesterol? Ini Cara Jitu untuk Aman Mengkonsumsinya

6. Es Krim

Terakhir, ada es krim yang memang difavoritkan oleh banyak orang, tetapi sayangnya harus dibatasi. Bayangkan, satu cup es krim ternyata punya lebih banyak kolesterol jika dibandingkan dengan satu porsi burger dan donat. Jadi, selalu waspada terhadap makanan ini, ya!

Nah, itulah daftar kandungan kolesterol dalam makanan yang perlu diketahui agar kadar kolesterol tetap stabil. Pada dasarnya, kita tidak dapat benar-benar terbebas dari tingginya kadar kolesterol. Namun, dengan mengetahui kandungan apa saja yang terdapat di dalam makanan yang dikonsumsi, kita bisa senantiasa meminimalisir dampak negatifnya terhadap tubuh.

Di antaranya dengan menerapkan pola hidup sehat dan juga rutin minum Nestlé ACTICOR dua kali sehari. Nestlé ACTICOR diperkaya serat larut inulin yang diperoleh dari tanaman chicory serta beta-glucan yang didapatkan dari oat. Keduanya telah teruji secara klinis dapat bantu turunkan kadar kolesterol LDL pada tubuh.

Belum lagi, mengkonsumsinya juga sangatlah mudah. Selain dikemas dalam botol yang praktis, Nestlé ACTICOR juga memiliki rasa yang nikmat yang tersedia dalam 4 varian, antara lain Green Tea Latte, Chocolate, Banana, dan juga Avocado.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!