Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Perubahan Gaya Hidup yang Bisa Dilakukan Sebagai Cara Mencegah Penyakit Kolesterol

Kolesterol bukan hanya penyakit yang dialami oleh mereka yang lanjut usia. Faktanya, mereka yang berusia muda dari juga berisiko mempunyai kadar kolesterol yang tinggi. Risiko ini terutama akan semakin tinggi jika tanpa gaya hidup serta pola makan yang sehat.

Load more

Menurut  Journal of the American College of Cardiology, apabila di masa muda seseorang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, ia akan mempunyai risiko lebih besar mengalami penyakit jantung. Bahkan, hal ini termasuk jika orang itu berusaha menurunkan kolesterolnya di kemudian hari. Maka dari itu, kamu perlu melakukan berbagai cara mencegah penyakit kolesterol sejak muda.

Berikut adalah perubahan gaya hidup yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi risiko penyakit kolesterol!

Kenali Kadar Kolesterol di Dalam Tubuh

Sebelum melakukan cara mencegah penyakit kolesterol lainnya, kamu perlu selalu mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal ini penting agar segala perubahan gaya hidup yang kamu lakukan dapat berpusat pada upaya menjaga kadar kolesterol.

Saat memeriksa kadar kolesterol, kamu akan disajikan berbagai macam jenis angka. Upayakan untuk selalu memiliki kadar kolesterol baik HDL (high-density lipoproteins) yang tinggi serta kolesterol jahat LDL (low-density lipoproteins) yang rendah. HDL berfungsi untuk membawa kolesterol kembali ke liver untuk diproses dan menjaga kadar kolesterol tubuh sedangkan LDL dapat menyebabkan kadar kolesterol naik.

Mulai Rutin Melakukan Olahraga

Menyayangi tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah melatih kemampuannya dengan berolahraga, seperti melakukan aerobik selama sekitar 20 menit setiap hari dengan intensitas yang sedang. Selain dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil, kegiatan aerobik dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

Memilih Makanan yang Baik Bagi Kondisi Kolesterol

Mengandalkan pola makan sehat sebagai cara mencegah penyakit kolesterol bukan berarti kamu harus mengonsumsi makanan yang tidak enak. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan memilih bahan makanan alternatif yang enak, namun juga baik untuk menjaga kadar kolesterolmu. Berikut adalah beberapa contohnya!

  • Menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng
  • Memakan daging lemak tak jenuh ganda, seperti ikan salmon
  • Sarapan dengan gandum utuh, seperti oat
  • Konsumsi buah dengan lemak tak jenuh tunggal, seperti alpukat
  • Konsumsi kacang-kacangan, seperti almond, kenari, serta mete

Apabila kesulitan untuk menemukan makanan-makanan di atas, kamu juga dapat menyesuaikan cara memasak bahan makanan yang sudah ada di rumah. Sebagai contoh adalah dengan memotong lemak saat mengolah daging, memilih menggodok serta memanggang dibandingkan menggoreng, serta meningkatkan porsi sayuran setiap makan.

Nah, itulah tadi cara mencegah penyakit kolesterol yang bisa kamu tiru dari sekarang. Kesimpulannya, perubahan gaya hidup di atas perlu dipraktekkan secara disiplin agar membuahkan hasil yang optimal. Namun, jika di kemudian hari kamu tetap memiliki keluhan seputar kadar kolesterol yang tinggi, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tak hanya itu, sebagai cara mencegah penyakit kolesterol lainnya, pastikan juga kamu telah memenuhi kebutuhan serat larut. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan. Selain karena tersedia dalam 4 rasa lezat (Chocolate, Green-Tea Latte, Avocado, dan Banana), Nestlé ACTICOR juga mengandung serat pangan inulin dari tanaman chicory serta beta-glucan dari oats yang mampu bantu turunkan kadar kolesterol.

ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!