Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Buah Penurun Kolesterol dengan Antioksidan yang Bisa Jadi Teman Camilan

Buah merupakan makanan dengan beragam manfaat karena sejuta senyawa baik di dalamnya, seperti antioksidan. Fungsi senyawa ini mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Antioksidan dalam buah tertentu juga baik untuk turunkan kolesterol.

Load more

Sayangnya, tidak semua orang suka mengonsumsi buah apalagi dijadikan camilan. Mungkin kamu sedang berusaha menerapkan gaya hidup sehat, salah satu caranya dengan mengonsumsi buah setiap hari.

Konsumsi buah sebagai camilan bisa dilakukan antara jam sarapan dan sebelum makan siang. Cara ini akan bantu mengontrol makan siang berlebihan. Mengonsumsi buah sebagai camilan di malam hari juga bisa menjadi alternatif.  Lalu apa saja buah penurun kolesterol yang bisa kamu konsumsi? Berikut informasinya.

Anggur

Siapa yang tidak suka dengan buah manis satu ini? Di dalamnya ada kandungan antioksidan yang bisa membuat kadar kolestrol baik meningkat dan kolesterol jahat jadi lebih rendah. Ada pula serat larut air yang mampu mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Anggur pun juga bisa meminimalisir peradangan dan memberikan perlindungan pada jaringan.

Apel

Buah yang satu ini kaya kandungan pektin yang merupakan bagian serat larut air.  Salah satu fungsinya, yakni membantu menurunkan kolesterol. Cara kerja dari pektin mampu menyerap kolesterol jahat dan membawanya keluar tubuh melalui urin maupun feses.

Kemampuan serat pada buah apel bisa memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga sangat baik untuk bantu mengendalikan nafsu makan. Di dalamnya pun juga terdapat kandungan antioksidan berupa polifenol maupun vitamin yang bisa bantu meminimalisir peradangan.

Menariknya, pada kulit apel juga terdapat antioksidan berupa senyawa fenolik yang bisa membuat fungsi aliran darah menjadi lebih baik.

Alpukat

Alpukat mengandung glutathione yang merupakan antioksidan untuk menghindari sakit jantung dan kanker. Di dalamnya terdapat lemak tak jenuh tunggal dan serat, sehingga buah penurun kolesterol yang satu ini baik untuk kesehatan jantung.

Bukan cuma itu, di dalamnya juga ada mineral, vitamin, dan senyawa yang bisa bantu menghalangi kolesterol terserap dalam tubuh.  Peran alpukat pun bisa mengontrol gula darah dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Jadikan Menu Harian, Ini 5 Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Buah Beri

Kelompok buah beri misalnya blueberry, cranberry, dan strawberry dilengkapi dengan antioksidan berupa proanthocyanidins yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Kandungan serat larut air yang kolesterol di usus halus terikat sehingga membuat kadar kolesterol jahat turun dan kolesterol baik meningkat. Buah beri juga membantu menurunkan tekanan darah.

Jambu Biji

Di dalam buah penurun kolesterol seperti jambu biji ada antioksidan dan vitamin yang baik bagi jantung karena bisa menangkal kerusakan dari radikal bebas. Adanya serat larut air dan kalium di dalamnya sangat berperan dalam  membuat kadar tekanan darah dan kolesterol jadi menurun.

Tomat

Di dalam tomat terdapat kandungan likopen yang bantu kurangi kolesterol jahat, tingkatkan kolesterol baik, dan menjaga kesehatan jantung. Likopen pada buah penurun kolesterol ini juga berperan meminimalisir peradangan dan menghindari pembekuan darah. Tomat juga kaya kandungan vitamin A, C, dan potasium yang baik bagi tubuh.

Pepaya

Kolestrol bisa melekat pada pembuluh darah bila mengalami oksidasi dan memunculkan plak yang menumpuk, sehingga menghambat kerja pembuluh darah. Nah, di dalam buah pepaya ada antioksidan yang mengandung vitamin C, vitamin E, serta likopen. Vitamin C dan E ini bisa tercampur dengan enzim yang disebut paraxonase. Hasilnya, oksidasi kolesterol pada pembuluh darah jadi terhalang.

Pisang

Di dalam pisang ada antioksidan berupa dopamin dan catechins. Keduanya merupakan antioksidan yang bisa meminimalisir risiko penyakit jantung. Buah penurun kolesterol ini juga membantu kolesterol jahat keluar dari sistem pencernaan dan menghindarkannya masuk ke aliran darah.

Pir

Buah penurun kolesterol lainnya yang juga mengandung antioksidan lainnya adalah pir. Antioksidan berupa glutathione yang bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan strok. Di dalamnya juga ada serat pektin menjadi kandungan yang cukup banyak ada di dalam pir. Pektin mampu mengikat kolesterol dan membuangnya keluar dari tubuh melalui feses. Dengan begini, kadar kolesterol jahat bisa lebih menurun.

Itulah daftar buah penurun kolesterol yang juga mengandung antioksidan. Kamu tidak perlu mengonsumsi semua buah tersebut di atas di hari yang sama. Cukup variasikan agar kamu tidak merasa bosan dengan buah yang sama.

Sebagai tambahan, konsumsi juga Nestlé ACTICOR setiap hari. Di dalamnya ada Beta Glucan dan Inulin yang teruji klinis bantu turunkan kolesterol.

Tersedia empat varian rasa Nestlé ACTICOR, yakni Chocolate, Green-Tea Latte, Avocado, dan Banana. Nestlé ACTICOR bisa dalam kondisi dingin. Bagi kamu yang berusia di atas 18 tahun dan peduli akan kesehatan tubuh, jadikan Nestlé ACTICOR sebagai pilihan minuman kolesterol.

Untuk hasil yang maksimal, konsumsi Nestlé ACTICOR 2x sehari setelah makan. Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Baca juga: Tips Menurunkan Kolesterol dengan Konsumsi Makanan & Minuman Sehat