Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Jaga Kesehatan Jantung dengan Jenis Olahraga dan Durasi yang Tepat Berikut Ini!

Memiliki kebiasaan berolahraga juga penting dalam menjaga kesehatan jantungmu, selain menjaga pola makan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan olahraga untuk menurunkan tekanan darah dan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat. Jadi, sangat wajar jika hampir semua ahli kesehatan menganjurkan agar kamu melakukan olahraga untuk kesehatan jantung.

Load more

Tapi, seperti apa ya cara menjaga kesehatan jantung lewat olahraga? Berikut ini beberapa jenis olahraga dan juga berapa lama kamu perlu melakukannya!

1. Olahraga Aerobik

Kategori olahraga aerobik mampu mendukung sirkulasi darah, sehingga dapat menjaga detak jantung dan juga tekanan darah tetap stabil. Selain itu, olahraga jenis ini juga mampu membuat jantung memompa dengan lebih baik dan menjaga kadar gula pada darah.

Adapun yang termasuk dari olahraga untuk kesehatan jantung jenis ini antara lain, berlari dan jogging, berenang, bersepeda, bermain tenis, bermain lompat tali, dan juga senam. Lakukan kegiatan ini setidaknya 5 kali seminggu selama 30 menit per satu sesi.

Baca juga: Olahraga Seru Bersama Keluarga, Cara Mencegah Jantung Koroner

2. Latihan Beban

Resistance training atau latihan beban mampu membantumu mengatur menjaga berat badan dan menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan berat badan berlebihan dan obesitas mampu meningkatkan risiko terserang penyakit jantung dan latihan beban sangat berguna dalam mengurangi lemak pada tubuh dan memperkuat otot.

Kemudian, jika digabung dengan olahraga aerobik, kamu akan merasakan manfaat yang lebih lengkap lagi. Beberapa contohnya adalah meningkatan pada HDL (high-density lipoproteins) dan juga penurunan pada LDL (low-density lipoproteins), atau dikenal juga sebagai “kolesterol jahat.”

Perlu diketahui bahwa LDL memiliki dampak yang buruk pada tubuh, yakni dapat menghambat saluran arteri (aterosklerosis) dan mengakibatkan serangan jantung dan strok. Di sisi lain, HDL sangatlah baik karena dapat membawa kolesterol ke organ liver untuk diproses dan dibuang dari tubuh. Alhasil, total kolesterol pada tubuh pun juga turut stabil.

Jika ingin melakukan olahraga untuk kesehatan jantung yang satu ini, cobalah untuk melakukan setidaknya dua kali seminggu. Kamu bisa mencoba mengangkat barbel atau dumbbell dan juga melakukan push up, squat, dan lain-lain. Tapi, jika kamu khawatir salah melakukannya, tidak ada salahnya untuk menyewa jasa personal trainer agar latihan beban dilakukan dengan benar dan mampu membuahkan hasil secara optimal.

3. Peregangan Otot

Stretching atau peregangan otot dilakukan saat pemanasan dan juga pendinginan setiap sebelum kegiatan olahraga. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko cedera pada otot tubuh.

Tapi, tahukah kamu bahwa kegiatan ini juga mampu melengkapi olahraga untuk kesehatan jantung yang telah disebutkan sebelumnya?

Pasalnya, peregangan otot dapat menjaga otot tetap lentur, menjauhkan dari kram otot, dan rasa sakit pada persendian. Hal ini dapat memungkinkanmu melakukan olahraga aerobik dan latihan beban secara lebih baik dan memperoleh hasil yang lebih sempurna.

Lakukanlah peregangan otot setiap hari serta sebelum dan sesudah berolahraga. Bila tidak tahu harus mulai dari mana, kamu bisa menonton video di internet atau mengikuti kelas yoga secara daring.

4. Cara Lain yang Perlu Dilakukan

Selain olahraga untuk kesehatan jantung, kamu tetap perlu memastikan cara-cara lain juga telah dijalani. Sebab, tanpa gaya hidup yang sehat, olahraga mungkin tidak bisa membawa peningkatan yang signifikan atau sesuai harapanmu. Adapun beberapa hal yang perlu kamu lakukan, yakni sebagai berikut:

  • Menjaga Pola Makan

Jaga kesehatan jantungmu dengan pola makan yang mendukung peredaran darah yang lancar serta kadar kolesterol yang stabil. Untuk menjaga tekanan darah stabil, upayakan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan sodium yang rendah. Selanjutnya, agar kolesterol stabil, konsumsi makanan rendah lemak trans dan lemak jenuh.

Sebagai gantinya, konsumsi makanan dengan serat yang tinggi, seperti pada buah-buahan dan sayuran, serta makanan dengan lemak tidak jenuh, seperti ikan salmon, alpukat, dan kacang-kacangan.

  • Jauhi Kebiasaan Merokok

Merokok dapat menyebabkan kanker, penyakit paru-paru, dan juga diabetes. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan LDL, sehingga dapat membuat arteri terhambat, strok, dan juga penyakit jantung. Menyeramkan, bukan?

  • Waspada Penyakit Lainnya

Berbagai penyakit mampu mempengaruhi risiko penyakit jantung dan juga kolesterol tinggi. Beberapa di antaranya adalah diabetes, darah tinggi, obesitas, dan juga kolesterol tinggi. 

Kemudian, ada pula familial hypercholesterolaemia (FH) yang merupakan faktor genetik yang membuat para pengidapnya memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi. Apabila memiliki kondisi-kondisi kesehatan tersebut, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang terbaik.

Nah, itulah tadi berbagai kegiatan olahraga untuk kesehatan jantung. Pada dasarnya, olahraga merupakan kegiatan yang harus diutamakan apabila kamu ingin menjaga kesehatan jantung. Tapi, jangan lupa untuk menjalani pola hidup sehat agar manfaat dari olahraga bisa kamu raih secara optimal!

Tak hanya itu saja, jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi serat larut setiap hari demi kadar kolesterol yang rendah dan jantung yang sehat. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi Nestlé ACTICOR 2 kali sehari.

Perlu diketahui bahwa Nestlé ACTICOR diperkaya serat larut inulin dari akar chicory serta juga serat larut beta-glucan dari oats. Keduanya teruji klinis mampu mampu mengurangi kadar kolesterol LDL.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!