Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Jangan Anggap Remeh! Yuk, Kenali Gejala Kolesterol di Usia Muda Berikut Ini

Tidak sedikit yang mengira kalau kolesterol hanya diderita oleh mereka yang lanjut usia. Padahal, tanpa gaya hidup yang sehat, mereka yang masih muda dan dalam usia produktif pun tak luput dari masalah ini. Bahkan, berbagai riset juga telah membuktikan kalau kolesterol yang tinggi di usia muda mampu meningkatkan risiko penyakit jantung nantinya saat seseorang mulai lanjut usia. Menyeramkan, ya? 

Load more

Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena dengan menghindari gejala kolesterol di usia muda, kamu bisa mengurangi risiko serangan jantung dari sekarang juga. Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Gejala Kolesterol di Usia Muda

Kolesterol adalah sebuah silent killer atau kondisi yang cenderung tidak memunculkan gejala pada tubuhmu. Tetapi, mengetahui gejalanya di usia muda bukanlah mustahil, terutama jika kondisinya sudah terbilang parah. Maka dari itu, waspadalah kalau kamu merasakan gejala-gejala sebagai berikut!

  • Merasa Lemas Secara Berlebihan

Kolesterol pada tubuh diangkut oleh dua jenis lipoprotein, HDL (high-density lipoproteins) serta LDL (low-density lipoproteins). LDL merupakan jenis lipoprotein yang buruk dan dapat menyumbat saluran arteri. Lantaran hal ini, kamu mungkin akan merasakan dampak buruknya, yakni merasa lemas berlebihan yang juga gejala dini serangan jantung.

  • Pusing Secara Tiba-tiba

Berikutnya, saluran arteri yang tersumbat LDL juga menghalangi peredaran darah ke otak. Apabila kondisinya telah sangat parah, kamu bisa saja menjadi pusing karena mengalami stroke atau serangan jantung.

  • Leher Bagian Belakang yang Sakit

Kemudian, tersumbatnya saluran arteri, terutama pada area di belakang leher atau tengkuk juga akan memicu rasa sakit. Gejala ini juga didukung oleh sebuah riset yang dilakukan Hirosaki University Graduate School of Medicine yang mengatakan bahwa kadar kolesterol LDL juga berhubungan dengan gejala sakit leher.

Faktor Penyebab Tingginya Kolesterol di Usia Muda

Satu-satunya cara untuk benar-benar mengetahui apakah suatu kondisi adalah gejala kolesterol di usia muda adalah dengan memeriksakannya ke dokter. Tapi, untuk lebih yakin, para dokter nantinya juga akan menanyakan faktor risiko penyebab kolesterol yang mungkin ada pada Anda. Berikut adalah beberapa faktor penyebab kadar kolesterol yang meroket di usia muda.

  • Kurang berolahraga
  • Kebiasaan merokok atau minum alkohol
  • Memiliki berat badan berlebih atau obesitas
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Mengonsumsi makanan tinggi kolesterol
  • Mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh dan lemak trans
  • Kurang mengonsumsi serat larut (seperti pada sayur dan buah)
  • Menderita diabetes

Nah, itulah tadi ulasan singkat seputar faktor dan gejala kolesterol di usia muda. Kesimpulannya, terkadang tidak ada gejala spesifik yang menjelaskan kadar kolesterol yang tinggi. Namun, dengan mengetahui dan menghindari faktor-faktor penyebab kolesterol serta menerapkan pola hidup sehat, kamu bisa dapat mengurangi risiko akibat kolesterol tinggi, seperti stroke dan serangan jantung.

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengonsumsi Nestlé ACTICOR sebanyak 2x sehari setelah makan. Setiap varian Nestlé ACTICOR, yakni Green Tea Latte, Avocado, Banana, serta Chocolate, mengandung serat larut inulin dari akar chicory dan beta glucan dari oat. Keduanya terbukti secara klinis mampu turunkan kolesterol LDL yang ada pada tubuh kamu.

ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!