Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Segar! 7 Jus Penurun Kolesterol yang Enak dan Sederhana untuk Dicoba di Rumah

Dalam upaya menurunkan kolesterol tubuh, pola hidup sehat merupakan hal utama yang harus diterapkan. Akan tetapi, pola hidup sehat ini hanya bisa terjadi melalui komitmen kamu dalam kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan secara rutin. Dengan begitu, hasil yang didapatkan dapat diperoleh secara maksimal dan juga konsisten.

Load more

Secara garis besar, hal ini bisa dilakukan dengan membuat kebiasaan sehat tersebut menjadi lebih mudah. Salah satu contoh yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah konsumsi jus penurun kolesterol. Jika pada umumnya mengonsumsi sayur dan buah-buahan membuat kamu repot, menikmatinya melalui jus atau smoothies bisa menjadi alternatif yang praktis serta fleksibel.

Ingin tahu bahan-bahan apa saja yang bisa kamu pakai saat membuat jus penurun kolesterol yang sederhana, tetapi juga nikmat dan penuh manfaat? Berikut adalah beberapa di antaranya!

1. Pisang

Buah pisang adalah salah satu pilihan yang paling populer digunakan saat membuat smoothies. Hal ini karena pisang bisa digunakan sebagai bahan dasar (base) dan dicampur dengan berbagai macam bahan lainnya untuk meningkatkan manfaat kesehatan yang dimiliki sajian jus atau smoothie kamu.

Kemudian, pisang juga memiliki beberapa kandungan nutrisi yang sayang untuk dilewatkan, yakni kalium, magnesium, serta vitamin C dan B6. Bukan hanya itu saja, 1 buah pisang ukuran sedang ternyata juga diperkaya serat larut (soluble fiber) sebanyak 0,6 gram. Perlu diketahui, memenuhi kebutuhan serat larut sangatlah penting untuk membuang kolesterol dari tubuh.

2. Alpukat

Sebagai tambahan dari buah pisang, kamu juga bisa memasukkan alpukat ke dalam blender. Alpukat memiliki rasa yang cenderung tawar dan akan berpadu sempurna dengan buah-buahan yang manis, seperti pisang, mangga, dan blueberry.

Selain itu, alpukat pun bisa dibilang salah satu buah yang paling mampu menurunkan kolesterol. Sama seperti pisang, alpukat mengandung serat larut yang bisa menurunkan kolesterol. Namun, buah yang satu ini juga mempunyai lemak tak jenuh tunggal yang, jika digabung dengan manfaat serat larut, dapat menurunkan kolesterol jahat LDL (low-density lipoproteins) dan meningkatkan kolesterol baik HDL (high-density lipoproteins).

3. Pomegranate

Buah delima, atau yang juga dikenal dengan julukan pomegranate, mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, salah satunya adalah polifenol. Bahkan, kandungan antioksidan ini bisa dibilang lebih banyak dari buah-buahan biasanya, sehingga disinyalir dapat membantu menurunkan kolesterol jahat LDL secara signifikan.

Saat membuat jus pomegranate, kamu bisa mencampurnya dengan bahan-bahan lainnya. Namun, buah ini sebenarnya memiliki rasa yang cukup manis dan lezat serta dapat dinikmati sendiri tanpa gabungan dengan bahan-bahan lain.

4. Apel

Apakah buah yang satu ini merupakan favorit kamu? Jika jawabannya adalah iya, maka ada kabar baik untukmu karena apel memang memiliki manfaat penurun kolesterol yang cukup efektif. Penasaran?

Manfaat ini rupanya bukan hanya hadir dalam satu kandungan yang dimilikinya, tapi tiga sekaligus, loh! Kandungan-kandungan tersebut antara lain serat larut pektin, antioksidan polifenol, serta fitosterol.

Semuanya bahan tersebut bekerja secara bersamaan dan secara cukup efektif. Bahkan, hal ini menyebabkan para ilmuwan hingga menyarankan untuk mengonsumsi buah apel sebanyak 2 kali per hari!

Namun begitu, saat mengandalkan apel sebagai bahan jus penurun kolesterol, pastikan untuk tidak menyaringnya. Hal ini karena menyaring cenderung mengurangi jumlah serat pektin yang ada pada jus.

5. Wortel

Mencampurkan sayuran dalam jus menjadi hal yang wajar dilakukan, terutama bagi mereka yang ingin meraih manfaat kesehatan tertentu. Nah, dalam menurunkan kolesterol, kamu juga bisa menggunakan wortel, lho! Hal ini karena wortel mengandung 4,6 gram serat pangan pada setiap 128 gramnya. Dari angka itu, setidaknya 2,4 gramnya adalah serat larut.

6. Bayam

Sayuran yang satu ini akan membuat jus penurun kolesterol menjadi sangat hijau dan sehat. Pertama, bayam diperkaya lutein yang merupakan karotenoid dan juga antioksidan. Kandungan ini disinyalir mampu menurunkan kolesterol LDL yang teroksidasi dan menjauhkan risiko penghambatan arteri karena kolesterol tersebut.

Kemudian, kandungan vitamin dan mineral pada sayuran ini pun juga bisa dibilang luar biasa. Kamu akan merasakan asam folat, zat besi, kalsium serta vitamin A, C, dan K1 pada setiap tegukan jus penurun kolesterol yang menggunakan bayam.

7. Blueberry

Pada umumnya, golongan buah beri cenderung baik untuk menjaga kadar kolesterol. Namun, sebagai rekomendasi, kamu dapat menggunakan blueberry saat mencampur bahan-bahan untuk jus penurun kolesterol. Selain karena rasanya yang manis dan segar, buah yang satu ini mengandung serat larut serta antioksidan flavonoid. Kedua kandungan ini merupakan kombinasi yang dapat bantu turunkan kolesterol.

Nah, itulah tadi beberapa bahan yang bisa kamu gunakan saat membuat jus penurun kolesterol. Tapi, sebelum lanjut berkreasi, ada baiknya untuk memperhatikan dan menerapkan beberapa tips berikut ini terlebih dahulu!

● Mencuci Hingga Bersih

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum memotong buah atau sayur adalah dengan mencucinya menggunakan air yang mengalir untuk menghilangkan bakteri. Hindari menggunakan detergen atau sabun karena cara ini tidak direkomendasikan.

● Memasukkannya ke dalam Lemari Pendingin

Tidak semua jenis buah atau sayuran bisa dimasukkan ke lemari pendingin. Namun, untuk pilihan-pilihan yang telah disebutkan sebelumnya, pastikan kamu memasukkannya ke dalam kulkas bersuhu sekitar 4.4 °C, terutama jika kamu telah memotong buah atau sayuran tersebut 2 jam sebelumnya. Dengan begitu, buah dan sayuran pun akan menjadi awet.

● Membekukan Buah

Jika tidak ingin menggunakan banyak es batu, kamu bisa membekukkan buah terlebih dahulu dengan memasukkannya ke dalam freezer. Beberapa contoh buahnya antara lain pisang dan juga blueberry.

Setelah mengetahui tips dan rekomendasi bahan-bahan di atas, jangan ragu untuk mulai menciptakan kreasi sajian jus penurun kolesterol. Apa pun pilihan bahan dan metode yang dipilih, pastikan untuk menciptakan yang sesuai selera agar dapat dengan mudah diminum setiap hari secara rutin!

Selain dengan mengonsumsi jus buah, kamu juga bisa mengonsumsi Nestlé ACTICOR 2x sehari setelah makan. Hal ini karena Nestlé ACTICOR diperkaya oleh dua jenis serat larut yang teruji secara klinis bermanfaat untuk turunkan kadar kolesterol jahat LDL, yakni beta-glucan yang diambil dari oat serta inulin dari akar chicory.

Manfaat ini hadir dalam empat varian Nestlé ACTICOR yang nikmat, yakni Avocado, Banana, Chocolate, serta Green-Tea Latte. Apa pun varian yang dipilih, Nestlé ACTICOR hadir dalam kemasan praktis yang bisa dengan mudah kamu minum kapan saja.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!