Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Harus Coba! 4 Minuman Penurun Kolesterol yang Sehat untuk Bantu Jalani Puasa

Setelah seharian berpuasa, kebanyakan orang mungkin bakal berbuka dengan apa saja yang nikmat bagi mereka. Namun, untuk para penderita kolesterol tinggi, pilihan menu berbuka perlu diperhatikan kembali agar tidak memperburuk kondisi kesehatan. Bahkan, kalau bisa, menu berbuka diusahakan justru dapat mengurangi kadar kolesterol jahat secara signifikan.

 

Load more

Apabila kamu salah satu yang berniat menurunkan kolesterol tinggi, perlu diketahui bahwa hal ini sangatlah mungkin untuk didapatkan dengan memperhatikan berbagai aspek. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman penurun kolesterol yang tepat saat waktu berbuka puasa tiba. Ingin tahu minuman apa saja yang cocok untuk penderita kolesterol tinggi? Segera cek beberapa di antaranya di bawah ini!

Teh Hijau (Green Tea)

Saat memilih minuman berbuka puasa yang sehat, kamu bisa menjadikan teh hijau sebagai salah satu opsinya. Teh hijau mengandung polifenol, sebuah senyawa alami yang dipercaya mampu mengurangi peradangan pada tubuh dan bekerja sebagai antioksidan guna melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Namun, sebagai minuman penurun kolesterol, fungsi teh hijau sendiri terletak pada kemampuan kandungan polifenol dalam mengurangi low-density lipoproteins (LDL) pada tubuh. LDL merupakan jenis lipoprotein yang jika jumlahnya terlalu banyak di dalam tubuh, maka dapat berisiko menghambat saluran arteri.

Minuman Coklat

Selanjutnya, coklat juga mengandung kadar polifenol yang tinggi yang menjadikannya sebagai salah satu pilihan minuman penurun kolesterol. Sama seperti teh hijau, kandungan polifenol ini mampu menurunkan LDL. Namun, selain itu, kandungan ini juga kandungan ini juga dapat menekan oksidasi LDL serta meningkatkan high-density lipoproteins (HDL) yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Susu Kedelai

Minuman yang satu ini sering dijadikan alternatif susu bagi mereka yang memiliki intoleransi terhadap laktosa (lactose intolerance). Namun, siapa menyangka? Rupanya, susu kedelai juga bisa dikonsumsi sebagai minuman penurun kolesterol

Produk yang terbuat dari kedelai, termasuk susu kedelai, diketahui sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol LDL. Manfaat ini dipercaya merupakan efek dari protein, serat, serta isoflavon yang terdapat dalam kedelai.

Jus Buah

Menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa akan semakin nikmat jika ditemani kesegaran jus buah. Nah, kalau kamu membuatnya dengan buah-buah tertentu, kesegaran ini bisa datang bersamaan dengan kebaikan lainnya yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Sebagai contoh adalah buah alpukat. Selain nikmat setelah dicampur dengan es batu di dalam blender, alpukat juga mampu menurunkan LDL serta meningkatkan HDL. Hal ini karena alpukat mempunyai kandungan filosterol serta lemak tak jenuh yang memiliki manfaat secara signifikan memperbaiki kondisi kamu.

Selanjutnya, ada juga beberapa jenis buah lainnya, seperti apel dan juga anggur, yang juga baik untuk penderita kolesterol. Kedua buah tersebut (dan juga alpukat) rupanya kandungan pectin yang tinggi dan sangat baik untuk dijadikan sebagai minuman penurun kolesterol. Pectin sendiri merupakan serat pangan larut air yang dipercaya mampu menurunkan kolesterol LDL, bahkan hingga 10%.

Tidak hanya itu saja, pisang pun juga mempunyai kandungan serat yang dinyatakan bagus untuk kondisi kamu. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol, kandungan seratnya juga dipercaya mampu menghambat pembentukan plak yang dapat menghambat pembuluh darah.

Nah, itulah tadi beberapa minuman penurun kolesterol yang bisa kamu minum saat sahur dan berbuka puasa. Selain mengonsumsi minuman tersebut, pastikan kamu juga senantiasa menjalankan gaya hidup yang sehat dengan memilih makanan yang tepat serta rutin berolahraga. Pasalnya, upaya menurunkan kolesterol merupakan gabungan dari segala hal tersebut.

Salah satu alternatif cara alami turunkan kolesterol yang bisa kamu coba, yakni mengonsumsi Nestlé ACTICOR. Pasalnya, Nestlé ACTICOR mengandung serat pangan larut air berupa Beta Glucan yang diambil dari oat dan juga Inulin dari tanaman chicory. Kedua kandungannya teruji klinis mampu menurunkan kadar kolesterol LDL pada tubuh.

Nestlé ACTICOR hadir dalam empat varian, antara lain Avocado, Green Tea Latte, Chocolate, serta Banana. Perpaduan kandungan sehat dan rasa yang nikmat membuat Nestlé ACTICOR baik dan nikmat untuk diminum dua kali sehari setelah makan. Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!