Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Yuk, Ikuti 5 Cara Cermat Menurunkan Kolesterol LDL Ini!

Dalam upaya menurunkan kolesterol, kamu perlu memperhatikan berbagai macam hal. Namun, yang penting untuk kamu waspadai adalah tingkat kolesterol LDL (low-density lipoproteins) atau yang sering disebut juga dengan kolesterol jahat. Jika dibiarkan dengan kadar yang tinggi di dalam tubuh, kolesterol LDL ini dapat menimbulkan plak dan menghambat arteri (artekolosis) serta meningkatkan risiko terserang penyakit jantung dan stroke.

Load more

Tapi, bagaimana cara menurunkan kolesterol LDL, ya? Memulai pola hidup sehat adalah cara yang dianjurkan oleh semua dokter. Cara ini bisa dilakukan dengan berolahraga, memilih santapan yang lezat namun juga sehat, dan lainnya.

Ingin tahu bagaimana mempraktekkannya? Berikut cara menurunkan kolesterol LDL yang dapat kamu terapkan mulai hari ini!

1. Berolahraga Minimal 2,5 Jam dalam Seminggu

Olahraga merupakan aktivitas yang sehat secara keseluruhan. Akan tetapi khusus untuk menjaga kadar kolesterol, olahraga ternyata mampu turunkan LDL serta meningkatkan kolesterol baik HDL (high-density lipoproteins).

Kamu bisa mempraktekkannya dengan membiasakan olahraga setidaknya 2,5 jam setiap minggu. Tak perlu aktivitas yang berat seperti angkat beban di gym, kok. Olahraga kardio seperti berjalan kaki atau berlari dapat menjadi pilihan. Yang jelas, pastikan kebiasaan ini kamu lakukan terus-menerus, ya!

2. Menghindari Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Sebagian dari kolesterol yang kamu miliki di dalam tubuh kamu dapatkan melalui santapan sehari-hari. Maka dari itu, menjaga pola makan dan menghindari pemicu kolesterol merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol LDL yang cermat.

Contohnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghindari lemak jenuh (saturated fats) serta lemak trans (trans fats). Pasalnya keduanya bukan hanya dapat meningkatkan kolesterol jahat LDL saja, tapi juga menurunkan kolesterol baik HDL yang berfungsi untuk membawa kembali ekses kolesterol ke liver untuk diproses atau dibuang. Oleh karenanya, hindari makanan seperti daging (sumber lemak jenuh), gorengan (sumber lemak trans), serta junk food (yang mengandung keduanya).

3. Mengonsumsi Lemak Tak Jenuh Tunggal

Tidak semua lemak perlu kamu hindari. Salah satu contoh mudahnya adalah lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fats) yang mampu turunkan LDL. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan minyak zaitun saat memasak atau mengonsumsi makanan-makanan seperti kacang-kacangan (almond dan mete) serta alpukat.

4. Berhenti Merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang sangat buruk bagi kesehatan, terutama bagi paru-paru dan jantung. Namun khusus untuk jantung, rokok dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL, mengakibatkannya oksidasi, serta meningkatkan risiko munculnya plak pada arteri. Jadi, berhenti merokok serta tidak memulai kebiasaan merokok adalah salah satu cara menurunkan kolesterol LDL yang tepat.

5. Mengonsumsi Serat Larut

Ada banyak sekali makanan yang mengandung serat larut (soluble fiber) yang dapat dikonsumsi, seperti kacang-kacangan, pisang, gandum utuh (termasuk oat), dan chicory. Dengan rutin mengonsumsinya, kamu akan terus memberi makan bakteri baik (probiotik) di dalam perutmu. Hasilnya, kadar LDL pada tubuh pun juga ikut turun. Hebat, kan?

Nah, itulah tadi cara menurunkan kolesterol LDL yang bisa ikuti dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya, cara-cara di atas tidak akan langsung dapat menurunkan kolesterol. Namun dengan kedisiplinan dan penerapan yang konsisten, pola hidup sehat di atas akan bermanfaat bagi kamu dan upaya menurunkan total kolesterol secara menyeluruh.

Selanjutnya agar lebih baik lagi, tidak ada salahnya untuk minum Nestlé ACTICOR 2x kali sehari setelah makan. Dengan kandungan alami seperti serat larut inulin dari tumbuhan chicory serta beta-glucan dari oat, Nestlé ACTICOR dapat menjadi salah satu cara menurunkan kadar kolesterol LDL kamu.

Tak hanya itu, Nestlé ACTICOR juga hadir dengan 4 rasa, antara lain Chocolate, Green-Tea Latte, Avocado, serta Banana. Dengan keempat rasa yang lezat ini, tentu menurunkan kolesterol jadi terasa lebih mudah.

ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!