Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol dengan Memerhatikan Konsumsi Lemak Sehat

Banyak orang sudah berasumsi jika makanan dengan kandungan lemak pastilah tidak sehat dan memicu kolesterol tinggi. Padahal tidak selalu demikian. Bahkan terdapat jenis lemak yang disarankan untuk dikonsumsi sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol.

Load more

Lemak sendiri merupakan jenis nutrisi yang bagus untuk kesehatan jantung dan otak, menyerap vitamin, dan memberi energi. Sementara kolesterol juga memiliki manfaat untuk tubuh. Tubuh memerlukan kolesterol sebagai bagian dalam pembentukan vitamin D, komponen membran sel terutama di otak dan saraf, dan hormon hormon testosteron dan hormon estrogen.

Namun, bila dalam keseharian kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh dan trans bukan tidak mungkin jumlah kolesterol kamu melebihi batas normal, kemudian kolesterol akan membentuk endapan pada dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan penyempitan. Bila penyempitan terjadi pada pembuluh darah jantung dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Normalnya, total kolesterol kurang dari 200 mg/dl.

Agar tidak salah memahaminya, yuk kenali perbedaan lemak sehat dan lemak jahat di bawah ini! 

Lemak Sehat dan Lemak Jahat

Lemak baik juga dikenal dengan nama lemak tidak jenuh. Fungsinya untuk mendukung kesehatan tubuh dan jantung. Mengonsumsi makanan lemak baik bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Efeknya bisa mengurangi kemungkinan terjadinya risiko penyakit jantung dan strok. 

Lemak baik terbagi jadi dua, yakni asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fats) dan asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat). Asam lemak tak jenuh akan membuat detak jantung lebih stabil, kadar kolesterol baik dalam darah lebih meningkat, meminimalisir peradangan, membantu penyerapan vitamin, dan memasok energi.

Asam lemak tak jenuh tunggal biasanya sering ditemukan di makanan yang sering disarankan untuk diet. Contoh makanannya, yakni alpukat, kacang-kacangan, seperti kacang almond dan hazelnut, serta minyak zaitun dan minyak canola. Sementara asam lemak tidak jenuh ganda ada dua jenis, yaitu asam lemak Omega-3 dan asam lemak Omega-6. Keduanya sering kali terdapat di dalam ikan (ikan salmon, ikan sarden, ikan makarel), telur, dan kacang-kacangan.

Untuk lemak jahat terbagi dua, yakni jenis lemak jenuh dan lemak trans. Untuk makanan yang mengandung lemak jenuh biasanya memiliki bentuk padat dalam suhu ruangan. Contoh makanannya seperti kulit ayam, krim, mentega, dan lemak pada daging sapi. 

Lemak trans adalah jenis lemak biasanya ada di makanan yang telah melalui sebuah proses dimasak. Lemak trans juga terbagi dalam dua jenis, yakni lemak trans alami dan lemak trans buatan. Lemak trans alami terbuat dari hewan-hewan tersebut, contohnya adalah produk daging. Berbeda dengan lemak trans alami, lemak trans buatan berasal dari proses industri yang pembuatannya diberi tambahan hidrogen pada cairan minyak sayur dan dibuat lebih padat. Biasanya makanan lemak trans buatan terdapat dalam makanan yang digoreng dan dipanggang seperti donat, roti, kue kering, kue, muffin, pizza, snack kemasan seperti keripik, kerupuk, popcorn, makanan cepat saji, dan makanan yang digoreng dengan minyak sayur.

Baca juga: 3 Cara Aman Mengolah Daging dan Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi Lainnya

Alasan Makanan Berlemak Bisa Membuat Kolesterol Naik

Kadar kolesterol baik atau jahat yang ada dalam darah dipengaruhi oleh asupan lemak yang berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Sehingga, bila kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak trans, membuat kadar kolesterol jahat jadi bertambah. 

Bila kadar kolesterol jahat dalam darah cenderung lebih banyak bisa menghambat pembuluh darah arteri karena penumpukan lemak. Akibatnya otak dan jantung tidak memperoleh aliran darah yang cukup untuk membantu menjalankan fungsinya. Bila dibiarkan, lama kelamaan kondisi ini bisa memicu risiko penyakit strok dan jantung. 

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Memerhatikan Konsumsi Lemak Sehat

Terdapat beberapa cara menurunkan kolesterol dengan mengonsumsi lemak sehat dan menjauhi lemak jahat yang bisa dilakukan di kehidupan sehari-hari, yakni antara lain sebagai berikut:

  1. Bila ingin mengonsumsi daging, pilih yang tidak memiliki lemak. Untuk unggas pilih yang tanpa kulit
  2. Hindari memasak dengan menggunakan mentega, minyak sayur, minyak terhidrogenasi, minyak kelapa, dan minyak sawit. Baiknya gunakan minyak canola untuk memanggang dan minyak zaitun untuk menumis
  3. Jika ingin mengonsumsi makanan laut lebih baik direbus, dikukus, bakar, atau dipanggang. Jangan digoreng
  4. Kamu perlu membatasi konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan lemak jenuh hingga kurang dari 10 persen kalori per hari
  5. Konsumsi ikan mackerel dan salmon minimal dua kali seminggu untuk memeroleh asam lemak Omega-3. Bisa juga diganti dengan telur untuk mendapatkan asam lemak omega-3 yang cukup 
  6. Memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran hijau, dan kacang-kacangan dalam menu harian
  7. Terakhir, cara menurunkan kolesterol yang bisa dilakukan adalah menghindari lemak trans dengan mengecek label makanan apakah ada istilah yang terhidrogenasi, dan cari tahu berapa banyak lemak trans yang terkandung di dalamnya
  8. Adapun cara menurunkan kadar kolesterol juga perlu didukung dengan menerapkan gaya hidup sehat lainnya seperti melakukan olahraga secara rutin, mengurangi berat badan, berhenti merokok, istirahat yang cukup, dan tidak memiliki stres yang berlebih. 

Dalam keseharian juga perlu rutin minum Nestlé ACTICOR setiap hari dua kali setelah makan. Di dalamnya terdapat serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin yang secara alami mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sebagai salah satu faktor pemicu penyakit jantung. Nestlé ACTICOR juga termasuk minuman yang rendah lemak.

Terdapat empat ragam rasa Nestlé ACTICOR, antara lain Avocado, Banana, Chocolate, dan Green-Tea Latte. Agar makin nikmat dan segar, Nestlé ACTICOR dapat diminum dalam kondisi dingin. Kamu bisa memperoleh Nestle ACTICOR di minimarket atau supermarket terdekat dengan harga yang terjangkau.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Baca juga: Masih Sulit Menghindari Makanan Pantangan Kolesterol? Ini Cara Jitu untuk Aman Mengonsumsinya