Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Buat Kamu yang Sibuk, Yuk Ikuti Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat Ini

Orang yang tinggal di perkotaan terbilang identik dengan aktivitas yang padat dari pagi hingga malam hari. Semua hal diburu oleh waktu demi mengerjakan berbagai aktivitas seperti menyelesaikan deadline pekerjaan atau kuliah, mengurus keluarga, serta hangout bersama teman semua dijalani.

Load more

Orang yang tinggal di perkotaan identik dengan aktivitas yang padat dari pagi hingga malam hari. Semua hal diburu oleh waktu demi mengerjakan berbagai aktivitas seperti menyelesaikan deadline pekerjaan atau kuliah, mengurus keluarga, serta hangout bersama teman semua dijalani.

Jika sudah begini, tak jarang orang lupa untuk memperhatikan pola makan dan tidurnya, rutinitas berolahraga, atau pola gaya hidup tidak tepat lainnya. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, maka bisa jadi kesibukan tersebut justru memicu penyakit, salah satunya kolesterol tinggi.

Untuk menghindari gangguan kesehatan ini, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu cara menurunkan kolesterol yang bisa kamu lakukan, sehingga meskipun sibuk kamu tetap bisa mempunyai tubuh yang sehat.

1. Hindari Konsumsi Makanan Lemak Trans

Menghindari konsumsi makanan lemak trans juga menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami. Lemak trans membuat kolesterol total dan LDL jadi melonjak. Ketika membeli sebuah produk makanan dan minuman, coba perhatikan label keterangan nutrisi yang ada di kemasannya. Bila terdapat tulisan minyak “partially hydrogenated”, biasanya produk tersebut mempunyai kandungan lemak trans. Beberapa makanan yang tinggi lemak trans seperti makanan bersantan, es krim, daging berlemak, daging asap, sosis, biskuit, dan kue kering.

2. Pilih Makanan Lemak Tak Jenuh Tunggal dan Lemak Tak Jenuh Ganda

Cara menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi makanan lemak tak jenuh tunggal. Langkah ini sangat membantu kadar kolesterol baik agar tetap terkendali dan mengurangi kolesterol jahat dalam darah. Makanan yang kaya lemak tak jenuh tunggal juga mengurangi pemicu penyakit arteri tersumbat.

Apa saja ya makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal? Kamu bisa konsumsi buah alpukat, minyak zaitun, ikan tuna atau salmon, biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji labu, dan wijen, dan kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, kedelai, mede, dan kenari.

Sementara itu, kamu juga perlu konsumsi makanan lemak tak jenuh ganda, khususnya yang mengandung Omega-3. Peran dari kandungan ini bisa menekan penyakit jantung. Ikan herring, makarel, salmon, tuna laut mengandung Omega-3 dan bisa kamu konsumsi setiap hari. Selain mengonsumsi juga makanan rendah lemak seperti tempe dan tahu, putih telur, daging sapi atau kambing tanpa lemak, dan susu rendah lemak. 

3. Olahraga untuk Bantu Turunkan Kolesterol

Cara menurunkan kolesterol yang sering dilupakan oleh banyak orang adalah olahraga. Dengan melakukan olahraga tertentu, kamu bisa membantu meningkatkan kolesterol baik dan membuat kolesterol jahat jadi menurun. Beberapa jenis olahraga sederhana yang bisa dicoba antara lain bersepeda, berenang, berjalan, dan aerobik. Kamu bisa memulai olahraga ringan selama 15-20 menit setiap hari. 

Jangan lupa juga untuk memperbanyak aktivitas fisik lainnya selama di rumah atau di kantor. Misalnya memarkirkan kendaraan lebih jauh dari kantor agar bisa lebih banyak berjalan, lebih banyak menggunakan tangga daripada lift, melakukan stretching, tidak malas mengambil minum di dispenser, dan kebiasaan lainnya. 
 

Baca juga: Yuk, Terapkan 5 Kebiasaan Hidup Sehat Sebagai Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami!

4. Konsumsi Makanan dan Minuman yang Mengandung Serat Larut

Serat larut memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. Di dalam sistem pencernaan, serat bisa larut dalam air dan berbentuk seperti gel. Serat biasanya banyak terkandung di dalam buah-buahan,  sayuran, dan kacang-kacangan. Pastikan juga kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung beta glucan dan inulin. Keduanya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total dalam tubuh. 

5. Kurangi Asupan Gula pada Menu Makanan dan Minuman

Kadar gula yang tinggi pada tubuh ternyata bisa berpengaruh pada kadar kolesterol.  Pasalnya, saat kadar gula dalam tubuh tinggi memicu kadar kolesterol baik (HDL) menurun dan organ hati jadi menghasilkan lebih banyak kolesterol jahat dalam darah. 

Untuk membuat kadar gula darah dan kolesterol tetap dalam kadar yang normal, kamu bisa kurangi asupan gula dengan mengurangi makanan dan minuman manis, makanan bertepung dan makanan olahan.

6. Menjaga Berat Badan agar Tetap Ideal 

Cara menurunkan kolesterol yang perlu dilakukan juga adalah tidak makan terlalu banyak untuk menghindari berat badan meningkat. Perlu dipahami jika setiap kenaikan berat badan bisa menambah jumlah kolesterol yang ada di dalam tubuh. Yang perlu kamu lakukan adalah pastikan porsi makan dan kualitas makanan tercukupi sehingga kalori yang masuk ke tubuh benar-benar sesuai kebutuhan. 

7. Selalu Sarapan

Cara menurunkan kolesterol selanjutnya yang sering tidak disadari adalah tidak melewatkan sarapan. Jangan pernah menyepelekan sarapan karena lama kelamaan bisa memicu risiko mengalami sakit jantung. Melewatkan sarapan juga membuat tekanan darah lebih meningkat dan makan siang jadi lebih banyak. Disarankan untuk mengonsumsi oat sebagai menu sarapan. Oat sendiri mengandung Beta Glucan, yang bisa membentuk gel tebal pada saluran pencernaan untuk membuat kolesterol tidak terserap tubuh.

8. Tidak Merokok dan Jauhi Paparan Asap Rokok

Rokok memiliki kemampuan untuk membuat kolesterol baik turun, kolesterol jahat meningkat, trigliserida jadi menurun. Meningkatnya trigliserida disebabkan oleh adanya nikotin yang membuat lipolisis jadi meningkat. Kondisi ini pun membuat pembuluh darah tersumbat, strok, dan sakit jantung.

9. Kontrol Stres Berlebih

Tuntutan pekerjaan memang tidak bisa dihindari, tetapi jangan sampai buat kamu jadi sangat stres. Bila stres sampai berlebih, makan akan membuat tekanan darah lebih tinggi dan risiko penyempitan pembuluh darah lebih besar.

Stres juga bisa mempengaruhi tubuh mempertahankan kolesterol baik dan meningkatkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah. Untuk itu, cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami perlu melibatkan pengelolaan stres. Coba kelola stres dengan meditasi selama 10 menit tiap pagi. Bisa juga dengan melakukan latihan fisik seperti yoga atau lari, melakukan hobi yang disenangi atau bercerita pada orang terdekat demi mengurangi stres yang dialami.

10. Tidur yang Cukup

Terakhir, cara menurunkan kolesterol paling mudah, yakni dengan mendapatkan tidur yang cukup 7-8 jam sehari. Jangan salah, kurang tidur atau bahkan terlalu banyak tidur juga bikin kolesterol jahat naik. Kok bisa? Baik tidur lebih dari 8 jam atau kurang dari 6 jam bisa membuat kadar kolesterol baik rendah, trigliserida tinggi, dan risiko penyakit kardiovaskular semakin tinggi. Kurang tidur juga malah membuat nafsu makan meningkat, jadi stres berlebih, dan memicu kurangnya aktivitas. Gaya hidup seperti ini justru malah memicu kolesterol tinggi.

Sudah tahukan apa saja cara menurunkan kolesterol buat kamu yang sibuk? Tambah juga dengan konsumsi Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami dan akan membantu jantung lebih sehat.

Nestlé ACTICOR mengandung serat pangan larut Beta Glucan yang berasal dari oat dan Inulin dari Chicory. Serat pangan larut (Beta Glucan dari Oat dan Inulin dari Chicory) dapat membantu turunkan kadar kolesterol jahat dalam darah jika disertai dengan diet rendah lemak jenuh dan rendah kolesterol. Tak hanya itu, ACTICOR juga minuman rendah lemak. Nestle ACTICOR bisa dikonsumsi oleh orang dewasa yang usianya lebih dari 18 tahun dan memiliki kepedulian akan kesehatan tubuh. 

Di pasaran Nestlé ACTICOR memiliki empat rasa yang lezat, yakni antara lain Avocado, Banana, Chocolate, dan Green-Tea Latte. Di pasaran sendiri harga Nestle ACTICOR dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Kamu bisa membeli Nestle ACTICOR baik satuan maupun multipack.

Untuk harga satuan Nestle ACTICOR dijual Rp6.800. Sementara untuk harga Nestle ACTICOR multipack isi 4 botol dijual Rp27.200 per pack. Perlu diketahui, harga di setiap toko bisa berbeda dan disesuaikan dengan kebijakan masing- masing toko.
ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Baca juga: Punya Darah Tinggi dan Kolesterol? Ini Cara Alami Menurunkan Keduanya