Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol dengan Memerhatikan Konsumsi Lemak Sehat

Banyak orang sudah berasumsi jika makanan dengan kandungan lemak pastilah tidak sehat dan memicu kolesterol tinggi. Padahal tidak selalu demikian. Bahkan terdapat jenis lemak sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol.

Load more

Lemak sendiri merupakan jenis nutrisi yang bagus untuk kesehatan jantung dan otak, menyerap vitamin, dan memberi energi. Sementara kolesterol juga memiliki manfaat untuk tubuh. Tubuh memerlukan kolesterol sebagai bagian dalam pembentukan vitamin D, komponen membran sel terutama di otak dan syaraf, dan hormon tertentu.

Namun, bila dalam keseharian kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh dan trans bukan tidak mungkin jumlah kolesterol kamu melebihi batas normal, kemudian kolesterol akan membentuk endapan pada dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan penyempitan. Bila penyempitan terjadi pada pembuluh darah jantung dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Normalnya, total kolesterol kurang dari 200mg/dl.

Lemak Sehat dan Lemak Jahat

Lemak baik juga dikenal dengan nama lemak tidak jenuh. Kandungan ini biasanya terdapat pada minyak kacang, minyak jagung, dan minyak zaitun. Asam lemak tidak jenuh akan membuat detak jantung lebih stabil, kadar kolesterol baik dalam darah lebih meningkat, dan meminimalisir peradangan.

Lemak baik terbagi jadi dua, yakni asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Asam lemak tak jenuh tunggal biasanya terdapat pada alpukat, kacang-kacangan, seperti kacang almond dan hazelnut, serta minyak zaitun dan minyak canola. Sementara asam lemak tidak jenuh ganda ada dua jenis, yaitu asam lemak Omega-3 dan asam lemak Omega-6. Keduanya sering kali terdapat di dalam ikan, buah alpukat.

Untuk lemak jahat terbagi dua, yakni jenis lemak jenuh dan lemak trans. Biasanya lemak jenuh terdapat pada daging merah, kulit ayam, serta mentega. Sedangkan makanan yang mengandung lemak trans, yakni donat, kue kering, kue, muffin, pizza, snack kemasan seperti keripik, kerupuk, popcorn, dan makanan yang digoreng dengan minyak sayur.

Baca juga: 3 Cara Aman Mengolah Daging dan Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi Lainnya

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol dengan Memerhatikan Konsumsi Lemak Sehat

Terdapat beberapa cara menurunkan kolesterol dengan mengonsumsi lemak sehat dan menjauhi lemak jahat yang bisa dilakukan di kehidupan sehari-hari, yakni antara lain sebagai berikut:

  1. Bila ingin mengonsumsi daging, pilih yang tidak memiliki lemak. Untuk unggas pilih yang tanpa kulit
  2. Hindari memasak dengan menggunakan mentega, tapi gunakan minyak canola untuk memanggang dan minyak zaitun untuk menumis
  3. Jika ingin mengonsumsi makanan laut lebih baik direbus, dikukus, bakar, atau dipanggang. Jangan digoreng
  4. Kamu perlu membatasi konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan lemak jenuh hingga kurang dari 10 persen kalori per hari
  5. Konsumsi ikan mackerel dan salmon minimal dua kali seminggu untuk memeroleh asam lemak Omega-3
  6. Memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran dalam menu harian
  7. Salah satu cara menghindari lemak trans adalah dengan mengecek label makanan apakah ada istilah yang terhidrogenasi, dan cari tahu berapa banyak lemak trans yang terkandung di dalamnya

Adapun cara menurunkan kadar kolesterol yang lain selain di atas, yaitu rutin minum Nestlé ACTICOR setiap hari dua kali setelah makan.

Di dalamnya terdapat serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin yang secara alami mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sebagai salah satu faktor pemicu penyakit jantung. Nestlé ACTICOR juga rendah lemak.

Terdapat empat ragam rasa Nestlé ACTICOR, antara lain Avocado, Banana, Chocolate, dan Green-Tea Latte. Agar makin nikmat dan segar, Nestlé ACTICOR dapat diminum dalam kondisi dingin.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Baca juga: Masih Sulit Menghindari Makanan Pantangan Kolesterol? Ini Cara Jitu untuk Aman Mengonsumsinya