Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Jangan Panik, Ini Cara Alami Turunkan Kolesterol Usai Lebaran

Berbagai hidangan lebaran, seperti ketupat, opor ayam, ataupun rendang, sebenarnya mudah didapatkan pada hari-hari biasa. Namun begitu, kebersamaan serta kemeriahan saat lebaran seolah membuat menu-menu tersebut menjadi lebih spesial dan sulit untuk dihindari.

Load more

Bagi sebagian orang, hal ini tentu bukan sebuah masalah. Sayangnya, untuk para penderita kolesterol tinggi, antisipasi terhadap makanan-makanan lebaran sudah sewajarnya dibarengi dengan berbagai rencana untuk menurunkan kolesterol saat perayaan ini selesai.

Apabila kamu termasuk orang yang mengalami gangguan kesehatan ini, jangan khawatir! Berbagai cara alami turunkan kolesterol berikut ini mungkin akan dapat membantumu. Simak penjelasannya, yuk!

 

Kembali Berolahraga

Berolahraga saat berpuasa sangatlah mungkin untuk dilakukan. Namun, tidak dimungkiri bahwa aktivitas fisik ini tidak akan bisa seoptimal biasanya. Maka dari itu, setelah lebaran merupakan momen yang tepat untuk kamu lebih rajin berolahraga.

Olahraga bukan hanya meningkatkan kemampuan fisik saja, melainkan juga merupakan cara alami turunkan kolesterol pada tubuh. Pasalnya, berolahraga bakal meningkatkan kolesterol baik HDL (high-density lipoproteins) serta juga menurunkan kolesterol jahat LDL (low-density lipoproteins) di dalam tubuh. Hebat, bukan?

Nah, dalam melakukan olahraga, kamu bisa memulai kegiatan aerobik dan juga resistance training seperti angkat beban atau push-up. Namun, olahraga ringan seperti berjalan-jalan secara rutin saja juga bisa meningkatkan HDL, kok!

 

Menjaga Pola Makan

Setelah makan sepuasnya, kini saatnya kamu lebih bijak lagi dalam menentukan makanan. Berikut adalah beberapa tips pola makan sehat sebagai salah satu cara alami turunkan kolesterol usai perayaan Idul Fitri!

 

  • Perbanyak makan serat larut, seperti yang ada pada sayuran serta buah-buahan.
  • Hindari lemak jenuh yang biasanya terdapat pada daging merah. Kamu bisa mengonsumsi daging dengan lemak tak jenuh seperti pada makanan laut agar dapat mengurangi kadar kolesterol jahat LDL.
  • Saat memasak, ganti minyak yang biasa kamu gunakan dengan minyak zaitun atau minyak canola.
  • Hindari menggoreng dan biasakan merebus serta menumis makananmu.
  • Ketika minum susu, pilihlah yang rendah lemak.
  • Penuhi kebutuhan protein melalui sumber makanan yang rendah kolesterol, seperti pada kacang-kacangan dan juga ikan.

 

Berhenti Merokok

Kemampuannya mengurangi kadar HDL di dalam tubuh merupakan salah satu alasan mengapa setiap orang sebaiknya menghindari rokok. Pasalnya, senyawa HDL berfungsi untuk membawa kolesterol kembali ke hati agar bisa diproses. Bila dibiarkan begitu saja, kolesterol biasanya malah tertimbun pada saluran arteri dan menyebabkan komplikasi, seperti strok dan serangan jantung.

Apabila kamu merupakan perokok aktif, sekarang bukanlah waktu yang terlambat untuk kamu berhenti merokok. Sebab, dengan berhenti merokok, kamu bisa mengurangi dampak buruk yang dibawa oleh kebiasaan tidak sehat tersebut.

 

Nah, itulah tadi beberapa cara alami turunkan kolesterol yang bisa kamu lakukan setelah lebaran. Perlu diketahui bahwa kadar kolesterol yang melonjak sering sekali terjadi ketika kamu tidak menjaga gaya hidup dan pola makan sehat. Maka dari itu, terapkanlah tips-tips di atas pada kehidupan kamu seterusnya. Bukan hanya setelah lebaran saja, ya!

 

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan cara alami turunkan kolesterol lainnya, yakni dengan meminum Nestlé ACTICOR. Nestlé ACTICOR diperkaya kandungan soluble fiber inulin yang diperoleh dari chicory dan beta glucan yang berasal dari kandungan oats. Kedua kandungan ini telah teruji klinis dapat mengurangi kadar kolesterol jahat LDL pada tubuh.

 

Kamu bisa merasakan manfaat alaminya dalam 4 varian rasa yang lezat, antara lain Green Tea Latte, Chocolate, Banana, dan Avocado. Pilihlah sesuai seleramu dan minumlah sebanyak 2 kali sehari setelah kamu makan. Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!