Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Banyak Beli Makanan Tidak Sehat Selama di Rumah Saja? Hati-hati Picu Gejala Kolesterol Naik

Biasanya kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh pengaruh dari banyaknya konsumsi makanan yang berlemak dan gaya hidup buruk lainnya seperti tidak melakukan olahraga, kebiasaan merokok, stres berlebih, bahkan faktor keturunan.

Load more

Ketika kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan New Normal seperti saat ini di mana seluruh aktivitas baiknya dilakukan di rumah saja jika masih memungkinkan, tidak sedikit dari kita yang membeli makanan dengan cara online, terutama makanan cepat saji.

Sayangnya, jika makanan seperti ini terlalu banyak dikonsumsi, maka bisa memicu kolesterol naik karena nutrisi yang ada dalam makanan cepat saji lebih banyak mengandung lemak jenuh dan lemak  trans. Lama kelamaan senyawa ini pun dapat menumpuk di dinding pembuluh darah.

Total kolesterol dikatakan normal bila kurang dari 200 mg/dL. Namun, jika angka kolesterol ada di kisaran 200-239 mg/dL itu artinya masuk dalam kategori yang cukup berbahaya. Sementara bila levelnya sudah mencapai 240 mg/dL itu menandakan bahwa kadar kolesterol sudah tinggi. Lantas apa saja gejala kolesterol tinggi  yang bisa kamu rasakan dan perlu diwaspadai? Simak informasinya berikut ini!

1. Sakit Kepala

Gejala kolesterol naik yang bisa dirasakan, yakni sakit kepala pada bagian belakang yang terasa berat dan bisa sangat mengganggu dan biasanya terjadi beberapa kali. Ini akibat menumpuknya plak dan menghambat darah yang mengalir ke otak. Bila kadar kolesterol dalam darah sudah menurun, sakit kepala bisa lebih reda.

2. Badan Mengalami Kelelahan

Kolesterol yang tinggi dalam darah mengganggu sistem kerja banyak organ dalam tubuh. Bila dinding arteri sudah dipenuhi oleh plak, lama kelamaan akan memicu penyakit jantung koroner (PJK) dan penyakit mikrovaskuler koroner. Adanya penyakit tersebut bisa membuat badan jadi mudah mengalami kelelahan.

3. Kesemutan

Selanjutnya, kesemutan juga bisa menjadi gejala kolesterol naik. Kondisi ini disebabkan oleh aliran darah yang mengental dan oksigen yang masuk ke tubuh tidak tercukupi.

4. Merasa Cepat Mengantuk

Kadar kolesterol yang sudah tinggi juga biasanya ditandai dengan kurangnya asupan oksigen yang masuk ke otak, sehingga membuat pembuluh darah jadi lebih menyempit karena lemak jahat yang menumpuk. Akibatnya, muncul perasaan mengantuk.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Kolesterol Naik? Yuk Cari Tahu

5. Dada Terasa Nyeri

Salah satu gejala kolesterol naik, yakni muncul rasa nyeri pada dada hingga sampai ke lengan. Keadaan ini terjadi karena plak yang menimbun terlalu banyak pada pembuluh darah, sehingga menghalangi aliran darah mengalir dengan baik ke jantung. Bila mengalami sumbatan total, serangan jantung pun tidak bisa dihindari.

6. Nyeri pada Bagian Tengkuk dan Pegal pada Leher

Sering merasakan nyeri atau berat pada tengkuk atau merasakan pegal pada leher? Jika iya, bisa jadi ini menjadi salah satu tanda gejala kolesterol naik. Rasa nyeri ini disebabkan oleh adanya plak yang menumpuk dan membuat darah serta oksigen yang mengalir dari leher ke otak jadi terganggu.

7. Kaki yang Mengalami Pembengkakan

Kaki menjadi salah satu bagian di tubuh yang letaknya cukup jauh dari jantung. Bila terjadi penyempitan pembuluh darah akan membuat asupan oksigen jadi sedikit, kaki pun tidak memeroleh aliran darah yang cukup. Kondisi ini membuat kaki jadi membengkak.

8. Xanthomata

Gejala kolesterol naik juga bisa dilihat dari adanya kolesterol di jaringan tubuh yang menumpuk. Xanthomata bisa terlihat pada urat dekat buku jari yang berbentuk gumpalan atau di kulit. Bentuknya berupa gumpalan separuh biji kacang. Terkadang Xanthomata juga muncul dalam bentuk pembengkakan bulat berwarna kuning yang terdapat pada telapak tangan atau siku.

Ada baiknya untuk memastikan apakah benar kamu memiliki gejala kolesterol naik, lakukanlah tes darah dan perhatikan total kolesterolnya. Jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi dengan memperbanyak buah dan sayur, memperbanyak olahraga, tidak merokok serta tidak mengonsumsi alkohol  secara berlebihan, tidur cukup, dan mengontrol stress..

Kamu juga bisa mengonsumsi Nestlé ACTICOR yang di dalamnya ada serat pangan larut yang berasal dari beta glucan dan inulin. Dua kandungan ini sudah teruji klinis bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sebagai salah satu penyebab sakit jantung. Nestlé ACTICOR juga termasuk minuman rendah lemak.

Kamu bisa memilih empat ragam rasa Nestlé ACTICOR, antara lain Chocolate, Avocado, Green-Tea Latte, dan Banana. Minuman ini baiknya dikonsumsi 2x sehari setelah makan. Agar makin nikmat dalam mengonsumsinya kamu juga bisa simpan Nestlé ACTICOR di kulkas sebelum di minum.

ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol! 

Baca juga: Yuk, Buat Tubuh Lebih Sehat dengan Kenali 5 Gejala Kolesterol Naik yang Bisa Dirasakan pada Fisik Kamu