Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

5 Jenis Kombinasi Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantungmu

Tidak dapat dimungkiri lagi jika penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Penyakit jantung sendiri memiliki kaitan erat dengan tingginya kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Artinya, jika kadar kolesterol jahat sering meningkat, maka risiko terkena penyakit jantung pun sulit untuk dihindarkan.

Load more

makanan untuk menjaga kesehatan jantungDemi meminimalisir hal tersebut, menjaga pola makan adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, tidak semua jenis makanan baik untuk kesehatan jantung. Lalu, apa saja sih, jenis-jenis makanan untuk menjaga kesehatan jantung? Berikut 5 kombinasi makanan yang baik untuk kesehatan jantung:

1. Ikan Salmon/Tuna dan Bawang Putih

Pada olahan menu seafood, kedua bahan ini memang sudah tidak asing lagi. Selain dapat menghasilkan cita rasa yang lezat, kombinasi keduanya juga bisa dikategorikan sebagai makanan untuk menjaga kesehatan jantung. Ikan salmon dan tuna dianggap baik untuk kesehatan jantung sebab kedua jenis ikan ini mengandung Omega-3 yang tinggi, sehingga dapat mengurangi risiko gangguan pada jantung dan menurunkan tekanan darah.

2. Apel dan Dark Chocolate

Sama seperti kombinasi ikan dan bawang putih, kombinasi buah dan makanan manis ini juga dianggap sebagai makanan untuk menjaga kesehatan jantung. Dalam sebuah studi disebutka bahwa kulit apel mengandung zat quercetin–flavonoid yang merupakan zat antiradang dan mempercepat pemulihan berbagai penyakit. Sementara dark chocolate mengandung antioksidan yang berguna untuk mencegah terjadinya pengerasan pada arteri. Kombinasi kedua bahan ini dipercaya dapat memperbaiki kondisi pembuluh darah sekaligus menjaga kesehatan jantung.

3. Buah Apel dan Raspberry

Makanan untuk menjaga kesehatan jantung yang berikutnya adalah kombinasi buah apel dan raspberry, Selain dikategorikan menjadi makanan untuk menjaga kesehatan jantung, dilansir dari sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Nutrition, raspberry juga mengandung zat antioksidan yang bernama asam ellagic yang mampu mendukung kinerja zat quercetin dari kulit apel untuk membunuh sel kanker.

4. Teh Hijau dan Lemon

Apakah kamu pernah mengkombinasikan keduanya? Jika belum, tidak ada salahnya mencoba. Kandungan polifenol aktif yang terdapat dalam teh hijau terbukti bisa memerangi sel penyakit kanker dan penyakit kardiovaskular. Sama halnya dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Purdue University di Amerika Serikat bahwa memberikan perasan air lemon ke dalam secangkir teh hijau bakal membantu penyerapannya ke dalam tubuh jadi lebih baik.

Baca juga: Konsisten Adalah Kunci, Yuk Lakukan 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Ini Agar Tetap Aktif Di Usia Muda

5. Bawang Bombay dan Kacang-kacangan

Berikutnya, kombinasi makanan untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa kamu coba adalah bawang bombay dan kacang-kacangan. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry menyebutkan bahwa bawang bombay mengandung senyawa sulfur yang bisa membantu penyerapan zat besi yang berasal dari berbagai kacang-kacangan ke dalam tubuh.

Itulah tadi lima jenis kombinasi makanan untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa kamu coba. Selain mengonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan jantung di atas, kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat lainnya, seperti berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, serta tidak merokok. Tidak hanya itu, lengkapi pola hidup sehatmu dengan mengonsumsi Nestlé ACTICOR setiap hari. 

Nestlé ACTICOR diperkaya dengan kandungan serat larut Beta glucan yang diperoleh dari oats serta Inulin dari akar chicory yang sudah teruji klinis dapat membantu turunkan kolesterol. Kamu bisa mencoba empat varian yang dimiliki Nestlé ACTICOR, yakni Green Tea Latte, Chocolate, Avocado, dan Banana untuk diminum 2 kali sehari setelah makan.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!