Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Buat Kamu yang Sibuk, Yuk Ikuti Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat Ini

Orang yang tinggal di perkotaan terbilang identik dengan aktivitas yang padat dari pagi hingga malam hari. Semua hal diburu oleh waktu demi mengerjakan berbagai aktivitas seperti menyelesaikan deadline pekerjaan atau kuliah, mengurus keluarga, serta hangout bersama teman semua dijalani.

Load more

Jika sudah begini, tak jarang orang lupa untuk memerhatikan pola makan dan tidurnya, rutinitas berolahraga, atau pola gaya hidup tidak tepat lainnya. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, maka bisa jadi kesibukan tersebut justru memicu penyakit, salah satunya kolesterol tinggi.

Untuk menghindari gangguan kesehatan ini, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu cara menurunkan kolesterol yang bisa kamu lakukan, sehingga meskipun sibuk Anda tetap bisa mempunyai tubuh yang sehat.

Hindari Konsumsi Makanan Lemak Trans

Menghindari konsumsi makanan lemak trans juga menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami. Lemak trans membuat kolesterol total dan LDL jadi melonjak. Ketika membeli sebuah produk makanan dan minuman, coba perhatikan label keterangan nutrisi yang ada di kemasannya. Bila terdapat tulisan minyak “partially hydrogenated”, biasanya produk tersebut mempunyai kandungan lemak trans.

Pilih Makanan Lemak Tak Jenuh Tunggal dan Lemak Tak Jenuh Ganda

Cara menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi makanan lemak tak jenuh tunggal. Langkah ini sangat membantu kadar kolesterol baik agar tetap terkendali dan mengurangi kolesterol jahat dalam darah. Makanan yang kaya lemak tak jenuh tunggal juga mengurangi pemicu penyakit arteri tersumbat.

Apa saja ya makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal? Kamu bisa konsumsi buah alpukat, minyak zaitun, ikan tuna atau salmon, biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji labu, dan wijen, dan kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, kedelai, mede, dan kenari.

Sementara itu, Kamu juga perlu konsumsi makanan lemak tak jenuh ganda, khususnya yang mengandung Omega-3. Peran dari kandungan ini bisa menekan penyakit jantung. Ikan herring, makarel, salmon, tuna laut mengandung Omega-3 dan bisa kamu konsumsi setiap hari.

Olahraga untuk Bantu Turunkan Kolesterol

Cara menurunkan kolesterol yang sering dilupakan oleh banyak orang adalah olahraga. Dengan melakukan olahraga tertentu, kamu bisa membantu meningkatkan kolesterol baik  dan membuat kolesterol jahat jadi menurun. Beberapa jenis olahraga sederhana yang bisa dicoba antara lain bersepeda, berenang, berjalan, dan aerobik.

Kamu bisa memulai olahraga ringan selama 15-20 menit setiap hari. Jangan lupa juga untuk memperbanyak aktivitas fisik lainnya selama di rumah atau di kantor.

Baca juga: Yuk, Terapkan 5 Kebiasaan Hidup Sehat Sebagai Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami!

Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Serat larut memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. Di dalam sistem pencernaan, serat bisa larut dalam air dan berbentuk seperti gel.  Serat biasanya banyak terkandung di dalam buah-buahan dan juga sayuran.

Selalu Sarapan

Jangan pernah menyepelekan sarapan karena lama kelamaan bisa memicu risiko mengalami sakit jantung. Melewatkan sarapan juga membuat tekanan darah lebih meningkat dan makan siang jadi lebih banyak. Disarankan untuk mengonsumsi oat sebagai menu sarapan. Oat sendiri mengandung Beta Glucan, yang bisa membentuk gel tebal pada saluran pencernaan untuk membuat kolesterol tidak terserap  tubuh.

Tidak Merokok dan Jauhi Paparan Asap Rokok

Rokok memiliki kemampuan untuk membuat kolesterol baik turun, kolesterol jahat meningkat, trigliserida jadi menurun. Meningkatnya trigliserida disebabkan oleh adanya nikotin yang membuat lipolisis jadi meningkat. Kondisi ini pun membuat pembuluh darah tersumbat, strok, dan sakit jantung.

Kontrol Stres Berlebih

Tuntutan pekerjaan memang tidak bisa dihindari, tetapi jangan sampai buat kamu jadi sangat stres. Bila stres sampai berlebih, makan akan membuat tekanan darah lebih tinggi dan risiko penyempitan pembuluh darah lebih besar.

Coba lakukan relaksasi selama 10 menit tiap pagi. Kamu pun juga bisa bercerita pada orang terdekat demi mengurangi stres yang dialami.

Tidur yang Cukup

Terakhir, cara menurunkan kolesterol paling mudah, yakni dengan mendapatkan tidur yang cukup 7-8 jam sehari. Jangan salah, kurang tidur atau bahkan terlalu banyak tidur juga bikin kolesterol jahat naik. Kok bisa?

Baik tidur lebih dari 8 jam atau kurang dari 6 jam bisa membuat kadar kolesterol baik rendah, trigliserida tinggi, dan risiko penyakit kardiovaskular semakin tinggi. Kurang tidur juga malah membuat nafsu makan  meningkat, jadi stres berlebih, dan memicu kurangnya aktivitas. Gaya hidup seperti ini justru malah memicu kolesterol tinggi.

Sudah tahukan apa saja cara menurunkan kolesterol buat kamu yang sibuk? Tambah juga dengan konsumsi Nestlé ACTICOR sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami dan akan membantu jantung lebih sehat.

Nestlé ACTICOR mengandung serat pangan larut Beta Glucan yang berasal dari oat dan Inulin dari Chicory. Serat pangan larut (Beta Glucan dari Oat dan Inulin dari Chicory) dapat membantu turunkan kadar kolesterol jahat dalam darah jika disertai dengan diet rendah lemak jenuh dan rendah kolesterol. Tak hanya itu, ACTICOR juga minuman rendah lemak.

Di pasaran Nestlé ACTICOR memiliki empat rasa yang lezat, yakni antara lain Avocado, Banana, Chocolate, dan Green-Tea Latte. ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Baca juga: Punya Darah Tinggi dan Kolesterol? Ini Cara Alami Menurunkan Keduanya