Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Ketahui 5 Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh Berikut Ini

Bukan rahasia lagi jika makanan berlemak khususnya lemak trans mampu memicu peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol jahat kerap disebut kolesterol LDL atau low-density lipoprotein di mana punya dampak buruk terhadap kesehatan seseorang jika kadarnya melewati batas normal. Adapun kadar normal kolesterol LDL, yakni < 100 mg/dL dengan angka toleransi mencapai 100-129 mg/dL.

Load more

Sementara keberadaan lemak trans sendiri dapat dengan mudah ditemui pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Makanan tersebut bisa berupa makanan cepat saji, olahan kue, serta makanan yang mengandung santan. Nah, jika kamu terlalu sering mengonsumsi makanan ini, maka bukan tidak mungkin kolesterol jahat akan meningkat.

Walaupun kolesterol jenis ini dibutuhkan oleh tubuh untuk mengangkut kolesterol dari organ hati menuju sel-sel tubuh yang membutuhkan, namun jika kadarnya berlebih, maka kolesterol jahat bakal mengendap di dinding pembuluh darah arteri, membentuk plak, menyumbat pembuluh darah, serta menghambat aliran darah.

Apabila hal ini terjadi, muncullah berbagai gangguan kesehatan, seperti strok, hipertensi atau tekanan darah tinggi, batu empedu, penyakit arteri perifer, hingga penyakit jantung koroner. Salah satu gangguan kesehatan yang paling sering terjadi akibat hal ini adalah serangan jantung secara tiba-tiba.

Seluruh gangguan kesehatan tersebut terjadi karena pembuluh darah yang menyempit, sehingga menyebabkan aliran darah menuju jantung terganggu. Seperti yang diketahui, darah bekerja untuk mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Jika kinerjanya terganggu, terjadi masalah kesehatan serius tadi.

Sayangnya, kadar kolesterol jahat yang tinggi hampir tidak menimbulkan gejala, sehingga orang-orang sering terlena dan baru sadar pada saat gangguan kesehatan tersebut di atas muncul. Hal ini pun menjadi alasan mengapa pemeriksaan kolesterol secara berkala menjadi penting.
Lantas, bagi kamu yang kadar kolesterol jahat di dalam tubuhnya sudah terlanjur tinggi, apa yang bisa dilakukan? Jangan panik, di bawah ini terdapat 5 cara cepat yang bisa kamu lakukan untuk menurunkannya. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Luangkan Waktu untuk Bersantai

Tahukah kamu bahwa saat tingkat stres meninggi, maka kolesterol jahat bisa melonjak secara drastis? Hal inilah yang menjadi alasan mengapa setiap orang perlu meluangkan waktu untuk bersantai, misalnya dengan menonton film yang menghibur atau mendengarkan musik.

Dua kegiatan tersebut bakal membantumu melemaskan otot-otot tubuh yang tegang, sehingga lebih rileks dan kadar kolesterol jahat pun akan menurun.

2. Perbanyak Konsumsi Ikan

Berikutnya, cara cepat menurunkan kolesterol jahat yang bisa kamu lakukan, yakni memperbanyak konsumsi ikan. Mudah didapatkan sehari-hari, ikan menjadi makanan yang mampu dimanfaatkan sebagai salah satu cara cepat menurunkan kolesterol.

Usahakan mengonsumsi ikan dua hingga empat kali seminggu. Hal ini disebabkan oleh kandungan yang terdapat di dalam ikan berupa Omega-3 yang tidak hanya menyehatkan jantung, tetapi juga bisa menurunkan kolesterol serta mengurangi paparan lemak jenuh.

3. Batasi Konsumsi Gula 

Jika selama ini kamu berpikiran bahwa gula hanya menyebabkan diabetes, maka anggapan ini harus segera dipikirkan ulang. Pasalnya, makan dan minum terlalu banyak gula bisa meningkatkan kadar trigliserida. Tingkat trigliserida yang tinggi membuat penyakit jantung lebih mungkin terjadi.

Periksa label makanan dan minuman untuk mengetahui berapa banyak gula yang telah ditambahkan ke dalam makanan dan minuman tersebut, selain gula yang secara alami memang merupakan bagian dari makanan.

4. Selalu Jaga Berat Badan

Sadarkah kamu bahwa berat badan berlebih ternyata menyimpan banyak kolesterol jahat yang bisa berujung pada gangguan keehatan serius? Ada beragam penelitian yang pernah dilakukan dan hasilnya tentu saja berat badan berlebih membawa ancaman terhadap peningkatan produksi kolesterol jahat.

Secara keseluruhan, penurunan berat badan memiliki manfaat ganda pada kolesterol, yakni dengan meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa setiap orang perlu menjaga berat badannya selalu.

5. Konsumsi Serat Larut

Terakhir, cara cepat menurunkan kolesterol jahat adalah dengan mengonsumsi serat larut. Pada dasarnya, serat larut merupakan sekelompok senyawa yang larut dalam air dan tidak dapat dicerna oleh manusia. Keberadaan serat larut dalam tubuh bakal menguntungkan bakteri baik atau probiotik yang akan membawa dampak baik terhadap kesehatanmu, khususnya pada pengurangan jenis lipoprotein berbahaya dan kolesterol jahat.

Nah, demikianlah beberapa cara menurunkan kolesterol jahat yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari agar terbebas dari berbagai gangguan kesehatan yang mengancam.

Selain mengetahui cara-cara tersebut di atas, kamu juga perlu mengetahui faktor risiko yang mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat ini. Faktor tersebut antara lain kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, berat badan berlebih, hingga kurangnya aktivitas fisik. 

Intinya, Anda dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dengan beberapa perubahan gaya hidup sederhana. Hal ini termasuk mengonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur.

Selain menerapkan hal-hal tersebut di atas, ada baiknya jika kamu minum Nestlé ACTICOR 2x kali sehari setelah makan. Dengan kandungan alami seperti serat larut inulin dari tumbuhan chicory serta beta-glucan dari oat, Nestlé ACTICOR dapat menjadi salah satu cara menurunkan kadar kolesterol LDL kamu.

Lebih dari itu, Nestlé ACTICOR juga hadir dengan 4 rasa, antara lain Chocolate, Green-Tea Latte, Avocado, serta Banana. Dengan keempat rasa yang lezat ini, tentu menurunkan kolesterol jadi terasa lebih mudah.

ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!