Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Foto : shutterstock

Ini 5 Cara Mudah Kolesterol Bagi Pekerja Kantoran

Oleh : Akfa Nasrulhak

Jakarta - Sebagai pekerja kantoran, menjalankan gaya hidup sehat memang sedikit sulit. Pasalnya, dari pagi hingga malam, semua kegiatan didedikasikan untuk mengerjakan tugas kantor.

Dengan kondisi rutinitas kantor yang super sibuk ini seringkali membuat pekerja memiliki gaya hidup tidak sehat dengan pola makan sembarangan. Makan makanan apa adanya tanpa memperhatikan nutrisi menjadi pemicu maraknya kolesterol tinggi di kalangan pekerja kantoran.

Kolesterol tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung karena pembuluh darah arteri yang menyempit. Karena itu, untuk mencegah berkembangnya penyakit ini, pekerja kantoran perlu mengendalikan kadar kolesterol agar tetap stabil.

Kuncinya, tentu dengan mengubah kebiasaan di kantor menjadi lebih sehat. Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk menurunkan kadar kolesterol bagi pekerja kantoran.

Load more

1. Kurangi Makanan Cepat Saji

Bekerja di kantor seharian pasti membuat Anda lapar atau ingin mengunyah. Ini mendorong Anda untuk memesan junk food yang praktis, cepat, dan tentunya dapat mengenyangkan perut. Namun, makanan ini menjadi pantangan bagi orang dengan kadar kolesterol tinggi.

Junk food cenderung tinggi gula, garam, dan lemak jenuh. Jika dikonsumsi sembarangan, berat badan Anda bisa naik tanpa kendali. Akibatnya, kenaikan berat badan ini juga memicu kadar kolesterol jahat melonjak naik.

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi ini, pekerja kantoran harus mengurangi makan junk food. Sebagai gantinya, siapkan selalu camilan sehat yang bisa mengenyangkan perut. Misalnya pisang, apel, atau yoghurt.

2. Jangan Banyak Duduk

Aktif bergerak ternyata menyehatkan tubuh. Salah satunya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi pada orang kantoran. Pekerja kantoran cenderung menghabiskan waktu untuk duduk di depan laptop. Kurang aktifnya tubuh untuk bergerak ini bisa menyebabkan kadar kolesterol naik.

Jika Anda malas bergerak, berat badan sangat mudah naik. Bila berat badan sudah berlebihan, kadar LDL dan trigliserida akan meningkat. Itulah sebabnya pekerja kantor harus tetap aktif meski menghabiskan waktu duduk di kursi. Ini bisa dilakukan dengan perbanyak berjalan kaki atau memilih naik tangga ketimbang naik eskalator atau lift.

3. Olahraga Ringan di Kantor

Olahraga adalah salah satu yang terbaik untuk kesehatan jantung. Tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik dan membantu memerangi obesitas, tetapi juga menurunkan kolesterol.

Meskipun sibuk, olahraga ringan bisa dilakukan di sela-sela jam kantor. Anda bisa mencoba gerakan peregangan, seperti mengangkat bahu naik turun setinggi telinga. Posisikan tubuh berdiri tegak, lalu angkat bahu mendekati telinga Anda. Tahan selama 5 detik dan lemaskan tubuh. Lakukan secara berulang sebanyak 15 kali.

4. Setop Merokok dan Jauhi Perokok

Merokok dikaitkan dengan menurunkan level kolesterol baik (high-density lipoprotein/HDL) dan meningkatkan total kolesterol yang jahat. Selain itu, tar yang ada di rokok juga menghambat kemampuan tubuh untuk memindahkan kolesterol ke hati untuk dihancurkan.

Nah, untuk menurunkan kembali kadar kolesterol jahat yang naik akibat merokok, pekerja kantor harus menghentikan kebiasaan merokok. Sebuah studi menunjukkan berhenti merokok dapat meningkatkan konsentrasi HDL-C, yaitu kolesterol baik yang melawan LDL.

Selain berhenti merokok, pekerja kantor juga perlu menjauhi asap rokok. Jika ada rekan Anda yang sedang merokok, sebaiknya pergi dari tempat tersebut dengan sopan. Ini supaya Anda tidak ikut menghirup asap rokok dan menjadi perokok pasif.

5. Konsumsi Serat Beta-glukan dan Inulin

Menurunkan kadar kolesterol pada orang kantoran juga bisa dilakukan dengan meningkatkan asupan serat. Contohnya serat beta-glukan dan inulin. Menurut studi, serat beta-glukan dapat berinteraksi dengan lemak darah sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Begitu juga dengan kandungan prebiotik pada inulin dapat mengurangi kadar serum dari LDL dalam tubuh.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi minuman sehat yang praktis dan efektif untuk menurunkan kolesterol seperti Nestlé ACTICOR. Minuman ini efektif membantu Anda menjaga jantung dengan mengurangi kolesterol secara alami melalui Beta Glucan dan Inulin & Nestlé ACTICOR. Dilengkapi dengan Vitamin B1 dan B2, ACTICOR juga rendah lemak.

Nestlé ACTICOR memiliki empat varian rasa yang lezat seperti avocado, banana, green tea latte dan chocolate. Dengan mengonsumsi dua ACTICOR sehari, Anda tak perlu lagi cemas menjalani kesibukan di kantor karena kolesterol Anda tetap terkontrol.

Sumber : Detik.com