Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Buah Penurun Kolesterol dengan Antioksidan yang Bisa Jadi Teman Camilan

Buah merupakan makanan dengan beragam manfaat karena sejuta senyawa baik di dalamnya, seperti antioksidan. Fungsi senyawa ini mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Antioksidan dalam buah tertentu juga baik untuk turunkan kolesterol.

Load more

Buah penurun kolesterolSayangnya, tidak semua orang suka mengonsumsi buah apalagi dijadikan camilan. Mungkin kamu sedang berusaha menerapkan gaya hidup sehat, salah satu caranya dengan mengonsumsi buah setiap hari.

Konsumsi buah sebagai camilan bisa dilakukan antara jam sarapan dan sebelum makan siang. Cara ini akan bantu mengontrol makan siang berlebihan. Mengonsumsi buah sebagai camilan di malam hari juga bisa menjadi alternatif.  Lalu apa saja buah penurun kolesterol yang bisa kamu konsumsi? Berikut informasinya.

1. Anggur

Siapa yang tidak suka dengan buah manis satu ini? Di dalamnya ada kandungan antioksidan yang bisa membuat kadar kolestrol baik meningkat dan kolesterol jahat jadi lebih rendah. Ada pula serat larut air yang mampu mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Anggur pun juga bisa meminimalisir peradangan dan memberikan perlindungan pada jaringan.

2. Apel

Buah yang satu ini kaya kandungan pektin yang merupakan bagian serat larut air.  Salah satu fungsinya, yakni membantu menurunkan kolesterol. Cara kerja dari pektin mampu menyerap kolesterol jahat dan membawanya keluar tubuh melalui urin maupun feses.

Kemampuan serat pada buah apel bisa memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga sangat baik untuk bantu mengendalikan nafsu makan. Di dalamnya pun juga terdapat kandungan antioksidan berupa polifenol maupun vitamin yang bisa bantu meminimalisir peradangan.

Menariknya, pada kulit apel juga terdapat antioksidan berupa senyawa fenolik yang bisa membuat fungsi aliran darah menjadi lebih baik.

3. Alpukat

Alpukat mengandung glutathione yang merupakan antioksidan untuk menghindari sakit jantung dan kanker. Di dalamnya terdapat lemak tak jenuh tunggal dan serat, sehingga buah penurun kolesterol yang satu ini baik untuk kesehatan jantung.

Bukan cuma itu, di dalamnya juga ada mineral, vitamin, dan senyawa yang bisa bantu menghalangi kolesterol terserap dalam tubuh.  Peran alpukat pun bisa mengontrol gula darah dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Jadikan Menu Harian, Ini 5 Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

4. Buah Beri

Kelompok buah beri misalnya blueberry, cranberry, dan strawberry dilengkapi dengan antioksidan berupa proanthocyanidins yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Kandungan serat larut air yang kolesterol di usus halus terikat sehingga membuat kadar kolesterol jahat turun dan kolesterol baik meningkat. Buah beri juga membantu menurunkan tekanan darah.

5. Jambu Biji

Di dalam buah penurun kolesterol seperti jambu biji ada antioksidan dan vitamin yang baik bagi jantung karena bisa menangkal kerusakan dari radikal bebas. Adanya serat larut air dan kalium di dalamnya sangat berperan dalam  membuat kadar tekanan darah dan kolesterol jadi menurun.

6. Kiwi

Kiwi juga menjadi buah penurun kolesterol yang bisa diandalkan. Di dalamnya ada kandungan polifenol, vitamin C, vitamin E, dan serat larut yang memberikan efek baik bagi saluran kardiovaskular dan menghindari pembekuan darah. Untuk serat larut sendiri di dalam  satu buah kiwi terdapat 0,7 gram serat larut. Buah berwarna hijau ini pun bisa membuat kolesterol baik meningkat. 

7. Tomat

Di dalam tomat terdapat kandungan likopen yang bantu kurangi kolesterol jahat, tingkatkan kolesterol baik, dan menjaga kesehatan jantung. Likopen pada buah penurun kolesterol ini juga berperan meminimalisir peradangan dan menghindari pembekuan darah. Tomat juga kaya kandungan vitamin A, C, dan potasium yang baik bagi tubuh.

8. Ceri 

Ceri juga termasuk dalam buah penurun kolesterol. Alasannya terdapat senyawa bernama fitosterol yang berperan membuang kolesterol jahat keluar dari dalam darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menghindari inflamasi. Terdapat juga kandungan mineral kalium yang bisa menjaga jantung dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi, strok, dan ginjal. 

9. Labu

Mungkin kamu menganggap jika labu termasuk ke dalam kelompok sayur. Tapi sebenarnya ia termasuk dalam kelompok buah-buahan dan menjadi salah satu buah penurun kolesterol. Kandungan di dalamnya ada serat larut yang membuat kolesterol jahat dan kolesterol total menurun. 

Kondisi ini membantu menjaga arteri jadi tetap bersih, sehingga tidak akan ada penyumbatan aliran darah. Di dalam labu juga ada kandungan antioksidan dan kalium yang cukup tinggi sehingga bisa membantu mencegah penyakit jantung. 

10. Pepaya

Kolesterol bisa melekat pada pembuluh darah bila mengalami oksidasi dan memunculkan plak yang menumpuk, sehingga menghambat kerja pembuluh darah. Nah, di dalam buah pepaya ada antioksidan yang mengandung vitamin C, vitamin E, serta likopen. Vitamin C dan E ini bisa tercampur dengan enzim yang disebut paraxonase. Hasilnya, oksidasi kolesterol pada pembuluh darah jadi terhalang.

11. Pisang

Di dalam pisang ada antioksidan berupa dopamin dan catechins. Keduanya merupakan antioksidan yang bisa meminimalisir risiko penyakit jantung. Buah penurun kolesterol ini juga membantu kolesterol jahat keluar dari sistem pencernaan dan menghindarkannya masuk ke aliran darah.

12. Mangga

Buah yang memiliki tekstur lembut ini juga bisa membantu membuat kolesterol jahat dan trigliserida jadi menurun. Manfaat ini berkat kandungan vitamin C, serat, dan pektin di dalamnya. Mangga juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung karena di dalamnya ada kalium dan magnesium yang membuat denyut nadi dan pembuluh darah lebih rileks. 
Mangga juga mengandung antioksidan unik yang disebut mangiferin yang mampu memproteksi melindungi sel jantung dari munculnya risiko peradangan.

13. Pir

Buah penurun kolesterol lainnya yang juga mengandung antioksidan lainnya adalah pir. Antioksidan berupa glutathione yang bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan strok. Di dalamnya juga ada serat pektin menjadi kandungan yang cukup banyak ada di dalam pir. Pektin mampu mengikat kolesterol dan membuangnya keluar dari tubuh melalui feses. Dengan begini, kadar kolesterol jahat bisa lebih menurun.

14. Semangka

Semangka termasuk buah penurun kolesterol yang kaya kandungan air. Makanya salah satu manfaat yang bisa dirasakan saat mengonsumsi semangka adalah membantu menghidrasi tubuh dan membuat tubuh jadi lebih mudah terasa kenyang. Selain itu, di dalamnya ada kandungan kalium, magnesium, vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C yang bagus untuk kesehatan jantung.

Itulah daftar buah penurun kolesterol yang juga mengandung antioksidan. Kamu tidak perlu mengonsumsi semua buah tersebut di atas di hari yang sama. Cukup variasikan agar kamu tidak merasa bosan dengan buah yang sama. 

Cara Mengolah Buah-buahan Agar Tidak Cepat Bosan

Selain dimakan langsung, buah penurun kolesterol di atas juga bisa diolah dengan cara lain yang tidak kalah nikmat dan segar. Coba yuk intip ide mengolah buah untuk dijadikan sebagai camilan. 

Buat Salad Buah yang Dilengkapi Dressing Segar

Meski salad buah sering dijadikan sebagai makanan pembuka atau penutup, tapi kamu juga bisa membuatnya sebagai camilan. Cara membuatnya juga cukup mudah. Pertama, potong-potong beberapa buah penurun kolesterol di atas (pilih sesuai selera).  Lalu untuk dressing-nya bisa dibuat dengan menambahkan chia seed dan jus lemon segar di atas mangkuk. Untuk menambah tekstur lembut, kamu bisa tambahkan plain yogurt.  

Smoothies Buah yang Dingin 

Hari yang panas terik pasti segar banget kan kalau menikmati minuman yang segar dan dingin? Daripada mengonsumsi soda atau minuman manis dengan tambahan gula, coba yuk buat smoothies dari buah penurun kolesterol di atas. 

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu blender, es batu, plain yoghurt, dan buah penurun kolesterol yang kamu sukai sampai teksturnya kental atau sesuai selera. Untuk menambah rasa, bisa juga tambahkan sedikit bubuk kayu manis. 

Bagaimana cukup mudah bukan mengolah buah penurun kolesterol untuk dijadikan sebagai camilan sehat? 

Sebagai tambahan untuk menurunkan kolesterol, konsumsi juga Nestlé ACTICOR setiap hari. Di dalamnya ada Beta Glucan dan Inulin yang teruji klinis bantu turunkan kolesterol. Tersedia empat varian rasa Nestlé ACTICOR, yakni Chocolate, Green-Tea Latte, Avocado, dan Banana. Nestlé ACTICOR bisa dalam kondisi dingin. Bagi kamu yang berusia di atas 18 tahun dan peduli akan kesehatan tubuh, jadikan Nestlé ACTICOR sebagai pilihan minuman kolesterol.

Untuk hasil yang maksimal, konsumsi Nestlé ACTICOR 2x sehari setelah makan. Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!
 

Baca juga: Tips Menurunkan Kolesterol dengan Konsumsi Makanan & Minuman Sehat