Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

Terjadinya penyakit jantung sering kali dianggap hanya sebagai masalah bagi para pria. Padahal setiap orang, baik pria maupun wanita punya risiko penyakit jantung yang sama. Pasalnya, walaupun risiko penyakit jantung pada pria di usia produktif lebih tinggi, namun setelah melewati periode menopause, risiko penyakit jantung pada wanita lebih tinggi. Oleh karena itu, inilah alasan mengapa gejala sakit jantung pada wanita perlu diketahui.

Load more

Penerapan istilah penyakit jantung sendiri digunakan untuk kondisi tidak normal pada jantung dan pembuluh darah. Gangguan ini meliputi penyakit arteri koroner dan perifer, masalah pada ritme jantung, masalah dengan otot atau katup jantung, hingga gagal jantung.

Untuk mendiagnosis sakit jantung, ada baiknya jika langsung ditangani oleh dokter. Dokter yang memeriksa biasanya menanyakan beberapa hal terlebih dahulu mengenai riwayat kesehatan pribadi dan keluargamu. Selain itu, dokter juga akan bertanya tentang gejala yang dirasakan, kapan mulai, dan seberapa parah gejala tersebut. Mereka juga akan bertanya tentang gaya hidupmu, seperti apakah kamu merokok atau seberapa sering kamu berolahraga.

Namun, yang penting untuk diketahui dan diwaspadai adalah gejala sakit jantung pada wanita. Pasalnya, gejala ini sering kali berbeda dengan gejala yang dirasakan oleh para pria. Hadirnya gejala ini pun tidak boleh dianggap sepele sebab pada akhirnya bisa membahayakan seseorang.
Penasaran dengan gejala sakit jantung pada wanita? Simak baik-baik ulasannya di bawah ini!


1. Merasa Tidak Nyaman dan Terasa Nyeri Dada

Gejala sakit jantung yang umum terjadi pada wanita adalah ketidaknyamanan dan rasa nyeri yang muncul di dada. Kondisi ini sangat berbeda dibandingkan para pria di mana nyeri dada pada pria nyeri ini hanya muncul di dada sebelah kiri. Sementara pada wanita, nyeri ini terjadi di hampir seluruh dada.

2. Nyeri di Lengan, Punggung, dan Leher

Ternyata, selain di dada, area lengan, punggung, leher, dan bahkan rahang juga menjadi sasaran terjadinya nyeri. Nyeri yang terjadi di bagian tubuh ini juga jelas berbeda dengan nyeri yang terjadi pada pria yang biasanya hanya pada bagian kiri saja. Untuk wanita, nyeri bisa menjalar ke mana-mana di area tersebut.

3. Sakit Perut

Tidak hanya nyeri di beberapa area tubuh, sakit jantung pada wanita juga kerap ditandai dengan munculnya sakit perut luar biasa. Beberapa orang bisa jadi menganggap keadaan ini sebagai mulas saja atau sakit maag, namun faktanya sakit perut ini dapat merupakan gejala awal gangguan jantung bagi seorang wanita.

4. Keringat Dingin

Sering merasa gugup dan berkeringat dingin? Hati-hati sebab bisa jadi hal ini merupakan gejala sakit jantung pada wanita. Keadaan ini sering kali diperparah jika seseorang mengalami tingkat stres yang tinggi dibandingkan hanya berkeringat karena berolahraga. Maka dari itu, kamu perlu berhati-hati dengan keringat dingin ini.

5. Sesak Napas, Mual, dan Pusing

Adapun gejala lain sakit jantung pada wanita, yaitu terjadinya sesak napas, mual, hingga pusing. Jika kamu mengalami kesulitan bernapas tanpa alasan yang jelas, maka bisa jadi hal ini merupakan pertanda gangguan kesehatan pada jantung. Apalagi jika diikuti oleh gejala-gejala lainnya.

6. Kelelahan

Beberapa wanita yang mengalami serangan jantung sering kali merasa sangat lelah, meskipun mereka telah duduk diam untuk beberapa lama atau tidak banyak bergerak. Bahkan untuk aktivitas sederhana seperti ke kamar mandi, wanita dengan gejala penyakit jantung juga mengalami kesulitan.

7. Gejala Lain

Terakhir, meski gejala-gejala tersebut di atas sudah tampak, kerap kali gejala tersebut diikuti oleh gejala lain seperti kenaikan berat badan, masalah tidur di dalam hari, sering gelisah, batuk, serta jantung terasa berdetak sangat cepat.

Namun, siapa sangka bahwa terjadinya hal-hal di atas bisa diperparah oleh berbagai kondisi dan faktor gaya hidup. Beragam hal tersebut termasuk masalah diabetes, tekanan darah tinggi, merokok, sering stres, malas bergerak, masalah sistem pencernaan, serta adanya riwayat keluarga penyakit jantung.

Lalu, apa yang bisa dilakukan seorang wanita untuk mengurangi risiko penyakit jantung?

Menjalankan gaya hidup sehat menjadi cara termudah untuk mengurangi gangguan kesehatan ini. Gaya hidup sehat tersebut antara lain dengan berolahraga secara teratur, menjaga berat badan ideal, mengonsumsi makanan yang sehat dan menghindari makanan cepat saji, mengurangi konsumsi alkohol, serta mengelola stres dengan baik.

Apabila kamu sedang dalam proses perawatan terkait masalah jantung ini, sangat disarankan untuk mengikuti seluruh rangkaian perawatan secara disiplin, mulai dari minum obat sesuai resep dokter hingga menghindari semua pantangan.

Adapun cara lain menghindarkan seorang wanita dari sakit jantung adalah dengan mengonsumsi Nestle ACTICOR. Di dalam Nestle ACTICOR terdapat serat pangan larut beta glucan dari oat dan inulin dari chicory yang bantu turunkan kolesterol jahat (LDL) sebagai salah satu penyebab sakit jantung. Selain itu, Nestlé ACTICOR juga minuman yang rendah lemak.

Kamu bisa menikmati empat ragam rasa Nestlé ACTICOR, antara lain Green-Tea Latte, Avocado, Banana, dan Chocolate. Agar memperoleh manfaat yang optimal, Nestlé ACTICOR diminum 2x sehari setelah makan.

ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!