Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Selain Diet Rendah Kolesterol, Hal-hal Berikut Ini Bisa Dilakukan untuk Menjaga Jantung Tetap Sehat

Kolesterol merupakan salah satu masalah terbesar pada kesehatan jantung. Pasalnya, mereka yang kadar total kolesterolnya tidak terjaga akan lebih berisiko mendapati pembuluh darah arteri yang tersumbat (aterosklerosis) yang mampu berujung pada serangan jantung dan strok. Alhasil, kebanyakan orang akan memastikan untuk konsumsi diet rendah kolesterol agar terbebas dari risiko-risiko ini.

Load more

Perlu diketahui bahwa diet rendah kolesterol adalah pilihan yang bijak untuk dilakukan. Tapi, ada baiknya kamu seimbangkan  dengan kebiasaan-kebiasaan sehat lainnya. Seperti apa, ya?

Yuk, simak kebiasaan sehat yang bisa kamu terapkan untuk menjaga jantung berikut ini!

Melakukan Olahraga Secara Rutin

Kamu pasti sudah sering mendengar anjuran olahraga. Namun, jangan bosan mendengarnya karena olahraga, jika dilakukan secara rutin selama 30 menit per-sesi, akan membawa berbagai macam kebaikan untuk jantungmu!

Pertama, berolahraga mampu mengurangi tekanan darah bagi mereka yang punya hipertensi. Kemudian, olahraga ternyata juga bisa mengurangi kolesterol jahat LDL (low-density lipoproteins) serta meningkatkan kolesterol baik HDL (high-density lipoproteins). Kedua fungsi ini bisa mengurangi risiko saluran arteri yang tersumbat dan dapat mengoptimalkan diet rendah kolesterol yang telah kamu terapkan!

Minum Teh Hijau Saat Santai

Kebiasaan melakukan olahraga aktif memang menunjang kesehatan jantung. Tapi, saat bersantai sebenarnya bisa juga dilakukan sambil  menjaga kesehatan jantung. Salah satu yang bisa dilakukan adalah bersantai denganminum teh hijau.

Penyebabnya adalah teh hijau mampu mengurangi total kolesterol pada tubuh serta kadar kolesterol jahat LDL. Bukan hanya itu saja, dilansir dari publikasi Harvard Heart Letter milik Harvard Medical School, teh hijau mampu mengurangi risiko serangan jantung apabila dikonsumsi secara bijak.

Mengganti Roti Biasa ke Roti Gandum

Roti adalah makanan yang universal karena banyak dikonsumsi orang di berbagai penjuru dunia. Apabila kamu termasuk salah satu yang terbiasa sarapan dengan roti, menggantinya dengan roti gandum juga mampu bawa kebaikan untuk jantungmu. Selain bisa termasuk dalam diet rendah kolesterol, roti gandum memiliki kandungan serat larut yang telah terbukti secara klinis mampu mengurangi kolesterol jahat LDL.

Memperhatikan Jenis Lemak yang Akan Dikonsumsi

Seperti yang telah disebutkan di awal artikel, diet rendah kolesterol bukanlah satu-satunya hal yang dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Kamu juga perlu memikirkan faktor lainnya dalam menentukan diet. Hal ini termasuk menghindari kandungan-kandungan penyebab meningkatnya total kolesterol, seperti lemak jenuh.

Sebagai gantinya, cobalah untuk rutin mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal (seperti pada kacang almond, alpukat, dan juga minyak zaitun) serta lemak tak jenuh ganda (seperti omega-3 yang terdapat pada ikan salmon dan ikan kembung). Kandungan-kandungan ini mampu mengurangi kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung kalau dikonsumsi secara wajar.

Nah, demikian tadi beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk dapat menjaga kesehatan jantung. Pada dasarnya, menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan berbagai cara, termasuk dengan menjaga kadar kolesterol. Namun di saat melakukannya, pastikan kamu bukan hanya mengonsumsi diet rendah kolesterol tapi juga menerapkan pola hidup sehat dengan memilih makanan dan minuman yang mampu turunkan kadar kolesterol!

Sebagai contoh, kamu bisa mengonsumsi kandungan serat larut inulin dari akar chicory serta beta-glucan dari oats yang terbukti secara klinis bantu turunkan kolesterol LDL. Keduanya bisa kamu peroleh dalam 4 varian Nestlé ACTICOR, yakni Green Tea Latte, Avocado, Banana, serta Chocolate, yang baik untuk diminum sebanyak 2 kali sehari setelah makan.

 ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!