Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Benarkah Dark Chocolate adalah Makanan Sehat untuk Jantung? Yuk, Cari Tau!

Ketika mencari tahu seputar apa saja makanan sehat untuk jantung, banyak yang terkejut bahwa coklat hitam atau dark chocolate adalah salah satu di antaranya. Ya, dibalik rasanya yang lezat, dark chocolate ternyata mengandung berbagai nutrisi dan senyawa sehat yang terdiri dari berbagai macam jenis!

Load more

Dark chocolate makanan sehat untuk jantungBerbagai kandungan sehat tersebut antara lain serat, zat besi, serta berbagai macam antioksidan. Kandungan-kandungan ini nantinya akan bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, baik secara langsung maupun tidak langsung. Penasaran?

Berikut penjelasan seputar dark chocolate sebagai makanan sehat untuk jantung!

Apa yang Dimaksud Sebagai Dark Chocolate?

Sebelum membahas khasiat dark chocolate, ada baiknya kalau kamu paham tentang apa itu dark chocolate sebenarnya. Pada dasarnya, coklat terbagi dalam berbagai jenis tergantung kadar kokoa dan susunya. Kalau kamu sering membuat kue coklat, kamu mungkin akan sadar bahwa setiap kemasan dark chocolate batang menjelaskan kadar ini.

Biasanya, yang bisa disebut sebagai dark chocolate adalah yang mengandung di atas 55% atau di atas 70% kokoa. Sisa dari persentase ini terdiri dari susu, gula, serta bahan-bahan lainnya. Jika persentase kokoa lebih rendah, bisa jadi batang coklat merupakan milk chocolate.

Nah, perlu diketahui kalau khasiat yang akan kita bahas pada kesempatan ini merupakan bagian dari dark chocolate. Dengan kadar kokoa yang lebih banyak, lebih banyak juga kandungan-kandungan baik, seperti antioksidan flavonoidnya.

Manfaat Dark Chocolate dalam Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu penyebab utama terjadinya berbagai penyakit jantung. Hal ini karena kolesterol dibawa oleh dua jenis lipoprotein, yakni high-density lipoproteins (HDL) serta low-density lipoproteins (LDL), dan hanya HDL yang mampu membuang kolesterol lewat liver.

Jika LDL yang membawa kolesterol, ada kemungkinan terjadinya penumbuhan plak pada arteri kamu. Nantinya, saluran arteri mungkin akan terhambat (arterosklerosis) dan peredaran oksigen jadi semakin susah. Hal inilah yang nantinya bisa menyebabkan serangan jantung serta stroke.

Untungnya, mengonsumsi dark chocolate dan makanan sehat untuk jantung lainnya bisa bantu kemungkinan terjadinya arterosklerosis. Untuk dark chocolate, kandungan antioksidan di dalamnya disinyalir mampu tingkatkan HDL dan mengurangi kadar LDL. Selain itu, antioksidan tersebut juga bisa mengurangi proses oksidasi LDL, sehingga efek buruk LDL pada jaringan tubuh jadi berkurang.

Manfaat Dark Chocolate dalam Tingkatkan Peredaran Darah

Hipertensi bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti dinding ateri yang kaku. Kalau kamu mengonsumsi dark chocolate, kamu mungkin akan merasakan manfaatnya dalam mengurangi kondisi kaku ini karena antioksidan flavonoidnya mampu picu produksi nitric oxide (NO). Alhasil, tentu saja aliran darah akan bisa lebih lancar dan tekanan darah akan lebih berkurang.

Namun, perlu diketahui juga kalau manfaat ini mungkin tidak akan sebesar yang diharapkan. Tapi, jangan khawatir, jika dibarengi dengan pola hidup sehat lainnya, seperti mengonsumsi makanan sehat untuk jantung serta berolahraga, tentu kamu bisa meningkatkan kondisimu secara lebih baik.

Manfaat Dark Chocolate dalam Kurangi Risiko Stroke

Sebelumnya, kita telah membahas tentang bagaimana kurangnya asupan oksigen karena penghambatan arteri bisa sebabkan stroke. Lalu, kita juga telah mengetahui bagaimana kandungan antioksidan dark chocolate mampu kurangi risiko penghambatan ini.

Nah, rupanya, khasiat dark chocolate dalam mengurangi risiko stroke memang telah terbukti, loh! Seperti yang dilansir dari laporan BBC, setidaknya terdapat penurunan risiko stroke sebanyak 23% pada kelompok paruh baya dan lansia di Inggris akibat dari konsumsi dark chocolate yang rutin. Riset ini dilakukan oleh pengamat di University of Aberdeen dan dirilis di publikasi kesehatan Heart milik the British Medical Journal.

Manfaat Dark Chocolate dalam Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Hal yang serupa juga ditemukan dalam penurunan risiko jantung, di mana persentase penurunan cukup signifikan. Menurut riset yang dilakukan oleh Wageningen University, mereka yang mengonsumsi kakao selama 15 tahun punya risiko kematian karena penyakit jantung lebih rendah 50%.

Manfaat dark chocolate sebagai makanan sehat untuk jantung ini tentu saja merupakan gabungan dari kemampuannya dalam bantu melancarkan peredaran darah, mengurangi kolesterol, serta mengurangi risiko penghambatan arteri atau arterosklerosis.

Cara Mengonsumsi Dark Chocolate

Kamu sudah tahu manfaat dark chocolate sebagai makanan sehat untuk jantung, stroke, dan kolesterol, bukan? Kini saatnya untuk kamu tahu bagaimana mengonsumsi dark chocolate sehari-hari untuk meraih manfaat-manfaat di atas. Simak ide sajian dengan dark chocolate berikut ini, yuk!

  • Dimakan secara langsung
  • Sebagai isian roti
  • Dimakan bersama oatmeal
  • Dicairkan dan menjadi celupan pisang beku

Cara-cara di atas cukup mudah, bukan? Tapi, perlu diketahui kalau dark chocolate hanya berguna untuk melengkapi upaya penurunan kolesterol, risiko jantung dan stroke, serta melancarkan peredaran darah. Hal ini mengartikan bahwa kamu tidak bisa mengandalkan makanan sehat untuk jantung yang satu ini dan tetap perlu mengonsumi makanan dan minuman baik lainnya guna meraih manfaat lebih tinggi.

Sebagai contoh, kalau kamu sedang mecari cara alami turunkan kolesterol, kamu dapat mengonsumsi Nestlé ACTICOR sebanyak 2x sehari setelah makan. Pasalnya, Nestlé ACTICOR mengandung dua jenis serat larut, yakni serat inulin dari akar chicory dan juga beta-glucan dari oats. Perlu diketahui bahwa kedua kandungan ini mampu bantu turunkan kolesterol LDL yang bisa picu peningkatan risiko jantung.

Nikmati kebaikan Nestlé ACTICOR dalam 4 varian rasanya, antara lain Chocolate, Avocado, Banana, dan Green Tea Latte. Semuanya tersedia dalam kemasan botol praktis untuk diminum secara mudah. Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Demikian tadi informasi mengenai dark chocolate sebagai makanan sehat untuk jantung serta cara-cara mengonsumsinya. Sebelum lanjut mulai mengonsumsi dark chocolate, pastikan kamu memilih yang tepat bagi kondisi tubuhmu.

Secara umum, kamu perlu memilih yang tinggi akan kandungan kokoa. Tapi, selain itu, pastikan juga dark chocolate tidak tinggi akan kandungan yang bisa jadikan dark chocolate tidak sehat, seperti mengandung lemak trans, yang bisa tingkatkan kolesterol, atau terlalu banyak gula, yang berbahaya bagi pengidap diabetes. Semoga bermanfaat, ya!